Beranda Updates Menyaksikan Proses Pembuatan Mesin Innova dan Fortuner

Menyaksikan Proses Pembuatan Mesin Innova dan Fortuner

BERBAGI
(Foto; Eka Zulkarnain/Carvaganza)

JAKARTA, 15 Januari 2016 – Kesempatan langka didapatkan Carvaganza, hari ini, Jumat (15/1). PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memberikan kesempatan mengunjungi fasilitas pembuatan mesin mobil Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner di Plant Sunter, Jakarta Utara.

Pabrik di Sunter ini khusus memproduksi mesin bensin Kijang Innova dan Fortuner. Sedangkan mesin diesel untuk keduanya didatangkan dari Thailand.

Mesin-mesin yang diproduksi di Plant Sunter ini diekspor ke lebih dari 10 negara di kawasan Asia, Afrika dan Amerika Latin. Selain memproduksi mesin bensin, Plant yang berada di bawah naungan TMMIN juga memproduksi mesin ethanol untuk diekspor ke Argentina dan Brasil. Mesin tersebut dikapalkan ke Argetina untuk dirakit pada pick-up Toyota Hilux dan dijual di Brasil.

Baca Juga:  Maserati Levante Masuk Indonesia, Harga Rahasia

Toermoedi Soejiargiono, associate director Sunter Plant, mengatakan bahwa 70 persen mobil Fortuner yang terjual di Indonesia selama 2015, mesinnya dihasilkan dari Sunter Plant. “Untuk Kijang innova, 30 persen mobil Kijang Innova yang terjual di Indonesia selama periode yang sama, mesinnya diproduksi di sini,” katanya.

Pada kesempatan plant visit tersebut, Carvaganza juga mendapat kesempatan melihat langsung casting block mesin. Api yang panasnya mencapai 1500 derajat Celcius dituangkan ke dalam cetakan-cetakan yang terbuat dari pasir. Pasir tersebut diimpor langsung dari Australia dan memiliki kemampuan tahan panas sampai 1800 derajat Celcius.

Tuangan besi cair panas itulah yang pada akhirnya membentuk blok mesin yang dipakai oleh Kijang Innova dan Fortuner setelah terlebih dulu melalui proses yang cukup rumit.

EKA ZULKARNAIN

Baca Juga:  Lexus Indonesia Genap 10 Tahun, Ini Rahasianya

Berita Terkait:
Toyota Indonesia Ekspor Lebih 176 Ribu Mobil

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Ini 3 Keunggulan Beli Mobil di momobil.id

JAKARTA, 17 Desember 2017 – Situs jual beli mobil bekas di Tanah Air sudah cukup banyak. Kini PT Adira Dinamika...

Adira Finance Perkenalkan Situs Jual Beli momobil.id

JAKARTA, 15 Desember 2017 -- Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira...

Toyota Avanza, Mobil Bekas Terbaik Versi OLX

JAKARTA, 16 Desember 2017 – Toyota dan Toyota Avanza menjadi dua nama yang paling dicari para calon pembeli mobil bekas....

Honda Honda Freed Modulo X, Tampil Agresif

TOKYO, 16 Desember 2017 – Multi Purpose Vehicle (MPV), Honda Freed, tetap menjadi favorit di Jepang. Honda melansir Honda Freed...

Servis Berkala di Auto2000 Dapat Oli Mesin TMO Gratis

JAKARTA, 16 Desember 2017 -- Anda pemilik mobil Toyota yang rutin menjalani servis berkala di workshop Auto2000, kini ada reward...