Beranda Blogs Mobil Berumur? Jangan Termakan Iklan Menggunakan Radiator Coolant

Mobil Berumur? Jangan Termakan Iklan Menggunakan Radiator Coolant

BERBAGI

JAKARTA, 17 Februari 2016 – Anda pengguna kendaraan yang sudah berumur? Setiap hari hanya menggunakan air keran untuk mengisi radiator? Tak perlu khawatir. Ppastikan Anda tidak termakan iklan atau bisikan teman dengan menggantinya dengan radiator coolant atau cairan radiator. Kenapa?

Karena salah-salah bukan keuntungan yang Anda dapat malah menjadi awal petaka kerusakan pada mesin. Penyebabnya ada dua, kondisi mesin juga kandungan yang ada pada cairan radiator coolant.

Dari sisi mesin, biasanya posisi jalur air di silinder head kendaraan Anda sudah terjadi korosi atau karat akibat penggunaan air keran. Dan itu hal yang wajar. Sementara dari sisi radiator coolant, biasanya memiliki kandungan kimia untuk anti karat atau Anti Rush.

Kerusakan akan terjadi saat cairan tersebut digunakan otomatis akan mengikis karat yang ada pada jalur air silinder head mesin mobil. Karat-karat tersebut selanjutnya akan rontok menyisakan lubang antara jalur air dengan jalur aliran oli.

Akibatnya akan terjadi campuran air dan oli pada mesin mobil Anda. Dapat terlihat jelas saat Anda memeriksanya melalui dipstick oli, akan terlihat warna kecoklatan pada oli seperti warna kopi susu.

Jika hal ini terjadi dan Anda tidak sadari, gejala awalnya akan terjadi overheating atau temperature mesin naik pada indikator. Karena otomatis air radiator kosong karena semua masuk ke dalam mesin. Dan selanjutnya tentu mobil Anda akan mogok.

Tentunya Anda tidak ingin merogoh kocek lebih dalam karena hal-hal yang tak perlu seperti kejadian ini. Karena untuk memperbaikinya dibutuhkan langkah overhaul atau yang paling buruk adalah mengganti silinder head. Hal ini tidak berlaku untuk mobil keluaran terbaru karena memang sudah menggunakan radiator coolant sejak awal keluar dari dealer.

ARIE PRASTZ

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



BMW Tebet Menjadi Dealer BMW i Kedua

JAKARTA, 15 Desember 2017 - PT BMW Indonesia bersama PT Tunas Mobilindo Parama meresmikan layanan baru dealer yang sudah berpengalaman sejak 1987, yaitu BMW Tebet, Jakarta Selatan....

Volkswagen Polo GTI Mk6 Gunakan Mesin Lebih Bertenaga

MUENCHEN, 15 Desember 2017 – Setelah diperkenalkan pertama kali di Frankfurt Motor Show pada September lalu, Volkswagen Polo GTI Mk6 mulai...

Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...