Beranda Updates TAM Hadirkan Toyota Organic Village di Demak

TAM Hadirkan Toyota Organic Village di Demak

BERBAGI

DEMAK, 9 Maret 2017 — PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperluas cakupan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di bidang lingkungan melalui kegiatan Toyota Organic Village. Kegiatan ini merupakan pemberdayaan petani melalui pertanian berbasis organik di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah.

Toyota Organic Village merupakan program yang dirancang dan direalisasikan TAM dan New Ratna Motor sebagai salah satu founder dealer Toyota, untuk pengembangan desa berbasis pertanian organik dan ramah lingkungan dengan melibatkan masyarakat petani di Desa Mlaten. Dalam program ini, Toyota membantu petani untuk mengembangkan pertanian organik dengan dua langkah.

Pertama, dalam bentuk pendidikan dan pengembangan keterampilan pertanian organik, yaitu pelatihan dan bimbingan tentang pembuatan sarana produksi organik (pembuatan pupuk, bibit, dan pestisida), sistem budidaya pertanian organik, teknologi pasca panen, dan distribusi dan pemasaran beras organik.

Baca Juga:  Youtube Channel Toyota Indonesia Tembus 100.000 Subscribers

Kedua, dalam bentuk fasilitas alat-alat pertanian, yaitu bangunan dan mesin pengering dan penggiling padi, serta mesin pengolah pupuk kompos, sehingga petani mampu memproduksi sarana produksi secara mandiri dan mampu menggunakan alat teknologi tinggi.

Kegiatan ini antara lain bertujuan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya lokal sebagai salah satu daerah penghasil beras terbesar di Jawa Tengah ini. TAM berharap program ini dapat membantu petani dan masyarakat di desa itu untuk memperoleh dan menikmati hasil pertanian yang melebihi harapan mereka baik secara ekonomi, lingkungan, dan sosial secara berkelanjutan.

“Terciptanya pola pertanian ramah lingkungan akan berdampak terhadap kualitas lingkungan sekitar yang semakin membaik sehingga mampu mewujudkan masyarakat petani dengan pola agribisnis berkelanjutan untuk taraf hidup yang terus meningkat,” ujar Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam keterangan persnya.

Baca Juga:  TAC Jakarta dan TAC Tangerang Raya Gelar Kopdargab Perkuat Silaturrahmi

Dalam mengimplementasikan program ini, Toyota turut dibantu oleh mitra dan pendamping yaitu Yayasan Arga Citra 23 yang bertindak sebagai profesional.

Toyota Organic Village di Desa Mlaten sudah mulai dilaksanakan sejak November 2016 lalu. Selain membangun fasilitasfactory building dan rice milling unit, dan menggelar berbagai praktek pertanian kepada para petani untuk pembuatan pupuk, benih, dan pestisida organik, pada program ini TAM juga memberikan bantuan pendanaan dan pelatihan untuk ketersediaan dan keberlangsungan  sarana produksi, sistem budidaya  padi organik, pasca panen, dan pengolahan hasil.

RAJU FEBRIAN

BERBAGI

Last Update

Kenapa Warna Ikon Model Yaris Terbaru Kuning?

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Pada peluncuran Toyota New Yaris hari Selasa kemarin (20/2) ada dua warna mobil Yaris teranyar...

Cuma Kosmetik Doang? Begini Penyempurnaan di Toyota New Yaris

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Persaingan segmen hatchback memang tidak sepanas multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV)....

Honda Civic Nouva Community Selenggarakan Gathnas ke-5 di Semarang

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Honda Nouva Community Indonesia (HNCI), salah satu komunitas mobil senior dengan member yang cukup banyak,...

Mazda CX-5 TOURING Harganya Tak Sampai Rp 500 Juta

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Mazda CX-5 menjadi satu dari tiga andalan utama penjualan Mazda di Indonesia. Dua lainnya adalah...

TAC Jakarta dan TAC Tangerang Raya Gelar Kopdargab Perkuat Silaturrahmi

TANGERANG, 18 Februari 2018 – Setelah sekian lama tidak menggelar kopi darat (kopdar) gabungan, Toyota Agya Club (TAC) Jakarta dan...