Home EDITOR'S PICKS Lotus Exige Sport 380, The Terminator

Lotus Exige Sport 380, The Terminator

Lotus Exige Sport 380 memiliki desain dan bekal performa yang bisa “membunuh” sportscar di kelasnya.

SHARE

Lotus memiliki sejarah yang cukup panjang dalam industri otomotif dunia khususnya motorsports seperti Formula 1. Lotus berangkat dari sebuah tim F1 yang menghasilkan mobil-mobil kompetitif dengan tingkat akurasi tinggi. Bahkan ia termasuk salah satu tim tertua di dunia yang terlibat dalam pengembangan mobil Formula 1. Sebagaimana sejatinya sebuah mobil F1 yang menjadi laboratorium berjalan untuk perkembangan teknologi kendaraan jalan raya, Lotus adalah salah satu brand yang benar-benar mengaplikasikan hal tersebut pada model-modelnya termasuk Lotus Exige Sport 380. Sportscar ini memiliki performa yang lebih sempurna dengan desain yang menonjol di antara model Exige lainnya.

Lotus Exige 380 diciptakan dengan revisi yang signifikan. Bobotnya lebih ringan namun dengan konstruksi bodi yang lebih kokoh plus desain eksterior yang jauh lebih mengutamakan performa aerodinamika. Nuansa yang terpancar jauh dari kesan sportscar modern yang elektrikal. Lotus lebih fokus untuk membuat Exige Sport 380 terlihat sangat klasik. Bodinya didominasi material carbon fiber mulai dari bumper depan, pintu, hingga pada seluruh bagian diffuser belakang sehingga menghasilkan total bobot kosong 1.066 kg saja.

Lotus Exige Sport 380 juga menggunakan ban baru yaitu Michellin Pilot Sport Cup 2 dan brake yang diklaim dibuat dari material ringan. Alhasil Lotus Exige Sport 380 memiliki power-to-weight ratio 352 hp per ton, diklaim terbaik di kelasnya dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam 3,5 detik. Lebih baik dari kompetitornya Porsche 718 Boxster yang memiliki catatan waktu 4,6 detik. Bahkan angka tersebut didapat sebelum jarum speedometer mencapai angka 286 km/jam.

Baca Juga:  Mitsubishi Xpander Bikin Pecah, Jadi Bintang GIIAS 2017

Hal tersebut didukung oleh peran besar dari divisi mesin yang meracik performa tepat untuk sportscar Inggris ini. Mesin V6 3.5-liter Supercharged mampu menyemburkan tenaga maksimal 375 hp dan torsi 410 Nm yang dialirkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-kecepatan. Menariknya lagi, desain tuas transmisinya dibuat transparan sehingga siapapun dapat melihat pergerakan transmisi dari dalam kabin. Kabarnya mesin yang digunakan serupa dengan dengan Lotus Evora Sport 410 dengan tuningan yang disesuaikan.

Lotus Exige Sport 380 juga dibekali fitur-fitur pendukung performa seperti Dynamic Performance Management (DPM) yang mengatur tenaga dan respon untuk mode Sport dan Race. DPM juga meningkatkan respon gas, traksi maksimal dan mengurangi kemungkinan understeer berlebihan. Hal tersebut akan sangat berguna ketika kendaraan ini beroperasi di jalan raya serta dengan kenikmatan berkendara yang maksimal. Meski begitu, sebenarnya Lotus Sport Exige 380 didesain sebagai mobil sport sejati seperti yang terlihat dari desian eksteriornya.

Exige Sport 380 tidak seperti sportscar kebanyakan yang menonjolkan fungsi-fungsi elektrikal saat mengendarainya. Para insinyur Lotus justru ingin memberikan pengalaman berbeda dalam mengendarai sportscar yang sesungguhnya. Pabrikan memang sudah menyiapkan model barunya ini akan meluncur di akhir 2016 dengan harapan menjadi “pembunuh baru” di segmennya yaitu sportscar entry-level. “Exige Sport 380 merupakan pengembangan yang proporsional dan paling memungkinkan untuk dipakai di jalan raya dengan performa maksimal,” kata Jean-Marc Gales, CEO Group Lotus.

Baca Juga:  Toyota Sienta, Pilihan Masyarakat Perkotaan

Meskipun terlihat old-school dan sangat berorientasi pada performa, Exige Sport 380 justru memiliki pembeda di antara sedan sportscar sekelasnya. Bagi yang sering meluangkan waktunya membawa Exige 380 ke sirkuit, Anda dapat memilih opsi Track Pack yang terdiri dari beberapa preferensi yang sesuai dan dibutuhkan oleh konsumen. Track Pack terdiri dari anti roll bar yang dapat disesuaikan serta ornamen carbon di bagian atap dan kaca belakang. Dengan paket tersebut, bobotnya bertambah dua kilogram dan dapat menegaskan identitasnya sebagai sportscar sejati.

Berbicara soal interior, Lotus Exige Sport 380 memiliki desain kabin yang simpel, dashboard yang minimalis, dan didominasi tombol-tombol fitur performa. Material serat karbon menghiasi beberapa bagian interior seperti konsol tengah serta bagian doortrim. Menariknya, banyak bagian-bagian yang dibuat sangat manual. Selain desain transmisi yang sudah disinggung di atas, Lotus Exige juga masih menyediakan lubang kunci konvensional, tuas hand brake non electric dan tampilan cluster meter dengan jarum analog.

Sejatinya sebuah sportscar, Lotus Exige Sport 380 tetap memberikan posisi duduk low slung ditambah dengan jok semi bucket. Tersedia pula beberapa preferensi untuk material yang digunakan pada joknya seperti Alcantara, material kulit atau motif tartan. Ketiganya tetap dikerjakan secara hand made dan mendapatkan finishing jahitan dengan kelir kontras.

Seperti sportscar kebanyakan yang tidak terlalu “heboh” dengan sajian fitur hiburan, Lotus juga menyediakan menu hiburan yang simpel. Di samping audio dengan radio, tersedia pula sambungan Bluetooth dan iPod serta sistem navigasi yang sejajar dengan lubang AC di tengah dashboard. Biasanya para pengendara sportscar jauh lebih sering membiarkan suara knalpotnya bergema di dalam kabin daripada suara sound system. Apalagi fitur DPM yang tersedia juga mengatur suara knalpot saat mengubah mode pengendaraan.

Baca Juga:  Bentley Continental Supersport, Superlative Continental

Jika tertarik untuk memilikinya, Anda harus sabar hingga tahun depan. Bahkan untuk pilihan dengan transmisi otomatisnya baru akan dirilis pada pertengahan tahun depan. O ya, Lotus juga menyediakan paket personalisasi yang dinamakan dengan Lotus Exclusive Programme. Di sini konsumen dapat mengkolaborasikan arsitektur khas Inggris dengan desain yang modern.

Salah satunya adalah mengganti atap soft top dengan material karbon. Atau Anda dapat mengubah material lain di dalam interiornya selama tidak menyangkut hal-hal teknis. Lotus menyediakan beberapa pilihan warna dengan pilihan Exige 380 Roadster dan Coupe. Untuk menebusnya, Anda hanya menyiapkan biaya sekitar 90 ribu Euro atau setara 1,3 miliar rupiah.

Lotus Exige Sport 380 2017

Layout Kendaraan: Sportscar, Mesin tengah, 2-pintu, 2-penumpang, RWD
Mesin: V6 3.5-liter Supercharged / 375 hp @ 6.500 rpm / 415 Nm @ 5.000rpm
Transmisi: M/T 6-Kecepatan
Wheelbase: 2.575 mm
P x L x T: 4.394 x 1.978 x 1.229 mm
Bobot Kosong: 1066 kg
Kapasitas Tangki: 48 liter
Rekomendasi BBM: RON100

ALVANDO NOYA

SHARE

Menguji Ketangguhan Mobil Toyota di Ajang Motorsport

BSD CITY, 19 Agustus 2017 – Sudah 28 tahun Toyota terlibat di dunia motorsport Indonesia melalui Toyota Team Indonesia (TTI). Ajang motorsport menjadi salah...

Dealer BMW Bakal Sediakan Tempat Cas-Casan Mobil Listrik

BSD CITY, 19 Agustus 2017 -- Barisan mobil yang pakai energi listrik jelas bukan hiasan selama perhelatan Gaikindo Indonesia International...

Beli Nissan Serena atau March, Dapat Perangkat Audio Venom Termahal

BSD CITY, 19 Agustus 2017 -- Banyak hal yang dapat Anda temui ketika berada di sebuah pameran mobil. Namun, ada...

Suzuki Indonesia Bidik Pasar Ekspor Mobil ke Afrika

BSD CITY, 19 Agustus 2017 – Suzuki Indonesia mencatat angka ekspor mobil sebanyak 33.638 unit dengan nilai sekitar Rp 5,5...

Bosch Hadirkan Klakson Anti Cuaca Ekstrem di GIIAS 2017

BSD CITY, 19 Agustus 2017 -- Cara paling efektif untuk berkomunikasi di jalan raya adalah dengan memanfaatkan komponen yang terpasang...