Beranda Drives Toyota All New Rush TRD Sportivo Manual Lebih Asik

Toyota All New Rush TRD Sportivo Manual Lebih Asik

BERBAGI

BANDUNG, 20 Januari 2018 – Setelah menginap semalam kami melanjutkan test drive Toyota All New Rush hari kedua. Berbeda dengan sehari sebelumnya dimana kami menggunakan All New Rush TRD Sportivo otomatis, pagi ini kami mendapatkan All New Rush TRD Sportivo dengan transmisi manual. Keluar dari hotel, saya kembali dapat jatah mengemudi. “Ah nggak apa-apalah, justru saya bisa langsung merasakan perbedaan dengan tipe otomatis,” pikir saya.

Keluar dari Hotel Grand Tjokro, jalanan padat Cihampelas langsung menyambut kami. Ternyata kami tidak langsung menuju Jakarta. Kami lebih dulu mengunjungi beberapa tempat wisata menarik. Rute yang dipilih Toyota cukup menarik. Kami menempuh perjalanan yang cukup panjang melintasi jalan-jalan perkotaan di Kota Bandung dan sekitarnya yang memiliki traffic cukup padat. Rouli Sijabat, PR Manager PT TAM mengatakan karakteristik jalan yang dilalui sangat cocok untuk membuktikan kelincahan serta kenyamanan berkendara di kawasan perkotaan.

Baca Juga:  Mitsubishi Siapkan Dua Jagoan Baru di Tahun 2018

Oh ya, kami mendapat kesempatan mengunjungi destinasi wisata menarik, sekaligus mengeksplorasi dan merasakan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh the real SUV dari Toyota. Ada yang mengunjungi workshop alat musik Karinding dan Padepokan Pencak Silat Gelanggang Putra Si Macan Tutul di kawasan Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bandung. Kemudian sentra industri sepatu kulit Cibaduyut di Jalan Indrayasa, Cibaduyut, dan Galery Wayang Golek (Cupumanik) yang terletak di Jalan Kebon Kawung H. Akbar.

Tol Cipularang

Selesai makan siang, barulah kami menuju Jakarta melewati jalan tol Cipularang. Kini giliran rekan Ardi yang menyetir. Ada perbedaan yang cukup signifikan yang saya rasakan antara All New Rush dengan transmisi otomatis 4-kecepatan dengan manual 5-kecepatan. Meski menggunakan mesin yang sama, settingan yang sama, tenaga dan torsi yang sama, namun All New Rush dengan transmisi manual terasa lebih responsif.

Baca Juga:  Toyota Land Cruiser Prado 2018, Dirty Jumper

Buat saya pribadi. Saya lebih menyukai transmisi manual. Saya bisa lebih leluasa bermain-main dengan gigi. Ardi yang giliran menyetir sepakat dengan saya. “Lebih asik bro, mampiiirrr,” kata Ardi sambil menginjak pedal gas.

Sempat istirahat sebentar di Cikampek, saya kembali dijatah menyetir. Kali ini memasuki Jakarta kami menghadapi jalanan padat. Maklum, jam-jam pulang kerja ditambah pembangunan di beberapa lokasi membuat jalanan padat merayap. Jika membandingkan Rush dengan transmisi manual dan otomatis, jelas saya akan memilih transmisi otomatis. Tidak capek harus menginjak koplingh dan mengganti persneling.

Kompetisi

Toyota memasarkan All New Rush dengan dua varian dan empat tipe. Mulai dari G Manual (MT) seharga Rp 239,9 juta, G otomatis (AT) Rp 249,9 juta, TRD Sportivo manual Rp 251,3 juta, dan TRD Sportivo otomatis Rp 261,3 juta.

Baca Juga:  Toyota Home Service, Perawatan Mudah Mobil Toyota a la Auto2000

Lalu bagaimana peluang Toyota All New Rush di segmen LSUV? Kerja keras memang dibutuhkan All New Rush untuk menguasai segmen ini. Data wholesales Gaikindo pada 2017 mencatat jika Rush mampu meraih penjualan 20.039 unit. Toyota jelas butuh kerja ekstra karena duo Honda, Honda HR-V 1.5L dan Honda BR-V 1.5L, mampu mencatat penjualan lebih baik yaitu 33.386 unit dan 21.932 unit.

Tapi, dengan resep barunya, Toyota All New Rush siap bersaing dengan Honda BR-V, Honda HR-V atau sepupunya sendiri Daihatsu Terios di segmen SUV. Apalagi, cita rasa MPV yang kini terasa kental, membuat All New Rush kini juga bisa menggaet konsumen di segmen MPV. Artinya, Toyota All Rush kini punya peluang pasar yang lebih besar.

RAJU FEBRIAN

BERBAGI

Last Update

Toyota Agya Club Chapter Pantura Dipimpin Ketua Baru

JAKARTA, 19 Februari 2018 -- Toyota Agya Club Chapter Pantura  telah resmi berganti kepengurusan. Komunitas yang berada di bawah payung...

Suzuki Ertiga Produksi Cikarang Diekspor ke-25 Negara

CIKARANG, 19 Februari 2018 – Suzuki New Ertiga yang dibuat di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor, Cikarang, Jawa Barat, ternyata...

Tiap 3 Menit 1 Mobil Lahir dari Pabrik Suzuki Cikarang

CIKARANG, 19 Februari 2019 –- Pabrik perakitan mobil Suzuki yaitu PT. Suzuki lndomobil Motor (SIM) yang berada di kawasan industri...

Ford Focus RS Heritage Edition, Edisi Terakhir Hanya 50 Unit

MUENCHEN, 19 Februari 2018 -- Ford mengumumkan produksi RS Focus generasi ketiga akan berakhir pada tanggal 6 April 2018. Rencananya,...

Jaguar F-Type 2.0T, Under A Good Sign

JAGUAR untuk pertama kalinya memperkenalkan F-Type dengan mesin V8 550 hp dan V6 380 hp. Setelah itu, mesinnya mengecil menjadi...