Beranda Updates Ini Loh Perubahan-Perubahan di Balapan F1 Musim 2018 (BAG. 2)

Ini Loh Perubahan-Perubahan di Balapan F1 Musim 2018 (BAG. 2)

BERBAGI
Sumber foto: www.carmagazine.co.uk

JAKARTA, 21 Maret 2018 — Banyak perubahan yang terjadi di ajang balapan Formula 1 musim 2018. Setelah perubahan tim, pembalap, dan jadwal yang kami tulis di bagian pertama, kini kami akan menulis beberapa perubahan lain.

Beberapa perubahan penting terjadi di bagian regulasi atau aturan. Pada musim 2018 ini, F1 bakal digelar 21 putaran dari tanggal 22 Maret 2018 di Melbourne sampai Abu Dhabi di bulan November mendatang. Akan ada banyak aturan baru yang disebut akan membuat balapan lebih menarik bagi penonton tapi juga sekaligus aman bagi pembalap. Apa saja perubahannya?

PERUBAHAN REGULASI

Setelah melakukan revolusi regulasi pada musim 2017, di mana salah satu efeknya membuat mobil F1 terlihat lebih lebar dan lebih kencang, musim 2018 tidak banyak mengalami perubahan. Tapi bukan berarti perubahannya tidak penting, lumayan signifikan sebenarnya.

Baca Juga:  F1: Kejutan Daniel Ricciardo Curi Kemenangan Grand Prix China 2018

Regulasi teknik
1. T-wings dan sirip cover mesin mirip ikan hiu dilarang
2. Setiap mobil wajib memakai kokpit Halo untuk melindungi pembalap.
3. Sistem suspensi yang dapat menghalangi performa aerodinamika mobil dilarang.

T-wing dan cover mesin model sirip ikan hiu

Regulasi Sport
1. Power unit (mesin)
Setiap pembalap hanya diperkenankan memakai tiga power unit per musim, bukan lagi empat.

2. Grid Penalty
Hukuman turun grid untuk penggantian power unit tidak lagi sekejam musim kemarin. Musim 2017 banyak yang mengeritik karena sistem grid penalty menyebabkan banyak pembalap yang start jauh di belakang posisi kualifikasinya. FIA merevisi hal tersebut. Jadi kalau dalam balapan ada pembalap yang mengganti komponen power unit,mereka tetap akan mendapatkan grid penalty turun lima atau 10 posisi tergantung pada komponen yang diganti; tapi kalau mereka harus mengganti komponen kedua, maka mereka akan dimundurkan ke grid start belakang. Kalau banyak pembalap yang posisi startnya dipindahkan ke grid belakang, posisi startnya akan ditentukan sesuai dengan komponen yang diganti berdasarkan penggantian komponen yang terbaru yang diakukan oleh pembalap.

Baca Juga:  F1: Tahan Serangan Mercedes, Vettel Kuasai Podium GP Bahrain 2018

3. Memperbanyak pilihan kompon ban kering
Pada musim 2017, suplier ban Pirelli memberikan tiga pilihan kompon ban kering kepada setiap tim dalam setiap balapan. Memasuki 2018, pilihan untuk tiga ban kompon kering tersebut diperbanyak menjadi hypersoft dengan warna pink dan superhard dengan warna oranye.

Jadi secara total bakal ada tujuh kompon ban slick dari yang tadinya lima dan semuanya akan lebih lembut dibandingkan 2017 sehingga bakal menjadi ban F1 terkencang dalam sejarah balapan ini.

Sumber foto: www.formula1.com

4. Wewenang race steward diperluas
Memberikan wewenang kepada race steward untuk mengeluarkan penalty jika ada pembalap yang start balapannya tidak pantas sekalipun alat deteksi otomatis tidak mendeteksi tindakan pembalap tersebut melanggar.

Baca Juga:  F1: Kejutan Daniel Ricciardo Curi Kemenangan Grand Prix China 2018

5. Memajukan jam start balapan
Jadwal grand prix weekend akan berubah di mana waktu untuk start balapan di wilayah Eropa pada umumnya akan dimajukan satu jam sehingga bisa ditonton oleh audiens TV di wilayah lain agar tidak terlalu malam.

7. Uji coba
Uji coba pertengahan musim yang tadinya dijadwalkan di Bahrain akan dipindahkan ke Barcelona, Spanyol.

EKA ZULKARNAIN

BERBAGI

Last Update

Mazda Sediakan Berbagai Promo Menarik di IIMS 2018

JAKARTA, 19 April 2018 -- PT Eurokars Motor Indonesia mengisi booth di hall A dalam ajang Indonesia International Motor Show...

Prestige Motorcars Bawa Lamborghini Aventador S Roadster ke IIMS 2018

JAKARTA, 19 April 2018 – Prestige Image Motorcars, importir umum mobil premium di Indonesia meluncurkan Lamborghini Aventador S Roadster pada...

Mercedes-Benz Perkenalkan EQ Power, Teknologi Mobilitas Listrik

JAKARTA, 19 April 2018 – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 dimanfaatkan oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia untuk memperkenalkan inovasinya...

All New BMW X3 Debut Publilk di IIMS 2018

JAKARTA, 19 April 2018 – Meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, BMW Group Indonesia tampil dengan mengedepankan inovasi di...

Volkswagen Polo VRS, Varian Paling Kencang Hadir di IIMS 2018

JAKARTA, 19 April 2018 – Volkswagen Indonesia hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19-29 Aptril 2018, dengan meluncurkan...