Beranda Updates Goodyear Gunakan Minyak Kedelai dalam Campuran Kompon Ban

Goodyear Gunakan Minyak Kedelai dalam Campuran Kompon Ban

BERBAGI

OHIO, 8 September 2017 – The Goodyear Tire & Rubber Company dan United Soybean Board (USB) Amerika Serikat menemukan inovasi baru. Keduanya menemukan senyawa karet berbasis kedelai yang dapat menjaga kelenturan karet ban pada suhu rendah.

Dalam uji coba yang dilakukan di San Angelo, Texas, penggunaan minyak kedelai ini mampu meningkatkan kemampuan ban sebagai hasil pencampurannya dalam proses manufaktur.

Peneliti mengungkapkan bahwa senyawa karet dari minyak kedelai lebih mudah bercampur dengan silika, sehingga memberikan kemampuan cengkraman yang lebih baik dalam kondisi basah maupun kering.

Penggunaan minyak kedelai didasarkan pada peningkatan efisiensi pabrik manufaktur, karena bahan tersebut mudah didapatkan secara alami, hemat biaya, dapat mengurangi konsumsi energi dan yang terutama adalah karena merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui.

Eric Mizner, Director of Global Material Science Goodyear Tire & Rubber Company mengatakan, “Sejarah panjang inovasi Goodyear terus membuat kami berkomitmen untuk mengaplikasikan solusi teknologi terbaru dan mengembangkan performa ban terbaik agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen.”

Dalam memproduksi ban, minyak berperan membantu pencampuran polimer kompleks, juga menurunkan kekakuan majemuk pada ban, melindungi peralatan pencampur dari kerusakan dan memperbaiki karakteristik kinerja ban. Pendeknya, minyak sangat di butuhkan. Sementara itu, alternatif pemakaian minyak kedelai, mengurangi penggunaan minyak bumi hingga 7 juta galon setiap tahun.

Penggunaan minyak kedelai pada ban ini didasarkan pada inovasi baru lainnya, seperti penggunaan silika yang berasal dari abu sekam padi. Semua ini semakin menegaskan komitmen Goodyear dalam mengurangi konsumsi minyak bumi dan menjaga kelestarian lingkungan.

Wicaksono Soebroto, Head of Communications PT Goodyear Indonesia, Tbk mengatakan,”Untuk Goodyear hal semacam ini sudah jamak, bahkan dalam level negara,  Goodyear Indonesia telah mendedikasikan sekurangnya satu hektar lahannya untuk penghijauan kota dan menuju arah menjadi wilayah hutan arboretum untuk Bogor kota.”

RAJU FEBRIAN

BERBAGI



FEATURE: Standar Keamanan NCAP, Not Good Enough

MENGEMUDIKAN mobil di kota besar seperti Jakarta memang penuh tantangan, terutama saat rush hour. Penyebabnya bukan hanya lalu lintas yang...

Luar Biasa, Pegokart Muda Indonesia Prassetyo Hardja Juara Satu di Sri Lanka

JAKARTA, 15 Januari 2018 – Kejutan luar biasa diraih Pegokart muda Tanah Air, Prassetyo Hardja, yang berhasil keluar sebagai juara satu...

Suzuki Ignis Tipe Baru, Fiturnya Tambah Keren

JAKARTA, 15 Januari 2018 – Penerimaan yang apik terhadap Suzuki Ignis, membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pede untuk menghadirkan...

Dari Mana Asal Nama Toyota? Ini Sejarahnya

JAKARTA, 15 Januari 2018 -- Merek Toyota saat ini sudah dikenal seluruh dunia. Namun dibalik nama besar tersebut, terdapat sejarah...

Motul Dukung United Autosports dan Bintang F1 di Daytona

FLORIDA, 14 Januari 2018 -- Kejuaraan balap mobil sport Amerika Utara memulai musim 2018 di sirkuit Daytona International Speedway Florida...