Beranda EDITOR'S PICKS Preview IIMS & GIIAS, A Tale of Two Shows

Preview IIMS & GIIAS, A Tale of Two Shows

Dua pameran otomotif akbar Indonesia menawarkan konsep yang berbeda

BERBAGI

Bulan Agustus ini akan menjadi salah satu momen bersejarah bagi industri otomotif di Indonesia. Untuk pertama kalinya, kita punya dua pameran otomotif besar: Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Uniknya, kedua ekshibisi tersebut akan diadakan di waktu yang bersamaan, yaitu tanggal 20-30 Agustus 2015.

Penyelenggara kedua pameran itu, PT Dyandra Promosindo dan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), bukanlah pemain baru di dunia ekshibisi otomotif.Bahkan keduanya sempat bekerja sama dalam membangun nama besar IIMS selama beberapa dekade terakhir. Pada tahun ini, mereka memutuskan untuk mengadakan dua pameran berbeda.

Tentu saja keberadaan mereka memberikan lebih banyak pilihan bagi car enthusiasts dalam menikmati produk-produk otomotif. Mengingat lokasi yang saling berjauhan – IIMS di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, sedangkan GIIAS di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD) – ada baiknya jika Anda mendapat gambaran seperti apa kedua pameran tersebut nantinya.

18082015-Car-GIIASvsIIMS_03

Indonesia International Motor Show 2015

IIMS masih menggunakan nama yang sama dengan pameran akbar otomotif Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya. Bedanya, PT Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara dan pelaksana kini jalan sendiri. Dengan mengusung tema The Essence of Motor Show, IIMS “tak lagi bertumpu pada event promosi dan transaksi penjualan mobil-mobil baru seperti image selama ini”.

What is the essence of motor show then? Automotive Division Manager of Dyandra, Bunga Swastika Putri menjelaskan, “Ekshibisi itu kan mengandung unsur hiburan. Jadi IIMS tahun ini tak lagi sekadar pameran mobil. Kami ingin lebih mengangkat kultur otomotif ketimbang sebelumnya. Itulah sebabnya kami menghadirkan konten yang lebih variatif, termasuk acara hiburan. Kami ingin menyeimbangkan antara porsi pameran dengan kegiatan.”

Dyandra memang mempersiapkan banyak activities. Sejauh ini ada 15 kegiatan yang sudah masuk dalam daftar konfirmasi. Di antaranya adalah ASEAN Stunt Day yang merupakan kompetisi aksi akrobatik di atas motor antara Indonesia dengan riders dari berbagai negara di Asia Tenggara. Jika ingin first-hand experience, Anda bisa merasakan sensasi di dalam sebuah bigfoot truck yang melibas barisan mobil dalam Gajah Monster Show.

Lantas bagaimana dengan pamerannya sendiri? Bunga menyatakan bahwa peserta IIMS 2015 terdiri lebih dari 35 brand otomotif. Sayangnya, ia enggan menyebutkan daftar APM (Agen Pemegang Merek) otomotif yang akan ikut serta selain Garansindo, Ford dan Nissan-Datsun. “Berdasarkan kebijakan Dyandra, kami belum bisa mengatakan siapa saja [APM] pesertanya sampai sekitar sebulan sebelum ekshibisi berlangsung.”

18082015-Car-GIIASvsIIMS_01

Gaikindo Indonesia International Auto Show

Dengan mengusung slogan Smart Mobility For The Future, GIIAS masih mempertahankan konsep yang telah dibangun Gaikindo pada ekshibisi otomotif akbar bertahun-tahun sebelumnya. Mereka percaya bahwa pameran mobil seharusnya menjadi tempat bagi pengunjung untuk mendapat informasi mengenai produk-produk baru dan penjelasan yang lebih spesifik dari APM.

Andy Wismarsyah, Presiden Direktur PT Amara Tujuh Perjuangan yang merupakan pelaksana GIIAS, menyatakan, “Kalau ke auto show, hal utama yang kita cari adalah mobilnya. Bukan yang lain. Karena melalui pameran, APM bisa bertemu langsung dengan konsumen dan menjelaskan produknya secara mendetail seperti tentang teknologi atau kenapa menggunakan jenis bensin tertentu. Informasi seperti itu tak bisa konsumen dapatkan dari dealer.”

Bertempat di ICE BSD, 30 APM dan industri pendukung yang menjadi peserta GIIAS akan menduduki lahan indoor ber-AC seluas 60.000m2. GIIAS secara keseluruhan akan menempati area pameran dengan luas total sebesar 220.000m2. Dengan luas sebesar itu, tak heran jika Gaikindo berambisi untuk menjadikannya pameran terbesar ke-5 atau 6 dunia. Tapi luas area bukan satu-satunya ukuran dalam menentukan peringkat ekshibisi, konten pameran juga perlu diperhatikan. Andy mengatakan, “Kami sudah mendapat konfirmasi bahwa akan ada beberapa brand yang akan melakukan world premier di GIIAS.”

Masing-masing pameran menawarkan konsep yang berbeda. Pameran mana yang akan dikunjungi pertama kali? Jawabannya tergantung selera dan kebutuhan. Keputusan ada di tangan Anda.

MIRAH PERTIWI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Avanza, Mobil Bekas Terbaik Versi OLX

JAKARTA, 16 Desember 2017 – Toyota dan Toyota Avanza menjadi dua nama yang paling dicari para calon pembeli mobil bekas....

Honda Honda Freed Modulo X, Tampil Agresif

TOKYO, 16 Desember 2017 – Multi Purpose Vehicle (MPV), Honda Freed, tetap menjadi favorit di Jepang. Honda melansir Honda Freed...

Servis Berkala di Auto2000 Dapat Oli Mesin TMO Gratis

JAKARTA, 16 Desember 2017 -- Anda pemilik mobil Toyota yang rutin menjalani servis berkala di workshop Auto2000, kini ada reward...

Mitsubishi FUSO Apresiasi Supir Truk

JAKARTA, 16 Desember 2017 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor dari Mitsubishi FUSO Truck & Bus Corporation (MFTBC) mengapresiasi jasa para...
video

VIDEO: Test Drive Mazda CX-5 Elite

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Kesempatan menjajal All New Mazda CX-5 yang diberikan PT Eurokars Motor Indonesia tentunya tidak disia-siakan. Apalagi...