Beranda Drives Menikmati Kenyamanan Kabin Toyota All New Rush

Menikmati Kenyamanan Kabin Toyota All New Rush

BERBAGI

BANDUNG, 19 Januari 2018 – Setelah menikmati berbagai jajanan khas Jawa Barat di RM Saung Pedesaan, dalam Jurnalis Test Drive Toyota All New Rush Discover Your Freedom, 17-18 Janauri 2018, kami melanjutkan perjalanan ke arah Bandung. Saat membuka pintu depan rekan Yusran Hakim ternyata sudah duduk di belakang kemudi. “Ah gua mau nyetir ah,” katanya sambil nyengir. “Ah kebetulan,” timpal saya. Selain bisa beristirahat, saya juga bisa merasakan bagaimana duduk sebagai penumpang di bangku belakang All New Rush.

Komentar pertama saya ketika duduk di kabin belakang All New Rush adalah: lega. Jujur inilah kali pertama saya duduk di bangku belakang Rush baru ini. Toyota menghilangkan ban belakang yang sebelumnya terlihat seperti konde. Hilangnya ban belakang membuat panjang All New Rush bertambah 230 mm menjadi 4.435 mm. Hasilnya kabin lebih panjang ke belakang. Namun wheelbase dibuat tetap sama yaitu 2.685mm.

Toyota menggeser posisi jok baris kedua sedikit ke belakang. Disebutkan jika ruang kaki (leg room) bertambah 45 mm. Saat duduk terasa jika kaki bisa selonjoran lebih enak karena ruang yang lebih lebar. Headroom juga cukup tinggi dan pas buat saya yang memiliki tinggi 170-a cm. Oh ya, Toyota juga membuat desain jok sesuai dengan lekuk tubuh dan lebih tebal sehingga terasa lebih nyaman.

Baca Juga:  Kontes Modifikasi Daihatsu 2018 Kunjungi Yogyakarta

Saya memang tidak merasakan duduk di bangku baris ketiga. Namun sepintas terlihat jika penumpang cukup nyaman karena ruang kaki juga lebar. Kami berempat menempatkan barang-barang di bagasi belakang. Jika bangku baris ketiga dilipat, bagasi semakin luas.

Kabin Tidak Bising

All New Rush memiliki kesenyapan kabin yang lebih baik dibandingkan Rush generasi sebelumnya. Toyota mengklaim ini merupakan efek dari desain yang lebih dinamis, dan juga penambahan komponen peredam di beberapa titik.

Melintasi jalan raya Subang, Yusran beberapa kali menekan gas cukup dalam. Jalanan yang di beberapa lokasi bergelombang bisa dilalui dengan nyaman. Tidak ada efek limbung yang terlalu terasa. Perbaikan ini berkat penggunaan stabilitizer belakang yang baru. Toyota membuat settingan suspensi medium sehingga pas ketika berjalan di aspal mulus dan cukup nyaman ketika melintasi jalanan bergelombang.

Baca Juga:  Bridgestone Alenza Ban Resmi Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios

Meski settingan suspensi yang rigit ini membuat bantingannya cukup keras, khususnya penumpang di baris kedua dan ketiga. Walaupun bantingan ini masih dalam kondisi wajar dan lebih empuk dibandingkan Rush generasi sebelumnya.

Sistem Hiburan

Duduk di bangku belakang sebagai penumpang memberikan kesempatan saya untuk mengeksplore kabin lebih banyak. Desain kabin sejalan dengan konsep yang ditawarkan. Tipe TRD Sportivo mendapat kabin dengan dual tone warna hitam dan putih.

Panel-panel di dasboard dibuat simpel terkonsentrasi di bagian tengah. Tombol AC ditampilkan dengan model digital. Headunit DVD AVX 7 inci sudah dilengkapi dengan internet, multitasking support, Bluetooth, iPod dan iPhone connectivity, weblink, dan smartphone remote app.

Suara audio ditunjang 8 speaker dengan power outlet untuk baris ketiga. Nah, kelengkapan ini jelas akan diperlukan saat Anda melakukan perjalanan jauh dengan keluarga.

Sistem Keamanan Lengkap

Nah, bicara sistem keamanan All New Rush pantas diacungi jempol. Rush baru dilengkapi dengan 6 airbags di depan dan samping. Oh ya, satu lagi, untuk pertama kalinya model di Toyota menggunakan seat belt warning untuk ke-7 penumpang. Biasanya pengingat ini hanya digunakan untuk pengemudi dan penumpang depan.

Baca Juga:  Kaca Film Konica Minolta Tidak Ganggu Sinyal HP di Mobil

Selain itu Rush juga dilengkapi solid vehicle stability control (VSC) yang memastikan kendaraan tidak understeering atau oversteering. Ada anti-lcok braking system (ABS), emergency brake signal (EBS), dan secured Hill-Start Assist (HSA) yang membuat Anda tak perlu khawatir mobil maju atau mundur saat berhenti.

Setelah menaruh barang di Hotel Grand Tjokro yang berlokasi di  Jalan Cihampelas kawasan Cipaganti, kami mengakhiri rangkaian test drive All New Rush hari pertama dengan menikmati sensasi hidangan di Rumah Makan Nasi Bancakan di Jalan Trunojoyo kawasan Bandung Wetan. Resto ini menawarakan daya tarik bagi para pengunjungnya berupa tradisi kuliner Sunda yang identik menggambarkan cara makan di kampung halaman Bandung “Zaman Tempo Dulu” yang terkesan jadul.

RAJU FEBRIAN

BERBAGI

Last Update

Akhir Pekan Minggu Pertama, IIMS 2018 Dipadati Pengunjung

JAKARTA, 22 April 2018 – Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 sudah memasuki hari ke-4. Pengunjung semakin ramai memadati...

Beli Glory 580 di IIMS 2018, DP Rp 5 Juta Dapat Cash Back Rp...

JAKARTA, 22 April 2018  -- DFSK Indonesia memberikan penawaran menarik bagi konsumen yang ingin membeli City SUV Glory 580 selama...

Suzuki Mulai Produksi New Ertiga di Cikarang

JAKARTA, 22 April 2018 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan produk terbarunya, All New Ertiga di ajang...

Weekend Seru dengan Beragam Aktifitas di IIMS 2018

JAKARTA, 21 April 2018 – Berbagai acara seru disiapkan selama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Terpusat di Center...

Ganti 370 Aki Mobil, Shop&Drive Pecahkan Rekor Muri

TANGERANG, 21 April 2018 – Shop&Drive menggelar acara Pemecahan Rekor Muri: Penggantian Terbanyak untuk Perempuan Indonesia yang bertajuk “Kartini On...