Beranda Blogs Mobil Hemat Energi Mahasiswa UI Jawara di Shell Eco-Marathon Asia 2016

Mobil Hemat Energi Mahasiswa UI Jawara di Shell Eco-Marathon Asia 2016

BERBAGI
(Foto Bambang Sugiarto)

JAKARTA, 10 Maret 2016 – Mobil karya mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil menjadi yang terbaik se-Asia. Dua tim, Nakoela dan Sadewa, menjadi juara pada dua kategori di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2016, yang berlangsung 3-6 Maret 2016 di Rizal Park, Manila, Filipina.

Tim Nakoela yang dipimpin Aldry Triansya bertarung di kategori Prototype berbahan bakar bensin. Menurunkan mobil yang dinamai Keris RVII mereka mencatat konsumsi bahan bakar 792 km/liter. Keris RVII yang memiliki berat 40 kilogram ini menggunakan material carbon fiber, honeycomb dan alumunium.

Tim Sadewa di kategori Urban Concept dengan bahan bakar bensin menurunkan mobil Kalabia Evo 5 mencatat konsumsi 275 km/liter. Mobil beroda empat ini menggunakan material carbon fiber composis dan memiliki berat 75 kg Catatan konsumsi yang dibuat tim Sadewa pimpinan Dimas Cahya Negara ini sekaligus memecahkan rekor Asia.

Kategori Prototype memperlombakan kendaraan berbentuk futuristik yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yang inovatif. Sedangkan kategori Urban Concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini.  Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar.

Gelar juara juga diraih tim dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Lewat tim bernama Sapu Angin menjadi juara kategori Urban Concept dengan bahan bakar diesel. Dikategori yang sama ada Bengawan Team 2 dari Universitas 11 Maret Solo (139 km/liter)

Prestasi lain dicatat tim Indonesia di kategori Urban Concept yaitu Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung juara 2 untuk bahan bakar baterai-listrik (78 km/kWH) dan Cikal Ethanol dari ITB yang menggunakan alternative fuel (184 km/liter), juga di posisi kedua.

Seperti dilansir situs Shell, pada ajang SEM Asia 2016 kali ini tidak kurang 117 tim dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Australia ikut serta. Indonesia diwakili 23 perguruan tinggi termasuk Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Sebelas Maret Solo, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sumatera Utara Medan, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, dan Univestitas Andalas Padang.

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...

Ganti Oli dan Servis Ringan Portable dari Pertamina Lubricants

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Dalam rangka ulang tahun PT Pertamina ke-60, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Pertamina Lubecare Mobile Service....

PLN Siap Dukung Kendaraan Listrik BMW

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- BMW Indonesia bekerjasama dengan PLN Disjaya dalam pengembangan kendaraan masa depan yang menggunakan teknologi listrik...