Beranda Drives Test Drive: Kia Sportage 2.0 AT Diesel

Test Drive: Kia Sportage 2.0 AT Diesel

Kia New Sportage Diesel memiliki keunggulan lewat mesin diesel yang jarang ditemukan pada SUV 5-penumpang lainnya.

BERBAGI

Sudah lama saya mengagumi Kia Sportage, compact SUV, buatan pabrikan mobil asal Korea ini. Pasalnya banyak yang mengatakan bahwa Sportage adalah mobil yang sangat enak untuk dikendarai. Tentu saya tak mau percaya 100% sebelum mencobanya.

Nah, kami mendapat kesempatan menguji Kia Sportage 2.0L Diesel AT. Menurut saya pribadi tampilan Kia Sportage sangat nyaman dilihat. Semua itu karena desainnya yang dinamis. Yang paling saya suka adalah panoramic dan sun roof di atap yang berkelir hitam, kontras dengan kelir putih di seluruh bodinya. Desain headlamp LED dengan Day Light Running Lamp terlihat mewah mengapit grille tiger nose berlogo KIA. Di atas kertas Kia Sportage Diesel tidak memiliki perbedaan dimensi dengan kembarannya yang bermesin bensin.

Oh ya, PT Kia Mobil Indonesia meluncurkan New Sportage Diesel pada ajang Indonesia International Motor Show 2015 lalu. Dengan bekal mesin 4-silinder 2.0-liter CRDi VGT dan transmisi otomatis 6-kecepatan Sportage Diesel memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga:  Subaru Impreza 2017, Impressive Impreza

19012016-Car-Kia-Sportage_02

Pasalnya dengan bekal tersebut, Kia Sportage mampu memberikan kenikmatan berakselerasi dengan torsi 294 Nm yang sudah tersedia di 1.800 rpm hingga 2.500 rpm. Selain itu perpindahan transmisi otomatisnya juga begitu halus menghantarkan semua tenaga ke roda depan.

Ketika kami mencoba menjajal Sportage Diesel ini ke kawasan Cisarua, Bogor, saya merasakan tenaga besar saat menyusul kendaraan di depan meski kondisi jalan menanjak. SUV ini benar benar memiliki tenaga yang tidak putus. Sebelumnya, saat memacu di jalan tol, saya menginjak gas dengan perlahan namun tak terasa mobil ini sudah melesat 150 km/jam. Sama sekali tidak ada perasaan limbung. Saya merasa seperti sedang menaiki sebuah mobil sedan dengan ground clearence rendah.

Di sisi lain ada perasaan dilematis saat meluncur bersama New Sportage Diesel, pada kecepatan rendah di bawah 50 km/jam kemudi terasa ringan. Nah, di sini saya harus member pujian pada peranti Motor Driven Power Steering. Ketika di kecepatan tinggi, kemudi sangat terasa komunikatif membaca komando dari dua tangan, bahkan dengan satu tangan. Ini memang memudahkan saya saat memarkirkan kendaraan atau bermanuver pada kecepatan rendah.

Baca Juga:  Menjajal Mitsubishi Xpander di Sitinjau Lauik dan Kelok Sambilan

19012016-Car-Kia-Sportage_03

Kia New Sportage Diesel memiliki keunggulan lewat mesin diesel yang jarang ditemukan pada kompetitornya yaitu SUV 5-penumpang. Di Indonesia Kia Sportage harus berkompetisi bersama Honda CR-V, Suzuki Grand Vitara, Nissan X-Trail, Mitsubishi Outlander Sport, dan Mazda CX-5.

Aura berkelas juga menyapu hingga ke interior Sportage Diesel generasi ketiga ini. Semua jok semi bucketnya dibungkus material fabric (cloth) berkelir hitam dengan jahitan yang kontras. Memang pada layanan hiburan saya tidak menemukan layar sentuh dan fitur nirkabel. Saya hanya disuguhkan pemutar CD, radio dan sambungan USB. Tapi untuk urusan kompartemen penyimpanan, Anda akan menemukan banyak slot untuk ruang penyimpanan mulai dari konsol tengah, tiap panel pintu dan dua power outlet 12V untuk penumpang baris depan.

Baca Juga:  Jeep Wrangler 2018, Baru di Semua Bagian

Singkatnya, Kia New Sportage Diesel memiliki keunggulan lewat mesinnya yang berlimpah torsi. Meski demikian, mobil ini tetaplah sebuah SUV urban yang juga mampu mendukung gaya hidup. Anda harus mengocek dana Rp 425 juta untuk memboyong tipe diesel ini ke garasi rumah. Angka ini berada di tengah-tengah varian bensin 2.0L yang berada di rentang harga Rp 337 juta hingga Rp 453 juta.

Kia New Sportage Diesel 2015

Layout Kendaraan: SUV, Mesin depan, 4-pintu, 5-penumpang, FWD
Mesin: 4-silinder 2.0-liter CRDi VGT / 175 hp @ 4.000 rpm / 294 Nm @ 1.800 – 2.500 rpm
Transmisi: A/T 6-kecepatan
Wheelbase: 2.640 mm
P x L x T: 4.440 x 1.855 x 1.645 mm
Bobot Kosong: 1.397 kg
Kapasitas Tangki: 58 liter
Rekomendasi BBM: Cetane 51

ALVANDO NOYA | TITO LISTYADI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Lokasi Strategis, Mitsubishi Buka Diler Kendaraan Penumpang di Lubuk Linggau

LUBUK LINGGAU, 12 Desember 2017 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus menunjukkan agresifitasnya dalam memperluas jaringan penjualannya untuk...

Dani Humardani Kembali Pimpin Grand Livina Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 – Komunitas penggemar Nissan Grand Livina yang bernaung di bawah bendera Grand Livina Club Indonesia (Gravinci)...

New McLaren Senna, Mobil Jalanan Paling Ekstrem

SURREY, 12 Desember 2017 – Secara tampilan memang tidak cantik. Tapi Mclaren Senna P15 adalah mobil extreme road-going paling ekstrem...

Pembalap Toyota Team Indonesia Mampu Finish di Toyota Gazoo Racing 2017

TOKYO, 11 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) tampil cukup apik di ajang Toyota Gazoo Racing 2017...

Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- PT Honda Prospect Motor menggelar tatangan hemat bahan bakar bagi komunitas dan calon konsumen Honda...