BERBAGI

TOKYO, 10 November 2015 – Gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2015, Minggu (8/11) sore, resmi ditutup. Pameran yang digelar mulai 29 Oktober 2015 hingga 8 Oktober 2015 itu mencatat 815.500 pengunjung. Selama 11 hari setidaknya 75 pabrikan di seluruh belahan dunia melansir kendaraan terbaru maupun konsep andalan mereka sebagai world premier.

“Pengunjung tidak hanya menikmati 417 kendaraan yang dipamerkan berikut perkembangan teknologi terkini, tapi mereka juga dapat menikmati Ride-along Experience with Professional Drivers, Motorcycle Test Ride Program, Tokyo Motor Show Symposium dan Tour of the Tokyo Motor Show Guided by AJAJ,” ungkap Chairman Japan Automobile Manufacturers Association, Inc Fumihiko Ike selaku organizer.

Ia mengatakan bahwa pameran yang diikuti oleh 160 perusahaan dari 11 negara ini dapat berlangsung dengan sukses besar.

Catatan Carvaganza.com, menunjukkan jika total pengunjung tahun ini mengalami penurunan dibanding pagelaran tahun 2013 yang mencapai 902.800 pengunjung. Pihak penyelenggara mengklaim hal tersebut terkendala faktor cuaca.

Alasan ini cukup menjadi tanda tanya. Pasalnya, tidak ada masalah dengan cuaca di seputar Tokyo terutama Tokyo Big Sight Conference Tower tempat berlangsungnya pameran. Pengamatan Carvaganza.com yang datang langsung ke pameran pada dua hari terakhir, cuaca tampak normal. Hanya terjadi hujan ringan sepanjang hari pada hari terakhir pameran.

Kemungkian besar penurunan angka pengunjung tersebut lebih disebabkan karena ekonomi Jepang masih dalam kondisi yang kurang menguntungkan.

Meski demikian, berdasarkan survey, sebanyak 91% pengunjung merasa puas untuk menyambangi pameran dengan harga tiket ¥ 1.600 ini. Tak hanya itu sebanyak 89,2% menyatakan ingin kembali lagi mengunjungi TMS berikutnya. Secara prosentase ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2013 dengan catatan 87,3%.

Selain menutup TMS 2015 secara resmi, pihak penyelenggara juga langsung memastikan bahwa berikutnya TMS 2017 akan digelar pada musim gugur. Hingga berita ini diturunkan kami belum dapat memastikan detail penyelenggaraan, pihak penyelenggara memastikan akan memberikan segala informasinya pada musim gugur mendatang.

ARIE PRASETYA (TOKYO)

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI