Beranda Drives TEST DRIVE: Mclaren 570s Coupe, Super Exciting

TEST DRIVE: Mclaren 570s Coupe, Super Exciting

BERBAGI

JAKARTA, 19 Januari 2018McLaren telah menghadirkan McLaren 570s Coupe di Indonesia pada 2016 silam. Mobil ini termasuk dalam keluarga 540, 570, maupun 570s Spider. Pasalnya McLaren 570S digadang sebagai paket “lebih terjangkau” bagi mereka yang mendambakan sensasi mobil sekelas McLaren 650S. Harus diakui perawakan 570S mirip dengan sang kakak P1 yang berstatus hypercar.

Kolaborasi McLaren dan F1 juga bukan hal yang aneh. Mengingat McLaren sudah berkecimpung di F1 sejak 1963 sekaligus menjadi tim F1 aktif kedua tertua. Kolaborasi ini akhirnya berujung pada teknologi pertama F1 yang disematkan pada sportscar asal pabrikan Inggris.

Carvaganza mendapatkan kesempatan menjajal mobil ini beberapa waktu lalu. Exciting sudah saya rasakan sejak membuka pintu yang membuka ke atas atau dikenal dengan model gullwing. Aura sport semakin kuat dengan kelir hitam di seluruh kabin. Tapi, berbeda ketika saya menyentuh doortrim dan jok bucket. Kelembutan dari kulit Alcantara yang membalut jok menjadi nilai tambah untuk kemewahannya.

Baca Juga:  Mercedes-Benz G 63 AMG Siap Mengaspal di Indonesia Tahun Ini

Ketika mesin V8 dihidupkan, raungan suaranya menggelegar seperti suara mobil F1 di sirkuit. Meski saya mengujinya di area tertutup, saya tetap mengawali dengan mode normal dan pengaturan tenaga di mode normal. Agresifitas dari McLaren 570s ini sudah terasa sejak mode ini. Bahkan saat pedal gas di sentuh ia sudah membuat badan saya terhempas ke belakang.

Klaim McLaren bahwa McLaren 570s ini masih tetap enak dikendarai di area perkotaan memang terbukti. Ia masih tetap santun saat diajak berjalan pada RPM rendah atau d ibawah 40 km/jam. Hanya saja, panas mesin twin turbo ini sepertinya tidak akan terlalu kuat menahan panas jika harus diajak di tengah kemacetan.

Saya pun langsung mengganti ke mode sport dengan aturan tenaga sport. Raungan suara semakin membesar dan meningkatkan adrenalin saya untuk menginjak gas lebih dalam. tangan saya pun semakin erat menggenggam setir yang dibalut dengan suede.

Baca Juga:  Audi A3 Sportback, Young Athlete

Tenaga 562 hp miliknya memang belum terasa sepenuhnya, namun hentakannya sudah dapat menghempaskan badan saya sangat kencang. Konsentrasi pun semakin tertuju pada lajur sirkuit, pada saat menikung pun dengan kecepatan tinggi saya masih merasa ingin membejek pedal gas tanpa mengurangi kecepatan.

Handlingnya sangat mantap, terasa stabil meski saya melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. Setir pun terasa enteng dan mudah dikomunikasikan, sehingga saya dapat mengkontrol putarannya. Semangat saya pun semakin meningkat untuk merasakan tenaga 562 Hp dan torsi 600 Nm secara penuh.

Saya langsung mengganti mode berkendara dan mode tenaga ke pengaturan track. selain itu, saya juga mematikan tombol ESC (Electronic Stability Control). Tapi sebelum saya merasakan sensasi tarikan RWD miliknya di tikungan, Saya mencoba untuk melakukan akselerasi dengan menekan tombol ‘launch’ control. Badan saya terasa terlempar seperti menyetir di mobil F1 dan membuktikan bahwa mobil ini dapat melaju dari diam hingga 100 km/ jam dalam waktu 3,1 detik.

Baca Juga:  Range Rover Velar, Fjords Winter

Selanjutnya, saya mencoba kickdown di tikungan. Sensasi Saat setir dibelokkan tiba-tiba, sasis yang balans dan kontrol stabilitas elektronis mampu menahan mobil agar tidak oversteer. Pengemudi pun bisa lebih yakin untuk memacu 570S hingga titik limit.

McLaren 570s Coupe Specification:

POWERTRAIN
Engine: M838TE
Engine capacity: 3,799cc
Format: V8
Technology: Twin turbo, dry sump
Valvetrain: 32 valve, DOHC, VVT
Power: 570PS (562bhp) (419kW) @ 7500rpm
Torque: 600 Nm (443lb ft) @5000-6500 rpm
Transmission: 7- speed Seamless Shift dual clutch Gearbox (SSG)

CHASSIS
Suspension: Type Double Wishbone, Adaptive Dampers
Differential: Open differential with Brake Steer
Driver Aids: ABS, Traction control, ESC, Launch control
Wheel Size: 19” x 8.0” (F) 20” x 10.0” (R)
Tyres: Pirelli P ZERO Corsa
225/35/R19 @ 285/35/R20

PERFORMANCE
Maximum Speed: 328kph (204mph)
0-100 kph (0-62mph): 3.2 s
0-200 kph (0-124mph): 9.5 s

VALDO PRAHARA

BERBAGI

Last Update

Kenapa Warna Ikon Model Yaris Terbaru Kuning?

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Pada peluncuran Toyota New Yaris hari Selasa kemarin (20/2) ada dua warna mobil Yaris teranyar...

Cuma Kosmetik Doang? Begini Penyempurnaan di Toyota New Yaris

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Persaingan segmen hatchback memang tidak sepanas multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV)....

Honda Civic Nouva Community Selenggarakan Gathnas ke-5 di Semarang

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Honda Nouva Community Indonesia (HNCI), salah satu komunitas mobil senior dengan member yang cukup banyak,...

Mazda CX-5 TOURING Harganya Tak Sampai Rp 500 Juta

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Mazda CX-5 menjadi satu dari tiga andalan utama penjualan Mazda di Indonesia. Dua lainnya adalah...

TAC Jakarta dan TAC Tangerang Raya Gelar Kopdargab Perkuat Silaturrahmi

TANGERANG, 18 Februari 2018 – Setelah sekian lama tidak menggelar kopi darat (kopdar) gabungan, Toyota Agya Club (TAC) Jakarta dan...