Beranda EDITOR'S PICKS Mercedes-Benz GLC-Class, The New Star

Mercedes-Benz GLC-Class, The New Star

GLC-Class bisa menjadi bintang baru di keluarga crossover Mercedes-Benz.

BERBAGI
Mercedes-Benz GLC-Class (Foto: Mercedes-Benz Media)

Kehadiran Mercedes-Benz GLC dalam jajaran keluarga SUV Mercedes merupakan langkah besar. Bukan hanya karena ia mengantikan GLK, tapi modelnya juga pure crossover. Tampang GLC jauh lebih modern dengan didukung kenyamanan a la Merc dan dilengkapi teknologi terbaru. Terlihat kontras jika dibandingkan dengan GLK yang boxy dan kaku.

GLK mengingatkan saya pada Jason Statham. Ia hampir selalu memainkan karakter serius sebagai laki-laki sejati tanpa cacat di hampir semua filmnya. Lama kelamaan, film yang ia mainkan jadi mudah tertebak dan membosankan. Merc sepertinya tak membiarkan itu terjadi pada jajaran SUV-nya. So they present the GLC to the world.

GLC menggabungkan ketangguhan yang melekat pada G-Class dengan unsur modern, sehingga menciptakan spesies baru yang terlihat dinamis di keluarga SUV/crossover. Dengan overhang pendek dan desain radiator grille berlambang three point star yang lebih segar, fascia depan GLC sangat dekat dengan karakteristik SUV. Mobil ini juga memiliki opsional lampu depan LED high performance dan tiga pilihan bumper yang terintegrasi dengan underguard, yaitu basic, off-road dan AMG yang berpenampilan paling sporty.

Baca Juga:  New Mini Countryman JCW Melibas Trek Bridgestone
Mercedes-Benz GLC-Class (Foto: Mercedes-Benz Media)
Mercedes-Benz GLC-Class (Foto: Mercedes-Benz Media)

GLC akan hadir dengan beberapa pilihan mesin sesuai dengan wilayah. Di Amerika, GLC-Class dilengkapi penggerak opsional AWD dan hanya punya satu pilihan mesin untuk GLC300 dan GLC400 4Matic: 4-silinder 2.0L turbocharged dengan transmisi otomatis 9GTronic yang menghasilkan tenaga 241hp dan torsi 370Nm.

Untuk GLC 400, kemungkinan Merc menyediakan pilihan mesin lain yaitu V6 3.0L twin-turbo dan GLC250 Blutec Diesel. Sedangkan di Eropa, GLC-Class akan hadir dalam beberapa model yaitu GLC250, GLC220d, GLC250d dan GLC350e plug-in hybrid. Semua model itu dibekali 4Matic all-wheel drive system sebagai penggerak standar.

Mercedes-Benz pun mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar GLC lebih irit 19% dari model sebelumnya, GLK. Banyak faktor yang ikut berkontribusi atas hal itu, di antaranya adalah penggunaan material aluminium dan high strength steel yang memangkas bobot 80kg lebih ringan dari GLK.

Baca Juga:  New McLaren Senna, Mobil Jalanan Paling Ekstrem
Mercedes-Benz GLC-Class (Foto: Mercedes-Benz Media)
Mercedes-Benz GLC-Class (Foto: Mercedes-Benz Media)

Ia juga dilengkapi mode pengendaraan yang dapat disesuaikan dengan kondisi jalan. GLC memang tak hanya ditujukan sebagai kendaraan segala medan, tapi juga mendukung gaya hidup Anda. Maka dari itu, GLC terlihat sangat berbeda dari GLK.

Serupa dengan eksteriornya, desain kabin GLC juga dinamis dengan layout lega. Berkat wheelbase 4,6 inci, ruang baris belakang lebih luas 2,2 inci. Di samping itu, kargo GLC berkapasitas 580 liter dan bisa maksimal hingga 1600 liter jika bangku baris keduanya dilipat rata. Fitur hiburannya berupa layar sentuh di bagian tengah dashboard.

Mercedes-Benz sepertinya harus bekerja keras dalam memperkenalkan keluarga barunya karena pasar di segmen ini terlalu ramai. GLC harus bersaing dengan BMW X3, Audi Q5 dan Lexus NX. Semoga GLC akan masuk ke Indonesia dan memberikan konsumen Indonesia lebih banyak pilihan di kelas crossover premium.

Baca Juga:  Mercedes-Benz CLS 2019 Alami Perubahan Radikal
Mercedes-Benz GLC-Class (Foto: Mercedes-Benz Media)
Mercedes-Benz GLC-Class (Foto: Mercedes-Benz Media)

[table id=26 /]

ALVANDO NOYA

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Lokasi Strategis, Mitsubishi Buka Diler Kendaraan Penumpang di Lubuk Linggau

LUBUK LINGGAU, 12 Desember 2017 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus menunjukkan agresifitasnya dalam memperluas jaringan penjualannya untuk...

Dani Humardani Kembali Pimpin Grand Livina Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 – Komunitas penggemar Nissan Grand Livina yang bernaung di bawah bendera Grand Livina Club Indonesia (Gravinci)...

New McLaren Senna, Mobil Jalanan Paling Ekstrem

SURREY, 12 Desember 2017 – Secara tampilan memang tidak cantik. Tapi Mclaren Senna P15 adalah mobil extreme road-going paling ekstrem...

Pembalap Toyota Team Indonesia Mampu Finish di Toyota Gazoo Racing 2017

TOKYO, 11 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) tampil cukup apik di ajang Toyota Gazoo Racing 2017...

Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- PT Honda Prospect Motor menggelar tatangan hemat bahan bakar bagi komunitas dan calon konsumen Honda...