BERBAGI

JAKARTA, 18 November 2015 — Hujan sudah hampir setiap hari mengguyur kota Jakarta, meski intensitasnya belum terlalu sering. Ketika hujan alat yang paling vital membantu kita menerjang hujan adalah wiper. Jika wiper tidak bekerja secara maksimal tentu akan mengganggu pandangan. Nah, bagaimana merawat wiper agar tetap bekerja maksimal?

“Merawat wiper tidak perlu ke bengkel mobil, karena merawatnya sangat gampang sekali. Orang awam pun bisa merawat wiper,” kata Faisal Nasution, pemilik bengkel Anugrah PRM yang terletak di bilangan Lenteng Agung.

Kinerja wiper terlihat tidak maksimal ketika karet wiper mulai getas. Untuk menjaga agar tidak cepat getas dan memberikan hasil yang maksimal anda dapat melakukan tips tips berikut:

  1. Jangan membersihkan pinggiran karet wiper dengan kain kering. Karena pada pinggiran karet tersebut terdapat lapisan kimia untuk menjaga karet agar tidak cepat getas. Untuk membersihkannya cukup dengan kain kanebo.
  2. Ketika mobil tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, usahakan wiper diangkat.
  3. Ketika Anda berkendara dalam kondisi panas yang terik, atau ketika Anda parkir di bawah sinar matahari langsung, angkat wiper. Karena jika dibiarkan karet wiper akan ikut terkena panas dari kaca mobil sehingga cepat rusak
  4. Periksa air wiper secara berkala. Usahakan jangan membeli air wiper after market karena terdapat bahan yang dapat mengendap pada tabung penyimpanan air. Untuk membersihkannya anda cukup memberikan shampoo pada air.

Nah, itu tipsnya. Selamat mencoba.

TITO LISTYADI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI