BERBAGI
(Foto: V-Kool Indo Lestari)

JAKARTA, 17 Oktober 2015 – Masih banyak kesalahpahaman konsumen terkait kaca film, terutama soal tingkat kegelapan kaca film. Padahal tingkat kegelapan kaca film berpengaruh pada keamanan berkendara.

Sebenarnya ada panduan untuk mengukur tingkat kegelapan kaca film. Panduan tersebut dinamakan Visible Light Transmittance (VLT). Besaran VLT mengidentifikasian besaran cahaya yang masuk dalam kendaraan. Makin kecil nilai VLT, maka semakin terlihat gelap kaca film Anda.

Jadi mana yang lebih baik? Makin gelap? Sebaiknya pertimbangkan efeknya terutama saat mengemudi pada malam hari. Jika kaca dengan VLT kecil, memang cukup nyaman saat siang yang panas. Namun akan sedikit mengganggu saat malam karena membutuhkan konsentrasi ekstra lantaran kaca yang gelap.

“Ada perbedaan pandangan dan persepsi terkait kegelapan kaca film dengan konsumen,” terang Linda Widjaja, Vice President PT V-Kool Indo Lestari, produsen kaca film V-Kool. “Kita pakai VLT sementara konsumen mengartikan sebaliknya.”

Untuk kaca film mobil bagian depan disarankan menggunakan VLT 60% atau VLT 35 – 40%. Yang perlu diingat, nilai VLT ini tidak sama dengan nilai kegelapan kaca film. Memang umumnya di pasaran akan disebutkan nilai kegelapan kaca film tersebut, 20% , 40% , 60%, 80% untuk memudahkan pengertian bagi orang awam.

Berikut panduan spesifikasi kaca film berdasarkan VLT.

[table id=40 /]

ARIE PRASETYA

Berita Terkait:
Tingkatkan Pengetahuan, Kaca Film V-Kool Gelar Media Workshop

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI