Beranda Updates Mau Plat Nomor Mobil Cantik? Berikut Daftar Harganya

Mau Plat Nomor Mobil Cantik? Berikut Daftar Harganya

BERBAGI

JAKARTA, 9 Januari 2017 – Setiap pemilik kendaraan bermotor tentu ingin menyematkan suatu identitas di dalam mobilnya. Salah satu hal yang dapat membuat adanya suatu hubungan antara mobil dengan pemilik adalah plat nomor kendaraan. Tak sedikit orang yang memodifikasi plat nomornya sehingga terbaca beda oleh orang lain atau bahkan membeli plat nomor cantik.

Seperti dilansir otomotif.liputan6.com, sebelumnya tak ditetapkan tarif untuk pemilihan nomor kendaraan  atau Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB). Seiring dengan kenaikan Penerimaan Negara Bukan pajak (PNPB), ada beberapa biaya kepengurusan surat kendaraan bermotor yang naik tarifnya. Kini setiap pemilihan nomor cantik akan dikenakan tarif.

Disebutkan, PP Nomor 60 Tahun 2016 menetapkan beberapa kenaikan biaya mulai dari Pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), BPKB dan Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB) atau lebih dikenal dengan nama pelat nomor cantik.

Tarifnya bisa dibilang tidak murah, rentang harga pembelian nomor cantik mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Pemberlakuan kebijakan penerapan biaya pada pelat nomor cantik berlaku untuk nomor satu digit hingga empat digit.

“Dalam regulasi itu ditetapkan penggunaan pelat hanya dibatasi dalam durasi lima tahun penggunaan,” papar Dirlantas Polda Jateng Kombes Herukoco.

Artinya, jika si pemilik tidak memperpanjang pelat nomor cantiknya sehabis masa berlakunya, maka nomor tersebut bisa dimiliki orang lain. “Jika dalam masa lima tahun tidak diperpanjang lagi, nomor tersebut bisa dimiliki oleh orang lain tanpa harus persetujuan pemilik nomor itu sebelumnya,” pungkasnya.

Berikut daftar tarif penerbitan pelat nomor cantik sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016:

1. NRKB pilihan 1 (satu) angka
– Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

2. NRKB pilihan 2 (dua) angka
– Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta
– Ada huruf di belakang Rp 10 juta

4. NRKB pilihan 3 (tiga) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
– Ada huruf di belakang angka Ro 7,5 juta

4. NRKB pilihan 4 (empat) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta.

TITO LISTYADI

BERBAGI

Last Update

Sompo Insurance Perkenalkan Lima Bengkel Andalan

JAKARTA, 21 Mei 2018 – Guna mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan pelanggan akan layanan klaim asuransi kendaraan, PT Sompo Insurance Indonesia memperkenalkan...

AKSES Adira Finance, Jawaban Mudah Berasuransi di Era Digital

JAKARTA, 21 Mei 2018 – “Mas aku bisa minta tolong?” telpon dari seorang kawan tiba-tiba masuk ke ponsel saya akhir...

Porsche Cayenne 2018 Drive in Oman (Bagian 2)

Pada pagi Kamis pagi (25/1) jam 8.00 waktu Fujairah, Uni Emirates Arab (UEA), sebanyak 20 jurnalis dari Asia Pasifik mendapatkan...

Porsche Cayenne 2018 Drive in Oman (Bagian 1)

“SAYA minta setiap peserta jangan memotret ketika memasuki wilayah Oman dan tidak diperkenankan memasang kamera Go-Pro di body luar kendaraan....

BMW Siapkan Calon SUV Listrik Autonomous di Tahun 2021

MUNICH, 19 Mei 2018 – Mobil autonomous atau swakemudi kini masuk dalam rencana BMW Group dalam menyambut masa depan mobilitas,...