Beranda EDITOR'S PICKS Abbey Menjadi Hantu Bagi Pembalap

Abbey Menjadi Hantu Bagi Pembalap

BERBAGI
Foto: Formula1.com

JAKARTA, 12 Juli 2016 – Tikungan Abbey Sirkuit Silverstone di GP Inggris, hari Minggu (10/7) kemarin, sangat menyita perhatian. Menurut saya, Abbey adalah bintang race day. Tikungan pertama selepas garis start/finish tersebut cukup licin akibat guyuran hujan, dan hampir saja menggagalkan usaha Lewis Hamilton, Kimi Raikkonen, Sebastian Vettel, Max Verstappen untuk menjadi juara atau pun finish balapan. Dari 22 pembalap yang turun, hanya Nico Rosberg, Nico Hulkenberg, Esteban Gutierrez dan Felipe Nasr yang tidak merasakan licinnya tarmac Abbey.

Subscribe Now!

Tikungan Abbey seolah-olah menjadi hantu hari itu. Tikungan ke kanan ini bisa dilibas dengan kecepatan 280 km/jam tanpa harus menginjak rem selepas lima lampu start padam atau setelah para pembalap melibas Club, tikungan terakhir ke kanan, pada kecepatan 226 km/jam pada gigi 4. Duet Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wherlein adalah dua pembalap yang tidak melanjutkan balapan karena melintir di Abbey. Kimi, Vettel, Verstappen dan Lewis Hamilton juga nyaris ‘terbunuh’.

Balapan hari itu dimulai dimbelakang Safety Car (SC) selama enam lap. Start dari belakang safety car, Lewis Hamilton mendominasi jalannya balapan dari awal sampai akhirnya menjadi juara dengan selisih tujuh detik dengan Rosberg. Hamilton dengan mulus memenangi GP Inggris untuk keempat kalinya dengan hambatan kecil di Tikungan Abbey, di mana mobilnya nyaris saja spin karena permukaan lintasan yang licin.

Baca Juga:  F1: Unggul 57 Poin dari Vettel, Hamilton Bisa Juara di Austin

12072016-Car-GPInggris_05

Hamilton pun terlihat tidak sabaran karena menurutnya safety car melaju terlalu pelan sehingga Ia mencemaskan suhu ban tidak mencapai pada titik yang tepat. Bahkan sebelum lima lap di belakang SC, Ia nyaris saja menabrak SC di Copse.

GP Inggris 2016 tampaknya juga memperuncing perseteruan antara Lewis Hamilton dengan rekan satu timnya di Mercedes, Nico Rosberg. Lewis keluar sebagai juara GP Inggris untuk keempat kalinya (3 kali di antaranya secara berturut-turut), sedangkan Nico Rosberg finish kedua, namun karena terkena hukuman 10 detik posisi runner-up diambil oleh Max Verstappen yang finish ketiga.

Hamilton memimpin selepas start, diikuti Rosberg dan duo Red Bull, Verstappen dan Daniel Ricciardo ketika permukaan trek basah diguyur hujan. Setelah SC mengakhiri tugasnya di lap keenam, sejumlah pembalap langsung masuk pit mengganti ban intermediate. Di antaranya Kimi Raikkonen, Valteri Bottas, Carlos Sainz, Nico Hulkenberg, Fernando Alonso, Pascal Wehrlein dan Romain Grosjean. Pada saat itu Hamilton memimpin di atas Rosberg dengan selisih 4 detik.

Baca Juga:  F1: Menang di Suzuka, Hamilton Buka Peluang Juara Dunia 2017

12072016-Car-GPInggris_06

Satu lap kemudian, masuk Ricciardo, Felipe Massa, Daniil Kvyat, Jenson Button, Jolyon Palmer dan Rio Haryanto. Ricciardo rejoin dengan jarak yang sangat dekat dengan Button dan pembalap Red Bull tersebut tak lama kemudian duel dengan Kimi Raikkonen. Wehrlein masuk ke gravel di Abbey karena lintasan licin sehingga stewards memutuskan virtual safey car.

Pada lap ke-8, Hamilton dan Rosberg masuk mengganti ban dengan intermediate. Valteri Bottas melintir di lap sembilan ketika ditempel oleh Nico Hulkenberg dari tim Force India.

Duel paling seru sepanjang balapan adalah antara Max Verstappen (Red Bull) dengan Rosberg (Mercedes). Verstappen sukses menyalip  Rosberg dari bagian luar pada saat kondisi trek masih sangat tricky, tapi disusul lagi oleh Rosberg di kondisi trek yang kering. Rosberg juga sempat mengalami disfungsi transmisi gigi tujuh di lap-lap terakhir, namun jarak Verstappen agak jauh sehingga tak bisa mengambil keuntungan dari kondisi yang dialami putra Keke Rosberg tersebut.

12072016-Car-GPInggris_08

Gara-gara masalah tersebut, Rosberg dipanggil oleh stewards dan dibawah penyidikan stewards karena mendapat instruksi dari engineernya agar perpindahan transmisinya dari enam langsung kedelapan. Setelah balapan, stewards mengganjarnya hukuman 10 detik, sehingga posisinya turun ketiga, dan Verstappen naik ke posisi finis kedua.

Baca Juga:  F1: Menang di Suzuka, Hamilton Buka Peluang Juara Dunia 2017

Sebastian Vettel dari tim Ferrari sepanjang balapan tidak mampu memberikan perlawanan berarti. Ia finish kesembilan di bawah Kimi Raikkonen yang finish kelima. Juara dunia asal Jerman itu sempat mencatat fastest lap dengan ban slick, namun spin karena melindas lintasan basah di Abbey. Vette masih bisa selamat, tapi spin lagi pada saat melewati Farm.

Kimi Raikkonen juga nyaris spin di Abbey dengan ban slick namun terselamatkan dan bisa melanjutkan balap. Hal yang sama juga dialami Sergio Perez dan Carlos Sainz. Ya, Abbey menjadi bintang hari itu yang nyaris membunuh usaha para pembalap papan atas. Kalau saja balapan kering total, mungkin nasib akan berbicara. Tapi balapan berlangsung basah – kering dan hasilnya Lewis Hamilton menjadi juara.

Berikut hasil balapan GP Inggris, Minggu (10/7) sebelum Rosberg terkena hukuman 10 detik.

10072016-Car-GPInggris_04

EKA ZULKARNAIN

Berita Terkait:
Rosberg Kena Penalti dan Turun Posisi, Mercedes Ajukan Banding
Menangi GP Inggris 4 Kali, Hamilton Kejar Rekor Clark dan Prost
Hattrik di GP Inggris, Hamilton Dekati Poin Rosberg
Lewis Hamilton Cetak Hattrik di GP Inggris
Rio Haryanto dan Pascal Gagal Lanjutkan Race

BERBAGI



Ini Cara Menghilangkan Hewan Pengerat di Mobil Anda

JAKARTA, 21 Oktober 2017 - Banyak orang yang merasa heran dengan mobil yang tiba tiba rusak meski di parkir di dalam garasi yang tertutup...

NexDrive Special Promo di Mazda Power Drive 2017

JAKARTA, 20 Oktober 2017 -- NexDrive, TV berlangganan mobil pertama di dunia yang menggunakan teknologi DVB-T2 Diversity ikut meramaikan Mazda...

Makin Sadis, Porsche 718 GTS Cayman dan Boxster

MUENCHEN, 20 Oktober 2017 – Porsche memperkenalkan dua keluarga terbarunya yaitu 718 Boxster GTS dan 718 Cayman GTS. Keduanya menawarkan...

Satu Lagi Mobil Futuristik Toyota untuk TMS 2017

TOKYO, 20 Oktober 2017 – Tokyo Motor Show (TMS) 2017 pada 25 Oktober – 5 November mendatang, juga dimanfaatkan Toyota untuk...

Land Rover Pusing dengan Mobil Tiruan Asal Cina

BEIJING, 20 Oktober 2017 – Ada yang mengatakan imitasi adalah bentuk sanjungan yang paling tulus. Tentunya tidak semua setuju dengan...