Beranda Updates GP2 Series: Rio Haryanto Kumandangkan Indonesia Raya di Austria

GP2 Series: Rio Haryanto Kumandangkan Indonesia Raya di Austria

BERBAGI
(motogp.com)

SPIELBERG, 21 Juni 2015 — Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, berhasil mengumandangkan Indonesia Raya di Race 2 GP2 Series Austria. Pada Sprint Race di Sirkuit Red Bull Ring Spielberg, Minggu (21/6), Rio naik podium sebagai jawara.

Rio yang mengawali balapan di posisi kedua masuk finish pertama dengan catatan waktu 35:57,944 detik. Ia lebih cepat 0.450 detik dari pimpinan klasemen, Stoffel Vandoorne yang memperkuat tim ART Grand Proix.

Sesaat setelah balapan dimulai, Rio langsung menyodok ke posisi pertama dengan menyalip pembalap Hilmer Motorsport Nick Yelloly sebelum tikungan pertama. Ia sempat bertarung ketat dengan Artem Markelov dari Russian Time dengan jarak 0,3-0,7 detik saja selama beberapa lap.

Pada lap 14, Markelov yang dipersenjatai Drag Reduction System (DRS) mencoba menyalip Rio dari sisi dalam menuju tikungan nomor 3 namun pembalap asal Rusia tersebut menyenggol Rio dan melebar ke gravel. Elemen atas sayap depan kanan Rio rusak sedangkan Markelov melorot ke belakang.

Namun hingga akhir balapan, meski dengan kondisi mobil tidak sempurna, Rio mampu menahan tekanan dari Stoffel Vandoorne. Setelah 28 putaran yang ketat, akhirnya, Rio berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di posisi podium teratas.

“Kunci kemenangan kali ini ada pada start saya yang berlangsung dengan baik. Meski demikian, balapan masih tersisa 28 lap. Saya mencoba membangun jarak di depan namun cukup sulit karena mobil di belakang yang berjarak kurang dari satu detik selalu menggunakan DRS. Saya harus mengemudi sebaik mungkin dengan menghindari kesalahan di bawah tekanan yang besar,” kata Rio seperti dikutip dari situsnya www.rioharyanto.com.

Ini merupakan podium kedua Rio setelah menjadi juara sprint race di Bahrain, April lalu. Hasil ini sekaligus memperbaiki raihan kurang baik yang didapatkan pada Feature Race sehari sebelumnya. Sempat memulai balapan di posisi 5, Rio mengakhiri balapan dengan finish di posisi 7.

Dengan hasil ini, Rio makin mantap di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 77. Stoffel Vandoorne dari ART Grand Proix masih berada di posisi pertama dengan 155 poin. Alexander Rossi dari Racing Engineering di posisi dua dengan 78 poin.

EKA ZULKARNAIN

Berita Terkait:
GP2 Series: Start Posisi 5, Rio Haryanto Finish di Posisi 7

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Terbaik dalam Layanan Purna Jual versi JD Power

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- Toyota Indonesia kembali dinilai sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan...

Toyota Avalon 2019 Lakukan Debut di Detroit Auto Show 2018

DETROIT, 11 Desember 2017 – Mobil-mobil bergenre sedan tengah menurun penjualannya tergerus meningkatnya pemintaan akan SUV crossover. Meski demikian sedan...

Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

DETROIT, 11 Desember 2017 -- Jeep Cherokee KL, yang pertama kali melakukan debutnya di New York Auto Show 2013, tengah...

Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...