Beranda Updates Honda Bawa Teknologi Robot Baru di CES 2018

Honda Bawa Teknologi Robot Baru di CES 2018

BERBAGI

LAS VEGAS, 11 Januari 2018 — Honda memperkenalkan berbagai fungsi dan desain robot serta Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan diajang International Consumer Electronics Show 2018 (CES) yang diadakan 9-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dikembangkan dengan konsep 3E (Empower, Experience, Empathy), display Honda tersebut ditampilkan untuk memaparkan visi dimana teknologi robot dan AI dapat membantumanusia dalam berbagai situasi.

Prinsip 3E yang dianut dalam pembuatan robot konsep adalah bagian dari fokus utama Honda di CES 2018, yaitu robotika, mobilitas dan manajemen energi. Honda juga mendirikan booth Mobile Power Pack World yang menampilkan beragam alat bertenaga baterai yang dapat diganti dan diisi ulang, serta exchanger system yang memudahkan penyimpanan untuk suplai listrik berlebih.

President & CEO Honda R&D Yoshiyuki Matsumoto mengatakan, “Kita telah memasuki era dimana robot akan menjadi esensial di keseharian kita, dan robot memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia”.

Berikut beberapa teknologi yang dibawa Honda di CES 2018:

Baca Juga:  Rekor Baru, Konsumsi BBM Honda Mobilio 25,4 Km/Liter

3E – Empower

“Empower” menggambarkan sebuah konsep dimana robot dan manusia dapat bekerjasama dengan memperkuat kelebihan masing-masing. Honda mendemonstrasikan ide ini melalui 3E-D18, sebuah robot otonom dengan teknologi AI yang dilengkapi dengan drivetrain bertenaga listrik dan dapat membantu berbagai aktivitas manusia seperti Search and Rescue (SAR), pemadam kebakaran, konstruksi, agrikultur dan pekerjaan rumah tangga.

Honda 3E-D18

Selain itu, Honda juga menampilkan 3E-B18. Dengan perangkat tambahan, robot 3E-B18 dapat digunakan sebagai kereta barang. Ukuran yang kompak memungkinkan alat ini untuk melakukan navigasi di tempat sempit, dilengkapi dengan ketinggian kursi yang dapat diatur saat mengendarainya di jalan menanjak atau menurun.

Honda 3E-B18

3E – Experience

“Experience”menggambarkan sebuah ide dimana manusia dan robot dapat bertumbuh bersama melalui interaksi satu sama lain. Konsep ini didemonstrasikan ke dalam robot 3E-C18, sebuah robot elektrik berukuran kecil yang dibuat sebagai platform mobile yang mendukung aktivitas manusia. Platform yang dilengkapi AI dapat belajar dengan mengobservasi bagaimana orang-orang berinteraksi, serta beroperasi secara otonom. Sedangkan platform yang berbentuk kereta dapat berfungsi sebagai pembawa barang, yang dilengkapi sebuah kanopi dan memiliki fungsi setir.

Baca Juga:  Foto Honda HR-V Edisi Facelift 2018 Bocor
Honda 3E-C18

3E – Empathy

“Empathy” menggambarkan konsep dimana robot dapat memiliki empati saat melakukan kegiatan bersama manusia. Untuk mewujudkan konsep ini, Honda telah mengaplikasikan AI kedalam robot 3E-A18 yang dapat menjadi pemandu di beberapa tempat seperti bandara dan pusat perbelanjaan, serta memiliki kemampuan untuk memberikan informasi dan memiliki kepedulian terhadap kebutuhan individu dan kelompok melalui analisa terhadap ekspresi wajah dan lingkungan di sekitarnya.

Honda 3E-A18

Mobile Power Pack World

Pada pameran Mobile Power Pack World, Honda memaparkan bagaimana sumber energi terbarukan dapat diaplikasikan kedalam berbagai peralatan.Untuk menghindari kelebihan suplai listrik yang terbuang sia-sia,Honda menciptakan Honda Mobile Power Packuntuk menyimpansuplai listrik berlebih ke dalam baterai portabel. Alat ini dapat diganti dan diisi ulang sehingga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk beragam situasi. Setiap Honda Mobile Power Pack memiliki output sebesar 1 kWh atau lebih dan beberapa buah Power Pack dapat digunakan secara serentak sebagai sumber energi untuk kendaraanlistrik berukuran kecil.

Baca Juga:  Trio Honda Kuasai Pasar SUV Sepanjang 2017
Honda Mobile Power Pack

Selain itu, Honda menampilkan Mobile Power Pack Charge & Supply – Expandable Concept, yang dapat digunakan sebagai sumber listrik didalam rumah yang mengakomodasi banyak alat elektronik. Mobile Power Pack dapat berkomunikasi dengan perangkat lain sertamengumpulkan data mengenai bagaimana alat tersebut digunakan, kemudian mengirimkan data tersebut ke perangkat lain saat sedang melakukan pengisian daya.

Honda Mobile Power Pack Charge & Supply – Expandable Concept

Selanjutnya, Honda menampilkan Honda Mobile Power Pack Exchanger Concept yang dapat ditempatkan di beberapa lokasi untuk menyuplai penggantian baterai bagi pengguna kendaraan listrik berukuran kecil, serta melakukan pengisian listrik ke dalam banyak unit Power Pack secara serentak. Selain itu, Exchangers dapat menjaga ketersediaan listrik dengan menyuplai listrik dari Power Pack ke dalam jaringan stasiun saat permintaan listrik tinggi.

Honda Mobile Power Pack Charge & Supply – Exchanger Concept

Honda juga menampilkan Honda Mobile Power Pack 4W-Vehicle Concept, sebuah kendaraan EV ramah lingkungan yang didesain dengan slot untuk dua Power Pack di setiap sisi.

Honda Mobile Power Pack 4W-Vehicle Concept

RAJU FEBRIAN

BERBAGI



Mana Lebih Baik Suzuki Ignis SE atau Datsun Cross?

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Suzuki siap meluncurkan Suzuki Ignis Sport Edition (SE) pada Jumat 26 Januari 2018 mendatang. Urban...

Sasis dan Mesin Bermasalah, Prassetyo Hardja Hanya Finish Kelima

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Beberapa masalah menghantam pegokart muda Indonesia, Prassetyo Hardja, saat tampil di invitational race Rotax Max Asia...

Banyak yang Tidak Tahu, NGK Busi Edukasi Cara Pasang Busi yang Benar

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Meski kecil namun busi memiliki peranan penting. Hanya dengan melihat busi, kita mampu memprediksi kerusakan-kerusakan...

Mitsubishi Xpander Tak Gentar Menghadapi Serbuan Rush dan Terios

JAKARTA, 22 Januari 2017 – Kehadiran Mitsubishi Xpander di GIIAS 2017 lalu seperti menghentak pasar Indonesia. Penjualannya bahkan membukukan rekor penjualan tertinggi Mitsubishi di...

Mercedes-Benz Siapkan 15 Model untuk Dicoba di Weekend Test Drive 2018

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Anda ingin merasakan performa dan kenyamanan mobil-mobil Mercedes-Benz? Jangan khawatir, PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia menyelenggarakan...