Video Mitsubishi Evo Terkencang Sedunia

BERBAGI

ATHENA, 18 Juli 2017 – Mitsubishi Evo adalah nama atau sebutan mobil yang sudah mendunia. Sebenarnya nama itu adalah sebutan untuk Mitsubishi Lancer Evolution, tapi orang banyak menyingkat menjadi Lancer Evo, Mitsubishi Evo atau Evo saja. Sedan sport produksi Mitsubishi Motors ini basisnya Lancer biasa. Sampai sekarang sudah ada 10 versi resmi dan setiap modelnya ditandai dengan angka Romawi. Semua model menggunakan mesin turbo 2000 CC (2.0L) dengan sistem penggerak AWD.

Mobil ini dikenal buas kaena dibungkus oleh powertrain yang sangat bertenaga namun memiliki layout desain interior simpel saja. Dicintai oleh kalangan speed lovers, car enthusiast karena kecepatannya, juga disukai kalangan tuners karena mesin 4G63-nya  bisa dikorek sehingga menjadi mesin monster.

Baca Juga:  TVCI Ultah Ke-13 dengan Dorong Budaya Olahraga

Gara-gara itu, speed shop Extreme Tuners asal Yunani memodifikasi Mitsubishi EVO IX menjadi mobil EVO paling kencang sedunia. Mengalahkan EVO generasi VII, VIII atau IX dengan kemampuan sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 7,092 detik. Kecepatan maksimalnya di speed trap mencapai 298,26 km/jam. Darimana Evo tersebut bisa menghasilkan waktu dan kecepatan yang begitu fantastis untuk ukuran mobil seperti itu? Resepnya dari pemakaian turbo yang sangat masif.

Mesinnya sendiri dipangkas menjadi 1.8 liter, tapi dipasangi turbo berukuran 91 mm dengan impeller serat karbon. Rasio kompresi mesin naik menjadi 15,8:1 ditambah dengan connecting rod berkekuatan tinggi plus crankshaft tungsten dan katup titanium.

Baca Juga:  TVCI Ultah Ke-13 dengan Dorong Budaya Olahraga

Modifikasi pada mesin tersebut membuat Evo menghasilkan tenaga lebih dari 2000 hp dan putaran mesin sampai 13.000 rpm. Jadilah ia sebagai Mitsubishi Evo paling kencang di dunia.

EKA ZULKARNAIN

BERBAGI