Beranda Drives Kencan Singkat dengan Suzuki Jimny

Kencan Singkat dengan Suzuki Jimny

BERBAGI

JAKARTA, 14 November 2017 – Menyebut nama Jimny, memang sulit melepaskannya dari Suzuki. Kedua nama ini, Suzuki dan Jimny, sudah identik. Apalagi jika bukan karena sejarah panjang dan kemampuan off-roadnya yang diakui.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memboyong Suzuki Jimny di ajang GIIAS 2017 lalu. Penggemar Suzuki tanah air banyak yang bernostalgia. Tampilan retronya mengingatkan kita pada jip yang terkenal di era 1970 hingga 1990-an. Yup, secara tampilan Jimny memang masih mirip-mirip generasi dulunya.

Suzuki Jimny berkelir putih yang Carvaganza coba ini memiliki desain kotak. Bodinya kompak dengan panjang 3.695 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.705 mm. Velg menggunakan “kaleng” yang memberikan kesan lawas. Ciri lain, yang kini sebagian besar mobil tak lagi menggunakannya, adalah penempatan ban cadangan yang “bertengger” di bagian pintu belakang.

Jimny yang diboyong Suzuki sebenarnya masih generasi ketiga. Beberapa bagian sudah dibuat lebih modern. Selain untuk mengikuti selera konsumen jaman now juga untuk menjaga Jimny tetap eksis di antara persaingan SUV kecil lainnya. Pada bagian depan, desain headlamp hologen yang dibuat minimalis berbentuk bulat lengkap bersama foglamp yang juga berdesain sama. Kemudian aero scoop pada kap mesin, rail roof rack, serta garis pada gril yang dirancang ulang dengan sentuhan baru dari generasi sebelumnya.

Baca Juga:  Inilah Harga Resmi Suzuki SX4 S-Cross Facelift 2017

Kemampuan Suzuki Jimny sebagai mobil dengan kemampuan off-road terlihat dari kaki-kakinya yang tinggi khas SUV. Dengan ground clearance 190 mm serta ban profil tebal disiapkan untuk menghadapi jalanan tidak rata. Suzuki tetap mempertahankan model tiga pintu, termasuk pintu belakang yang dibuka ke samping.

Gaya sederhana dan jadulnya juga teraplikasi pada pintu. Anda masih harus menggunakan kunci secara manual. Tak ada remote seperti kunci-kunci mobil terbaru.

Bagian kabin juga hadir sederhana. Pengaturan sebagian besar masih dilakukan secara manual seperti jok, kemudi, hanya jendela yang sudah bisa dibuka dan ditutup secara electric. Sederhana juga terlihat dari tampilan dashboard dan tombol-tombol pengaturannya.

Saat kunci kontak diputar, suara mesin 1.328 cc empat silinder yang terpasang terdengar cukup halus. Oh ya, Suzuki Jimny ini sudah menggunakan persneling otomatis 4 percepatan. Begitu persneling dimasukkan ke posisi “D” mobil meluncur mulus. Suzuki menyebut mesin ini memiliki daya maksimum 82 ps pada 5500 rpm dan torsi 110 Nm pada 4500 rpm.

Baca Juga:  VIDEO: Lamborghini Lansir Teaser Uji Coba SUV Urus

Mobil ini memang bukan untuk mereka yang menyukai kecepatan. Dengan mesin 1,3 liter, Suzuki Jimny adalah “pejalan santai”. Tapi jangan salah, Suzuki Jimny dilengkapi dengan pilihan sistem pengerak yang lengkap untuk menjelajah segala medan. Carvaganza memang hanya menjajal mode 2WD tidak sempat mencoba mode 4WD atau 4WD-L yang biasa digunakan untuk jalanan berat. Pergantian antar mode cukup dilakukan dengan menekan tombol di tengah dashboard Hal ini bisa dilakukan di kecepatan 20 km/jam.

Bodinya yang kecil dan kompak cukup menguntungkan karena lincah diajak bermanuver di jalanan kecil. Kemudi ringan berkat fitur electronic power steering (ESP), meski body-roll masih cukup terasa.

Apalagi Jimny menggunakan suspensi 3 link rigid axle with coil yang merupakan sistem suspensi dasar kendaraan off-road. Jadi jangan berpikir Anda merasakan “nyaman” seperti saat mengendarai MPV atau bahkan sedan. Suzuki menawarkan dua warna yaitu Superior White dan Bluish Black 3. Suzuki hanya menawarkan satu varian Jimny yaitu Jimny 1.3 AT yang dibanderol seharga Rp 285 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga:  Suzuki Swift Bermesin Dualjet Segera Masuk Thailand

Dari kencan singkat ini, jelas jika Anda harus “tahu” dan “mengerti” Suzuki Jimny untuk bisa mencintainya. Cobalah untuk jadi anti-maintream sehingga Anda benar-benar tahu legenda dan sejarah panjang yang dibawanya. Jika tidak, Anda hanya akan melihatnya sebagai sebuah mobil.

Spesifikasi Suzuki Jimny:

Dimensi
Panjang: 3,695 mm
Lebar: 1,600 mm
Tinggi: 1,705 mm
Jarak Poros Roda: 2,250 mm
Jarak Terendah: 190 mm
Radius Putar Minimum: 4.9 m

Mesin
Jenis: M13A
Isi Silinder: 1,328 cc
Jumlah Katup: 16
Jumlah Silinder: –
Diameter x Langkah: 78.0 mm x 69.5 mm
Perbandingan Kompresi: –
Daya Maksimum: 82 ps/5500 rpm
Momem Puntir Maksimum: 110 Nm/4500 rpm
Sistem Bahan Bakar: Injection
Transmisi: 4-speed automatic

Berat
Berat Kotor: 1,420 Kg
Rangka: –
Sistem Kemudi: EPS
Suspensi Depan: 3 Link-rigid,Coit Spring with Torsion Bar
Suspensi Belakang: 3 Link-rigid,coil spring
Rem Depan: Disc [Solid]
Rem Belakang: Drum
Ukuran Ban: 205/70 R15
Kapasitas Tempat Duduk: 5 Orang
Tangki Bahan Bakar: 40 Liter

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Volkswagen Virtus, Polo Versi Sedan

JAKARTA, 17 November 2017 -- Setelah hatchback Volkswagen Polo generasi baru (Mk6), kini hadir Polo versi sedan. Model yang diberi...

Mitsubishi Fuso Gelar Konser Bersama Iwan Fals di 10 Kota

JAKARTA, 17 November 2017 -- PT Mitsubishi Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia, menggelar...

Daihatsu Lansir Teaser All New Terios 2018, Meluncur 23 November

JAKARTA, 17 November 2017 – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga telah memulai kegiatan promosi mereka untuk All New Terios...

Toyota Rush Baru Meluncur Kamis Depan, Jadi baby Fortuner?

JAKARTA, 17 November 2017 – Toyota Rush baru dipastikan akan meluncur di Indonesia. Kepastian ini didapatkan setelah undangan resmi PT...

Pecinta Mitsubishi Mirage Peduli Kasih

JAKARTA, 17 november 2017 -- Komunitas pecinta Mitsubishi Mirage yang tergabung dalam Indonesia Mirage Club (IMEC) mengisi akhir pekannya dengan...