Beranda EDITOR'S PICKS Mengenal Sosok Suzuki New Ertiga

Mengenal Sosok Suzuki New Ertiga

Perubahan dilakukan Suzuki tak hanya dari sisi eksterior dan interior, namun juga pada sektor mesin.

BERBAGI
(Foto-foto: Raju Febrian/Carvaganza)

JAKARTA, 11 September 2015 –Jika Anda melihat Suzuki New Ertiga di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu, mungkin Anda berpikir, “Ah, apa yang berubah?”. Jangan salah, Low Multi Purpose Vehicle milik Suzuki itu benar-benar baru.

Makmur, 4W Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengatakan New Ertiga bukan minor change atau facelift. “New Ertiga benar-benar baru dengan perubahan yang dilakukan,” katanya.

Buktinya? Ada tak kurang 30 perubahan, 10 di antaranya perubahan besar, yang dilakukan Suzuki pada New Ertiga. Perubahan itu dilakukan baik di eksterior, interior, bahkan mesin. Perubahan-perubahan tersebut, kata Makmur, dilakukan atas masukan dari konsumen.

Inilah kemudian yang membuat Suzuki baru ini mengusung tagline “Makin Mengerti”. New Ertiga tampil dengan bentuk eksterior yang lebih segar dan stylish, interior yang kian mengakomodasi tujuh penumpangnya, serta performa mesin yang makin meningkat dan hemat BBM.

11092015-Car-Suzuki_Ertiga_03

Eksterior

Dari tampilan luar penyegaran dilakukan Suzuki pada beberapa bagian. Lampu depan dan kap mesin masih sama. Yang baru adalah bumper depan dan sepuhan krom pada grill depan. Bezel atau rumah lampu kabut tampil baru juga dengan aksen krom.

Baca Juga:  Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

Di bagian smaping, cover Kaca spion kini sewarna dengan bodi dan sudah bisa dilipat secara elektrik. Hal ini memudahkan parkir di lokasi yang sempit.

Di bawah kaca spion kini ditempatkan lampu sein kecil. Sedangkan ban sudah ditemani New Alloy Wheel. 

Bergeser ke belakang, ada New Rear Bumper dan New Chrome Back Door Garnish. Tak kalah penting ada tambahan dua New Parking Censor yang disempatkan di bagian belakang. Sensor parkir ini menjadi fitur standar.

11092015-Car-Suzuki_Ertiga_04

Interior

Sekarang kita lihat bagian kabin. New Ertiga semakin segar dan gaya dengan adanya New Pattern Fabric Material seat and Trim Door. Penggunaan warna baru juga dilakukan pada Carpet Floor, tuas persneling (Gear Shift), rem tangan (Hand Brake) dan Luggage Under Box yang kini berkelir Dark Grey. Warna ini lebih gelap dari generasi sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari cepat kotor.

Memang Ertiga tak hadir dengan interior wah seperti AC digital atau tombil push and stop untuk menghidupkan mesin.

Setidaknya kini desain baru pada audio head. Ada penambahan Accessories Socket pada bagian belakang Console Box pada baris ke-2. Kursi baris ketiga dapat di-split 50:50 sehingga kapasitas bagasi belakang lebih besar.

Baca Juga:  10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

Terakhir, untuk keamanan ada fitur Auto Up Window Driver Side With Safety Sensor. Fitur ini mengantisipasi penumpang terjepit saat jendela ditutup.

11092015-Car-Suzuki_Ertiga_05

Performa

Untuk urusan performanya, New Ertiga masih mengandalkan mesin K14B DOHC 4 silinder berkapasitas 1.400cc. Mesin ini sudah dilengkapi teknologi Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain dan Drive by Wire Technology.

Nah, seperti yang sudah disinggung di awal, Suzuki melakukan banyak perubahan pada mesin New Ertiga. Dony Saputra, Head of 4W Product Development PT. SIS mengatakan perubahan antara lain dilakukan pada kompresi, penggantian head aluminium menjadi head resin, perubahan desain squish di ruang bakar.

Perubahan juga dilakukan pada sistem pendinginan, mengubah durasi exhaust cam, mengubah diameter klep keluar dan masuk, mengubah sistem piston dom, dan terakhir memodifikasi ECM (Electronic Control Module).

Output mesin baru ini memang kemudian turun 95 PS ke 92 PS. Tapi kompensasinya mesin kini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Apalagi New Ertiga tetap mengandalkan penggerak roda depan (front wheel drive).

11092015-Car-Suzuki_Ertiga_06

Keamanan dan Keselamatan

Baca Juga:  New McLaren Senna, Mobil Jalanan Paling Ekstrem

Sebagai mobil keluarga, Suzuki memperhatikan soal keamanan di New Ertiga. Perangkat Airbag yang terdapat pada Dashboard & Steering Wheel kini hadir di seluruh tipe. Sabuk pengaman tersediri untuk seluruh 7 kursi yang ada. Lalu, disematkan Child Proof Rear Door Locks pada pintu belakang. Tak ketinggalan fitur Sistem Keyless Entry dan Sistem Immobilizer (mobil tidak dapat dinyalakan tanpa kunci asli).

Suzuki menghadirkan 7 varian warna pada semua tipe dengan warna terbaru Snow White dan Lilac Grey ditambah warna lainnya yaitu Cool Black, Silky Silver, Burgundy Red, Radiant Red dan Graphite Grey.

Varian dan harga New Ertiga On The Road (OTR) wilayah Jabodetabek:

– New Ertiga GA: Rp 179,000,000
– New Ertiga GL M/T: Rp 195,500,000
– New Ertiga GL A/T: Rp 208,000,000
– New Ertiga GX M/T: Rp 203,900,000
– New Ertiga GX A/T: Rp 216,500,000

Secara keseluruhan, Suzuki New Ertiga memiliki semua jawaban untuk sebuah mobil pilihan keluarga. Nah, bagaimana rasanya mengemudkan mobil ini? Simak laporan test drive Carvaganza selama dua hari ke Cirebon selanjutnya.

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



BMW Tebet Menjadi Dealer BMW i Kedua

JAKARTA, 15 Desember 2017 - PT BMW Indonesia bersama PT Tunas Mobilindo Parama meresmikan layanan baru dealer yang sudah berpengalaman sejak 1987, yaitu BMW Tebet, Jakarta Selatan....

Volkswagen Polo GTI Mk6 Gunakan Mesin Lebih Bertenaga

MUENCHEN, 15 Desember 2017 – Setelah diperkenalkan pertama kali di Frankfurt Motor Show pada September lalu, Volkswagen Polo GTI Mk6 mulai...

Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...