Beranda EDITOR'S PICKS The Rise of The Samurai

The Rise of The Samurai

Sportscar Jepang tak akan pernah menjadi ronin, justru bakal semakin ditakuti.

BERBAGI
Toyota 86

Tahun 2015 bisa dibilang sebagai tahun bangkitnya sports car Jepang setelah mulai merangkak naik dari lima tahun lalu. Hampir seluruh pabrikan besar Jepang merilis sportscar. Toyota punya FT-1 Concept, 86 dan Mazda memiliki all-new Mazda MX-5 atau pun Honda dengan NSX teranyarnya.

Era 1990-an menjadi era keemasan bagi sportscar negeri Kaisar Akihito tersebut. Hampir semua pabrikan memiliki line-up sportscar. Toyota memproduksi MR2, Celica dan Supra. Mazda melahirkan dua sportscar FD RX-7 dan MX-5. Honda dengan Beat, S2000, Prelude, Integra dan NSX.

Sejumlah menilai industri sportscar Jepang di awal 2000-an seperti sudah diambang kepunahan. Namun budaya pop dan media membantu membangun awereness publik terhadap Japanese sportscar, seperti film Fast and Furious dan ragam video game.

Di akhir 2009, kaum bushi bangkit lagi mengangkat katana (pedang panjang Jepang). Pada 2011, Toyota dan Subaru melahirkan 86/BRZ. Pada saat yang bersamaan, Nissan juga sibuk meremajakan GT-R NISMO.

Baca Juga:  BMW Siapkan 11 M Series dan 15 M Performance Hingga 2020

Tiga tahun kemudian, lahir Toyota FT-1 Concept, Kei sportscar, Daihatsu Copen, Honda S660, Mazda all-new Mazda MX-5. Di segmen premium, Lexus melahirkan IS-F untuk menandingi BMW M3 dan LFA untuk menandingi Ferrari. Sedangkan Honda memperkenalkan All-new Honda NSX tahun lalu.

Gempuran pabrikan Jerman seperti Mercedes-Benz, BMW, Audi, Volkswagen atau sportcar Eropa seperti Jaguar, Maserati, Ferrari, Bentley, Aston Martin tak menggerus industri sportscar Jepang. Tokyo, Toyota, Yokohama dan Hiroshima tidak akan pernah berhenti membentuk industri ini. Para samurai ini tidak akan pernah menjadi ronin. Akan terus menghunus katana dan menjadi kaisar dunia.

Baca tulisan lengkapnya di majalah Carvaganza edisi September 2015 atau Carvaganza edisi Scoop.

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



BMW Tebet Menjadi Dealer BMW i Kedua

JAKARTA, 15 Desember 2017 - PT BMW Indonesia bersama PT Tunas Mobilindo Parama meresmikan layanan baru dealer yang sudah berpengalaman sejak 1987, yaitu BMW Tebet, Jakarta Selatan....

Volkswagen Polo GTI Mk6 Gunakan Mesin Lebih Bertenaga

MUENCHEN, 15 Desember 2017 – Setelah diperkenalkan pertama kali di Frankfurt Motor Show pada September lalu, Volkswagen Polo GTI Mk6 mulai...

Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...