Beranda Drives Jaguar XJ 3.0 Portofolio, Art of Convenience (Bagian 2)

Jaguar XJ 3.0 Portofolio, Art of Convenience (Bagian 2)

Mempersembahkan kenyamanan paripurna dibalik tampang berkarakter aristokrat.

BERBAGI

KENYAMANAN Jaguar XJ 3.0 Portofolio sangat memanjakan penumpangnya bak raja. Bukan hanya leluasa untuk beristirahat, jok belakang juga dapat digunakan untuk bekerja karena tersedia folding business table, lampu baca LED, drop-in footrest  dan electric side rear window blinds yang menjamin privasi Anda ketika bekerja dan tidak terlihat dari luar.  Dari posisi belakang pun Anda bisa mengatur temperatur AC 4 zona atau membiarkan fitur AC secara otomatis mengatur suhu yang tepat bagi Anda di dalam kabin.

Kenyamanan sebetulnya bukan hanya dipersembahkan oleh layout kabin, namun juga pemakaian material body yang seluruhnya terbuat dari alumunium sehingga membuat body mobil lebih kaku, lebih kokoh dan lebih ringan. Dengan menggunakan teknik bonding dan riveting yang dipakai oleh teknologi ruang angkasa, struktur body monokok yang 100 persen alumunium membuat struktur monokoknya tidak memiliki sambungan las.

Baca Juga:  Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

Perlu diketahui juga 50 persen material alumunium yang dipakai XJ adalah dari hasil daur ulang dan merupakan salah satu kendaraan paling ringan di kelasnya. Pemakaian material ini juga ikut membantu mobil menjadi lebih gesit jika kita mengingat bodinya yang panjang dan tentunya membuat lebih efisien bahan bakar.

Selain itu juga membuat performa pengereman menjadi lebih baik karena pengemudi tidak perlu effort mengerem yang lebih keras untuk menghentikan mobil saat melaju pada kecepatan tinggi.

Di bawah tatapan ratusan pengemudi mobil lain, kami terus menyelusuri jalanan Jakarta sampai beranjak malam hari dan lalu lintas mulai lengang. Kendaraan penggerak roda belakang ini kami besut menjelajah jalan tol yang mulai sepi. Terasa bertenaga dan responsif di setiap putaran, apalagi ketika  menggunakan mode Dynamic dan tuas transmisi ‘S’, mobil melesat agresif. Untuk menambah sensasi, kami membuka panoramic roof untuk menikmati langit Jakarta di malam hari.

Baca Juga:  Mercedes-Benz CLS 2019 Alami Perubahan Radikal

Melesat di jalan lurus kendaraan terasa stabil seperti mencengkeram ke aspal. Ketika memasuki tikungan cepat ke kiri di Jakarta Outer Ring Road (JORR), angkat pedal gas sedikit lalu biarkan masuk apex mobil seperti berbelok sendiri dengan mulus. Setir Electric Power Assisted Steering (EPAS) generasi terbaru memberikan feedback yang sangat baik setiap kali pengemudi memberikan input. Pabrikan mengklaim Jaguar XJ ini mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 5,9 detik dan memiliki top speed sampai 250 km/jam.

Tingkat kestabilan yang cukup tinggi ini ternyata didukung oleh fitur Adaptive Dynamic System yang dipadukan dengan suspensi udara yang mampu mengatur bantingan kendaraan sesuai dengan kondisi jalan. Ditambah lagi dengan fitur Dynamic Stability Control (DSC) yang bereaksi dengan sistem ketika sistem mendeteksi roda yang kekurangan traksi.

Baca Juga:  Mercedes AMG GLC 43 Coupe, Bold Move

Kami sempat istirahat di sebuah POM Bensin dekat Gedung Bidakara. Aah pantas saja jika penampilan mobil ini membuat seluruh mata menandang. Bentuknya sangat menonjol dengan karakter authoritative, elegan dan powerful. Bentuknya melandai pipih mengesankan kemewahan dan nilai sporty, menyerupai bentuk air mata (teardrop).

Pabrikan mengklaim bahwa bentuk itu untuk mengoptimalkan efisiensi aerodinamika, meningkatkan akselerasi, mengurangi resistensi udara dan meningkatkan efisiensi BBM dan emisi gas buang CO2.

Spesifikasi Jaguar XJ 3.0 Portofolio

Layout kendaraan: Sedan, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, RWD
Mesin: V6 24 valve DOHC 3.0L/ 340 hp @6500 rpm/450 Nm @ 3500 – 6500 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan
0 – 100 km/jam: 5,9 detik
Top speed: 250 km/jam
PxLxT: 5255 x 1900 x 1.460 mm
Wheelbase: 3157 mm
Kapasitas tangki BBM: 82 Liter
Rekomendasi BBM: Pertamax turbo

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Las-Lasan Salah, Bugatti Recall 47 Unit Chiron

PARIS, 13 Desember 2017 – Menyebut nama Bugatti kita tentu membayangkan mobil yang dibuat dengan ketelitian tinggi dan kemampuan mesin...

STNK Anda Hilang? Jangan Khawatir, Ini Cara Pengurusannya

JAKARTA, 13 Desember 2017 – Surat tanda nomor kendaraan atau STNK adalah hal yang paling penting bagi pengendara kendaraan baik...

KTB Fuso Training Guru dan Siswa SMK

JAKARTA, 13 Desember 2017 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), memberikan training otomotif bagi para guru dan siswa...

Volvo XC60 Sabet Gelar Japan Car of the Year 2017

TOKYO, 12 Desember 2017 -- Volvo XC60 menyabet gelar 2017-2018 Car of the Year Japan. Hasil ini sekaligus mengakhiri dominasi...
video

VIDEO: Iklan Honda Clarity PHEV

TOKYO, 12 Desember 2017 – Honda terus mengkampanyekan mobil-mobil ramah lingkungan mereka. Yang terkini adalah Honda Clarity PHEV (Plug-in Hybrid...