Beranda Updates UD Electric Demonstrator, Menatap Masa Depan dengan Teknologi Listrik

UD Electric Demonstrator, Menatap Masa Depan dengan Teknologi Listrik

BERBAGI
(Foto: Arie Prasetya/Carvaganza)

JAKARTA, 12 November 2015 — Pabrikan truk asal Jepang yang tergabung dalam Volvo Group, UD Trucks, menjawab masa depan dengan menciptakan truk bermesin listrik. Diberi nama UD Electric Demonstrator, truk konsep kelas medium duty ini, tampil di Tokyo Motor Show (TMS) 2015 baru-baru lalu.

“Kami menciptakan truk yang fokus dalam hal efisiensi yang cocok untuk sebuah bisnis. Dengan selalu mengedepankan ‘Go the Extra Mile’ maka kami mencoba membuat truk bertenaga listrik untuk masa depan,” ungkap Nobuhiko Kishi selaku Vice President UD Trucks Brand and Product Line Management kepada Carvaganza.

UD Electric Demonstrator dikembangkan oleh tim internasional gabungan tenaga ahli UD Trucks dari Jepang, Swedia dan Perancis. Mesin diesel yang biasanya menjadi andalan varian-varian UD Trucks diganti dengan mesin listrik berdimensi kompak dan berbobot ringan. Dikombinasikan dengan sistem transmisi 2-speed AMT, memiliki performa setara dengan mesin diesel 5.0 liter dengan keluaran tenaga 200 hp dan 420 Nm.

Untuk memaksimalkan tenaga baterai, beberapa modifikasi dilakukan, langkah ini umum dilakukan pada kendaraan listrik. Seperti memanfaatkan kinerja pengereman melalui kehadiran motor elektik yang dapat mengubah energi kinetic menjadi energi listrik. Tak ketinggalan adalah hadirnya electro-hydraulic pump pada sistem kemudi dan juga penggunanan lampu LED.

Selain urusan efisiensi, UD Truck juga mengedepankan sisi pengendaraan dan juga kenyaman pada UD Electric Demonstrator. Posisi dua buah baterai seberat masing-masing 250 kg ditempatkan di bagian tengah kendaraan. Posisi ini mereka klaim memiliki beberapa keuntungan karena memiliki keseimbangan bobot kendaraan dan juga dapat mereduksi getaran.

UD Trucks mengklaim bahwa sistem pengisian baterai bisa dilakukan dengan cara quick charge dalam waktu 1 jam dan selanjutnya dapat digunakan untuk perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 80 km. UD Electric Demonstrator disebut-sebut memiliki tiga keunggulan utama yakni bebas emisi gas  buang, tidak berisik saat beroperasi dan kapasitas kargo maksimal.

ARIE PRASETYA (TOKYO)

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...

Ganti Oli dan Servis Ringan Portable dari Pertamina Lubricants

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Dalam rangka ulang tahun PT Pertamina ke-60, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Pertamina Lubecare Mobile Service....

PLN Siap Dukung Kendaraan Listrik BMW

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- BMW Indonesia bekerjasama dengan PLN Disjaya dalam pengembangan kendaraan masa depan yang menggunakan teknologi listrik...
video

Waduh, Fiat Punto Dapat No Bintang di Euro NCAP

ROMA, 14 Desember 2017 – Berita mengejutkan dilansir European New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Badan yang melakukan uji keselamatan...