Beranda Drives First Impression Mitsubishi All New Pajero Sport

First Impression Mitsubishi All New Pajero Sport

Rasanya kesuksesan model terdahulu bakal dengan mulus terulang pada generasi terbaru ini.

BERBAGI
(Foto-foto: Adun/Carvaganza)

JAKARTA, 11 Januari 2016 — PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dalam waktu dekat akan melansir model terbaru dari Sport Utility Vehicle (SUV) terlaris mereka All New Pajero Sport. Dan sebelum secara resmi masuk pasar Indonesia, Carvaganza.com dipersilahkan untuk secara langsung melihat dan melakukan pengujian singkat di markas besar KTB di bilangan Pulomas Jakarta Timur.

Kesan pertama yang dapat disimpulkan adalah ubahan tampilan yang cukup signifikan pada SUV berbasis double cabin ini. Meski memiliki DNA yang sama dengan Mitsubishi Triton, namun All New Pajero Sport disempurnakan dengan sedemikian rupa terutama pada sisi keeleganan hingga kenyamanan penumpangnya.

Secara umum tampilan All New Pajero Sport yang kebetulan tipe Dakar 4×2 A/T memiliki aura agresif yang dilabur dengan nuansa sporti dan juga mewah. Utamannya datang dari desain grille dan head lamp LED dengan tarikan garis meruncing dengan nuansa krom.

Baca Juga:  Lexus LS 500h Melantai di Indonesia Awal 2018

11012016-Car-Pajero-Sport-04

Kesan berbeda ketika pandangan beralih kebagian belakang. Sepintas gayanya yang gambot, gembung membesar pada bagian rear wheel fender hingga buritan seperti meng-counter nuansa yang ada bagian bonnet. Jujur butuh beberapa saat untuk memahami desain tersebut. Anda bak minum es kelapa kepala campur jeruk, awalnya mungkin rasanya aneh tapi lama kelamanan bisa menikmatinya.

All New Pajero sport memilik tongkrongan yang dipersiapkan untuk medan-medan off road. Terlihat dari ground clearence yang mencapai 218 mm dan kemungkinan untuk melewati genangan air hingga 700 mm. Ini juga ditopang dengan penggunaan lingkar roda ukuran 18 inci yang ditawarkan sebagai fitur standar.

Ini memiliki plus minus lain, karena andai kata Anda hanya menggunakannya pada pengendaraan perkotaan, setidaknya cukup tenang saat melewati kondisi banjir atau jalan rusak.

Baca Juga:  Toyota Yaris Facelift 2018, Banyak Desain dan Fitur Baru

11012016-Car-Pajero-Sport-05

Masuk kedalam interior, sejatinya nuansanya tidak jauh berbeda dengan Pajero Sport tipe Dakar terdahulu. Namun tentunya dengan sentuhan penyempurnaan yang fokus pada peningkatan sisi ergonomika dan kesan elegan. Yang menarik lainnya adalah ruang kabin yang cukup lapang dengan pengaturan tergolong mudah sehingga bukan masalah besar untuk menampung 7 penumpang dewasa.

Bagian yang tak kalah menarik untuk disimak adalah sumber tenaga dari All New Pajero Sport. Mesin diesel baru berkode 4N15 berkapasitas 2.422 cc dengan Variable Geometric Turbocharger ini memiliki keluaran tenaga sebesar 181 hp dengan torsi 430 Nm.

Dan tak lupa kini sistem transmisi baru otomatis 8-kecepatan dipercaya untuk mentransfer tenaga mesin ke roda. Dan kenyaman berkendara juga dimaksimalkan dengan kelengakapan Paddle shift di balik kemudi yang sangat berguna saat ingin berpindah gigi di mode tiptronic. Pada generasi ini telah menggunakan electronic parking brake.

11012016-Car-Pajero-Sport-07

Sayang karena terbatasnya area, Carvaganza.com tidak bisa melakukan pengujian secara maksimal. Jadi tunggu ulasan uji coba kami dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Subaru Impreza 2017, Impressive Impreza

Kesimpulan kami, All New Pajero Sport kembali memiliki banyak modal untuk bersaing dengan rival lainnya di kelas ini. Rasanya kesuksesan model terdahulu bakal dengan mulus terulang. Secara tampilan Pajero Sport bisa “diajak” bersaing dengan Ford Everest yang sudah hadir dengan tampilan baru dan Toyota Fortuner yang juga tengah bersiap muncul dengan generasi baru bulan ini.

Sedangkan urusan performa, baik output maupun torsi, All New Pajero Sport boleh berbangga karena unggul dibandingkan kedua pesaingnya itu.

11012016-Car-Pajero-Sport-06

ARIE PRASETYA

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Terbaik dalam Layanan Purna Jual versi JD Power

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- Toyota Indonesia kembali dinilai sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan...

Toyota Avalon 2019 Lakukan Debut di Detroit Auto Show 2018

DETROIT, 11 Desember 2017 – Mobil-mobil bergenre sedan tengah menurun penjualannya tergerus meningkatnya pemintaan akan SUV crossover. Meski demikian sedan...

Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

DETROIT, 11 Desember 2017 -- Jeep Cherokee KL, yang pertama kali melakukan debutnya di New York Auto Show 2013, tengah...

Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...