Beranda EDITOR'S PICKS Rolls-Royce Sweptail, World Record

Rolls-Royce Sweptail, World Record

Inilah mobil baru termahal di dunia dengan desain yang sangat mewah dan berkualitas tinggi.

BERBAGI

DI DUNIA ini telah bertengger rekor mobil baru termahal di dunia. Dari mulai Lamborghini Centenario, Ferrari LaFerrari Aperta, Pagani Huayra Roadster, Ferrari J50, Bugatti Chiron dan lain-lain. Harga mobil-mobil tersebut antara Rp 20 – 40 milyar. Namun rekor mobil termahal di dunia pada saat ini masih dipegang oleh Ferrari 250 GTO yang mencatat harga US$ 38 juta (sekitar Rp 500 milyar) dalam sebuah lelang, tapi inikan mobil klasik.

Selain mobil termahal, juga tercatat mobil-mobil ultra-luxury yang diproduksi hanya satu unit atau kita sebut one-off car dengan harga yang selangit yang dipegang oleh pabrikan-pabrikan premium. Sebut saja Aston Martin Vanquish Zagato, Ferrari P4/5, Alfa Romeo TZ3 Corsa, Lamborghini Egoista, BMW M1 Hommage, Maybach Exelero dan lain-lain.

Mobil-mobil tersebut bukan hanya sekedar kendaraan, namun juga merupakan karya seni yang sangat langka yang menjadi milik para kolektor. Seperti halnya lukisan karya para maestro yang diburu untuk dikoleksi oleh para pesohor di seluruh dunia.

Baca Juga:  BMW X3 Dapat Tampilan Baru

Rolls-Royce baru-baru ini memproduksi mobil yang diklaim oleh sejumlah media Barat sebagai mobil baru termahal sepanjang sejarah di dunia. Rolls-Royce Sweptail, dengan harga US$ 13 juta atau sekitar Rp 160 milyar dan hanya diproduksi satu unit saja pesanan seorang konglomerat. Namun, nama dan asal konglomerat tersebut masih misterius dan Rolls-Royce sendiri tidak mau menyebutkan namanya. Dalam program Rolls-Royce personalisasi semacam ini disebut Bespoke.

Mobil tersebut sekaligus memecahkan rekor mobil baru termahal di dunia, yang dipegang oleh mobil-mobil sebelumnya. Seluruh mobil dibuat secara hand-made, bukan dengan mesin robotic makanya disebut-sebut sebagai karya seni yang maha tinggi. Bentuk grillenya adalah yang terbesar yang pernah terpasang di Rolls-Royce era modern, terbuat dari satu lempengan alumunium, yang kemudian dibentuk dan dipoles dengan tangan. Bagian belakang mobil melandai dan bagian inilah yang disebut “swept-tail” (buritan melandai) yang menurut istilah Rolls-Royce merupakan desain bodywork dengan permukaan tanpa batas pandangan mirip dengan lambung kapal pesiar.

Baca Juga:  Lexus Indonesia Genap 10 Tahun, Ini Rahasianya

Mobil dengan setir kanan ini memiliki plat nomor 08 yang terdapat di bagian belakang. Seperti halnya grille, plat nomor ini juga terbuat dari alumunium dan dibuat oleh tangan. Highlight pada eksterior lainnya selain bentuk buritan dan grille adalah atap panoramic yang memanjang dari depan sampai belakang. Pabrikan mengklaim bahwa desain panoramic tersebut merupakan salah satu desain kaca panoramic yang paling kompleks dalam dan merupakan salah satu atap panoramic paling besar yang pernah ada.

Bagian kabinnya ultra-mewah dengan material yang sangat berkualitas mulai dari aksen kayu, lapisan kulit, logam dan sebuah ‘hat shelf’ dengan lampu iluminasi. Rolls-Royce mengklaim bahwa dashboardnya adalah yang paling bersih di antara mobil-mobil ultra-luxury lainnya dengan jam berlapis Macassar paling tipis dan titanium.

Kendaraan yang diklaim sebagai sebuah bentuk kemewahan sejati ini memiliki kapasitas tempat duduk 2+2, di mana bagian belakang hanya sebagai aksentuasi saja karena tidak muat untuk menampung orang dewasa. Pada bagian sisi penumpang dan pengemudi terdapat pannier (tempat penyimpanan) yang terbuat dari serat karbon untuk menyimpan laptop atau tablet.

Baca Juga:  Mercedes AMG GLC 43 Coupe, Bold Move

Pada bagian konsol tengah terdapat tempat penyimpanan botol sampanye atau wine yang dapat dibuka secara otomatis dan botol akan naik ke atas dan berputar. Kotak sampanye di bagian tengah ini juga bisa berfungsi sebagai pendingin.

Rolls-Royce tidak memberikan informasi secara detail fitur-fitur yang terdapat di dalamnya maupun informasi tentang spesifikasi mobil. Namun, diprediksi memakai platform mesin V12 yang familiar dipakai oleh pabrikan ini. Mobil langka yang dibuat selama hampir 4 tahun sejak 2013 ini dirilis dalam event Villa d’Este for Concorso d’Eleganza yang diadakan di tepi Danau Como, Italia,  pada akhir Mei dan dihadiri oleh kalangan sosialita kelas atas dunia.

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Terbaik dalam Layanan Purna Jual versi JD Power

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- Toyota Indonesia kembali dinilai sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan...

Toyota Avalon 2019 Lakukan Debut di Detroit Auto Show 2018

DETROIT, 11 Desember 2017 – Mobil-mobil bergenre sedan tengah menurun penjualannya tergerus meningkatnya pemintaan akan SUV crossover. Meski demikian sedan...

Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

DETROIT, 11 Desember 2017 -- Jeep Cherokee KL, yang pertama kali melakukan debutnya di New York Auto Show 2013, tengah...

Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...