Beranda EDITOR'S PICKS Test Drive: Land Rover Discovery Sport, The Urban Mud Traveller

Test Drive: Land Rover Discovery Sport, The Urban Mud Traveller

Jangan pernah menghindari jalanan tanah, lindas saja. SUV premium ini akan tetap meladeni.

BERBAGI

ALL-NEW Land Rover Discovery Sport tak hanya dirancang sebagai SUV urban untuk kenyamanan dan fungsi harian semata, tapi ia juga tetap mempertahankan kapabilitas mengarungi medan off-road yang menjadi ciri khas Land Rover lain. Landy Disco telah sukses dalam mengombinasikan desainnya yang kekinian dengan kemampuan old-school yang menjadi ciri khas tradisionalnya.

Sudah menjadi fakta ketika berpindah ke tangan konsumen pada umumnya Disco lebih berperan sebagai ‘penjelajah’ perkotaan, padahal ia memiliki sejarah ‘lumpur’ yang panjang. Jika Anda membeli mobil ini dan sesekali ingin mengajaknya bermain di daerah perkebunan kelapa sawit milik Anda, tak perlu ragu-ragu. Terrain Response System membuat kendaraan pandai menari di atas jalanan tanah.

Disco Sport dirilis untuk menggantikan LR2 dan untuk melengkapi Evoque, yang nota bene lebih fashionista. Pasalnya, antara Disco dan Evoque memang berbagi komponen mekanis. Perbandingannya bukan dengan Evoque, namun dengan SUV compact premium sekelasnya.

Baca Juga:  Lexus RX L, Akhirnya Punya Pilihan 7 Kursi

11032016-Car-Land-Rover-Discovery_05

Discovery Sport yang kami coba adalah tipe HSE bermesin bensin 4 silinder segaris dengan kapasitas 2.0 liter turbo. Memiliki tenaga 237 hp pada 5800 rpm dan torsi maksimal 340 Nm pada 1750 rpm.  PT Grandauto Dinamika sebagai APM Land Rover di Indonesia memasarkan dua all-new Discovery Sport, HSE mesin bensin dan SD4 mesin diesel. Yang diesel memiliki kapasitas 2.2 liter turbo 16 valve 4 silinder segaris, 187 hp pada 3500 rpm dan torsi 420 Nm pada 1750 rpm. Keduanya memakai transmisi otomatis 9 kecepatan.

Discovery Sport menampilkan interior elegan ditandai oleh material berkualitas tinggi dan senyap. Desainnya stylish namun berkharisma. Tombol-tombol pengatur mudah dijangkau dan intuitif ketika dioperasikan. Layar monitor sentuh 8 inci menampilkan informasi-informasi berguna dari mulai audio, telepon, sistem navigasi dan mengatur suhu AC.

Kursi depan nyaman dan dapat diatur posisinya, begitu juga dengan bangku belakang. Baris kedua menawarkan legroom yang lega yang bagi penumpang dewasa serta bisa diatur posisi maju mundurnya. Selain itu, bisa dinaikkan sampai 5,1 cm lebih tinggi daripada kursi depan sehingga pandangan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:  Aria FXE, Hypercar Hybrid Bertenaga 1.150 HP!

11032016-Car-Land-Rover-Discovery_02

Mesin bensin 4 silinder turbo begitu responsif ketika dipacu di jalan raya. Perpindahan transmisi otomatis 9-kecepatan halus dan mampu meladeni setiap putaran mesin. Sangat stabil dan tenang di jalanan berliku dengan pengemudian yang akurat. Pengemudi dapat dengan objektif merasakan feedback yang diberikan oleh setir. Kabinnya senyap dan menyenangkan. Kualitas pengendaraan nomor wahid memang telah menjadi ciri khas SUV premium turun temurun asal Inggris ini.

Disco memiliki kemampuan off-road yang cukup mumpuni. Ketika kami mencobanya di trek lumpur di Bukit Hambalang, SUV mampu meladeni. Overhang pendek, AWD,  ground clearance 21,2 cm dan Terrain Response System membuat kendaraan mampu menyesuaikan diri dengan parameter-parameter jalan sehingga tahu kapan harus memberikan traksi yang optimal di ragam permukaan medan.

Baca Juga:  Mercedes AMG GLC 43 Coupe, Bold Move

Suspensi double wishbone di depan dan Integral Multilink di belakang memiliki jarak main yang baik. Selain mampu menahan guncangan sehingga penumpang tetap merasa nyaman, juga memberikan sudut kemiringan yang tepat ketika ban masuk ke dalam lubang atau melaju di jalan berkontur tidak rata. Kendaraan ini menyenangkan ketika dikendarai di aspal maupun di jalan dengan permukaan tidak rata maupun tanah. Tampangnya memang lebih urban dan modis, namun karakter khas Landy-nya tidak hilang.

11032016-Car-Land-Rover-Discovery_03

All-New Land Rover Discovery Sport

Layout Kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, AWD
Mesin: 4-silinder segaris 16 valve turbo 2.0L/237hp @ 5800 rpm/340 Nm @1750 rpm
Transmisi: A/T 9-kecepatan
Wheelbase: 2.741 mm
P x L x T: 4.559 x 2.069 x 1.724 mm
Ground Clearance: 212  mm
0–100 km/jam: 8,2 detik (klaim pabrik)
Bobot Kosong: 1.841  kg
Kapasitas Tangki: 70 liter

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Terbaik dalam Layanan Purna Jual versi JD Power

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- Toyota Indonesia kembali dinilai sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan...

Toyota Avalon 2019 Lakukan Debut di Detroit Auto Show 2018

DETROIT, 11 Desember 2017 – Mobil-mobil bergenre sedan tengah menurun penjualannya tergerus meningkatnya pemintaan akan SUV crossover. Meski demikian sedan...

Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

DETROIT, 11 Desember 2017 -- Jeep Cherokee KL, yang pertama kali melakukan debutnya di New York Auto Show 2013, tengah...

Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...