Beranda EDITOR'S PICKS Mencicipi Land Rover Defender Presiden Jokowi

Mencicipi Land Rover Defender Presiden Jokowi

BERBAGI

JAKARTA, 8 November 2017 — Beberapa waktu lalu, media nasional gempar mengenai mobil yang digunakan oleh Presiden RI Joko Widodo saat melakukan peresmian jalan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu atau yang disingkat BECAKAYU, Jakarta Timur. Apalagi kalau bukan mobil yang ia gunakan.

Jokowi — sapaan akrab Joko Widodo — terlihat santai menaiki Land Rover County lansiran 1989. Meski sudah berusia tua, mobil itu tampil kinclong. Jika menoleh ke sejarahnya, mobil ini sebenarnya sudah hadir pada awal 1983 menggantikan seri 3 dan nama County berganti menjadi Defender 1990.

Ups, mobil ini ternyata sudah tua sekali. Tapi, kenapa dipilih Jokowi untuk mengecek tol ya?

Tim Carvaganza berhasil mencicipi mobil yang “kembali hidup” berkat Casablanca Works Land Rover Workshop – bengkel khusus restorasi Land Rover tipe Series dan Defender – di kawasan Pondok Gede, Jakarta. Pemilik Casablanca Works sekaligus restorer Land Rover, Dwiko Rayanto, melakukan berbagai perombakan.

Jika melihat desainnya, ubahan terjadi pada ban yang kini menggunakan interco super swamper. Sementara over fender asli tetap dipertahankan. Untuk mobil yang basicnya adalah sebuah pickup ini, menurut Dwiko yang bertanggung jawab atas restorasi memberikan tambahan tiang di bagian bak. Tiang ini berfungsi sebagai rangka untuk dipasangkan terpal atau dikenal dengan soft top.

Tanpa lama, saya pun berhasil mencobanya. Mesinnya masih original, yakni mesin bensin 2.5 liter yang dapat melontarkan tenaga 83 Hp dan torsi 181 Nm. Ketika mesin dihidupkan, saya cukup kagum karena suaranya yang sangat halus seperti mobil-mobil baru.

Saya pun mencoba untuk mengajak berjalan-jalan. Yaps, karena semua ini hasil restorasi maka pedal koplingnya pun masih menggunakan part bawaan defender. Sehingga jika Anda tidak terbiasa akan terasa berat seperti membawa truk.

Hanya saja setirnya sangat komunikatif dan enteng untuk diputar. Meskipun ban yang digunakan adalah ban offroad dan tebal. Sosoknya yang gagah ini juga terbukti dari sektor kaki-kaki dengan penggunaan suspensi yang keras. So, saat melewati jalur speedbump akan terasa kerasnya.

Hujan pun mulai turun, sehingga saya harus menyelesaikan waktu untuk test drive mobil ini. Alhasil saya menutup kaca yang masih diputar manual dan menghidupkan AC. Ternyata suhu kabinnya pun cepat berubah menjadi dingin. Mobil ini sangat dirawat sekali.

Seperti apa test drive lengkapnya? Tunggu laporan lengkapnya di carvaganza.com dan channel youtube Carvaganza!

VALDO PRAHARA

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- PT Honda Prospect Motor menggelar tatangan hemat bahan bakar bagi komunitas dan calon konsumen Honda...

Maserati Levante Masuk Indonesia, Harga Rahasia

JAKARTA, 11 November 2017 – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan Maserati Levante di Hotel Fairmont, Jakarta, hari ini, Senin,...

Innova Community Gelar Pelatihan Detailing bagi Komunitas

JAKARTA, 11 DESEMBER 2017 -- Komunitas atau klub otomotif tidak hanya sekedar kelompok kongkow atau berbagi informasi seputar kendaraan. Kegiatan...

BMW X3 Dapat Tampilan Baru

BANGKOK, 11 Desember 2017 – Tingginya permintaan crossover SUV terus disikapi BMW. Mereka meluncurkan 2018 BMW X3 yang sudah mendapat...

Mitsubishi Motors dan Pemerintah Indonesia Menyepakati Rencana Terkait Kendaraan Listrik

TOKYO, 11 Desember 2017 - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Pemerintah Indonesia hari ini mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan...