Beranda Drives Audi A3 Sportback, Young Athlete

Audi A3 Sportback, Young Athlete

Dengan dimensi yang kompak, Audi menawarkan sejuta sensasi berkendara setiap incinya

BERBAGI
(Foto-foto: Mulki Prihandoko/Carvaganza)

AUDI A3 SPORTBACK pertama kali diluncurkan untuk pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Which means belum lama dijual di Indonesia. Mata saya langsung tertahan beberapa saat ketika pertama kali melihat mobil ini.

Bagaimana tidak, Audi memadukan desainnya yang khas dibalur dengan warna kuning terang yang sangat eye catching. Tapi melihat Audi A3, saya tak bisa melepas bayangan saya dengan kakak-kakaknya seperti Audi A4, A6, bahkan si besar Q7.

Bayangan tersebut menempel karena desain eksterior dari A3 sangat mirip dengan model-model tersebut, hanya saja dimensi A3 yang lebih kecil dibandingkan dengan model lainnya. saya juga melihat sedikit keunikan dari desain eksteriornya terutama di bagian buritan. Bagian belakangnya sedikit berbeda dari hatchback kebanyakan, karena bagian belakangnya sedikit memanjang seperti station wagon. Tapi ya, tidak sepanjang station wagon sih.

Lampu-lampu berteknologi LED sudah tersemat dari headlamp hingga rearlamp. Menariknya, turning signal bagian belakang sudah dilengkapi dengan teknologi Sequential Turning Signal. Teknnologi tersebut sebelumnya sudah digunakan pada Q7.

Sekarang kita beralih ke bagian interior. Sekujur interiornya bernuansa hitam dengan sedikit sentuhan warna silver dibeberapa bagian seperti trim, dashboard dan keliling kisi-kisi AC yang berbentuk lingkaran. Di bagian tengah dashboard terdapat layar berukuran 8,3 inci. Memang belum touch screen, tapi uniknya layar tersebut bisa di masukkan kedalam dashboard hanya dengan menekan tombol dibawah kisi-kisi.

Layar tersebut dapat menampilkan informasi tentang A3 Sportback tersebut, entertainment hingga navigasi. Untuk menghubungkan dengan smartphone anda bisa dengan fitur bluetooth. Pengaturan audio pun bisa dilakukan dari stir. Meski masih menggunakan speaker standar dari Audi, kualitas audio ketika memutar musik kesayangan dari smartphone anda pun sangat enak. Dentuman bass dan kualitas vokal yang dihasilkan sangat nyaman di telinga.

Selain fitur tersebut, Audi menyematkan sebuah fitur unik yaitu pemanas spion. Fitur tersebut dapat digunakan untuk mengusir embun yang ada di spion anda ketika berkendara di malam hari dengan kondisi hujan. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, saya hanya tinggal memutar kenop ke kanan yang menyatu dengan pengaturan spion dan melipat spion.

Oke, cukup dengan fitur dan interiornya. Menurut saya, yang paling menarik dari mobil ini adalah mesinnya. Memang diatas kertas mobil ini tertulis dibekali dengan mesin 1200 cc TFSi. Mesin tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi turbocharger. Sesuai dengan brosur yang diberikan, mobil ini memiliki tenaga 110 hp pada 4.600-5.600 rpm dan torsi 175 Nm pada 1.400-4.000 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis S-tronic dual clutch 7-kecepatan.

Saya pun mencoba untuk menjajal performa mobil ini. Saya pun memulainya dengan mengkick-down pedal gasnya. Memang tendangan tenaganya tak terlalu buas, tapi menurut saya akselerasinya cukup cepat. Angka 100 km/jam pun bisa saya dapatkan dengan mudah. Memang, Audi mengklaim jika mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam.

Nah ketika saya menjajal akselerasinya secara perlahan, tenaganya terisi mengikuti setiap injakan pedal gas. Sampai saya pun tak merasa jika jarum speedometer sudah mencapai 140 km/jam. Ketika saya ingin memindahkan gigi secara manual saya bisa melakukannya dengan menggunakan ppaddle shifter dibalik kemudi.

Balutan kulit pada kursi dan stir semakin membuat nyaman ketika mengendarai mobil ini. Oh ya, saya pun dapat mengatur posisi kursi dengan mudah karena adanya pengaturan elektrik 8 arah. Ketinggian dan dekat jauhnya stir pun dapat disesuaikan dengan gaya mengemudi kita melalui fitur tilt & teleskopik. Di bagian stir tak hanya terdapat tombol pengaturan audio, tapi saya juga dapat mengatur beberapa informasi pada layar MID di dashboard.

Saya pun penasaran untuk duduk di kursi baris kedua. Kursinya bisa saya bilang nyaman tapi memang posisi sandaran tak bisa diatur sudutnya karena memang tidak ada fitur reclining di bagian belakang.

Menurut saya, mobil seharga setengah Miliar ini sangat cocok untuk siapapun yang gemar mengemudi tapi ingin menggunakan mobil yang memiliki daya tarik.

Spesifikasi Audi A3 Sportback

Layout : Hatchback, 5-pintu, 5-penumpang, mesin depan, FWD
Mesin : bensin 1.2 TFSI I-4 Turbocharger 110 hp @4600-5600 rpm/ 175 Nm @1.400-4.000 rpm
Transmisi : A/T 7-Kecepatan S-Tronic Dual Clutch
Wheelbase : 2.636 mm
P x L x T : 4.313 x 1.785 x 1.426 mm
Bobot kosong : 1.150 kg
Kapasitas Tangki bbm : 55 Liter
Rekomendasi bbm : Ron 98

TITO LISTYADI

BERBAGI

Last Update

Kenapa Warna Ikon Model Yaris Terbaru Kuning?

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Pada peluncuran Toyota New Yaris hari Selasa kemarin (20/2) ada dua warna mobil Yaris teranyar...

Cuma Kosmetik Doang? Begini Penyempurnaan di Toyota New Yaris

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Persaingan segmen hatchback memang tidak sepanas multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV)....

Honda Civic Nouva Community Selenggarakan Gathnas ke-5 di Semarang

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Honda Nouva Community Indonesia (HNCI), salah satu komunitas mobil senior dengan member yang cukup banyak,...

Mazda CX-5 TOURING Harganya Tak Sampai Rp 500 Juta

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Mazda CX-5 menjadi satu dari tiga andalan utama penjualan Mazda di Indonesia. Dua lainnya adalah...

TAC Jakarta dan TAC Tangerang Raya Gelar Kopdargab Perkuat Silaturrahmi

TANGERANG, 18 Februari 2018 – Setelah sekian lama tidak menggelar kopi darat (kopdar) gabungan, Toyota Agya Club (TAC) Jakarta dan...