Beranda Updates KIA Hadirkan Transmisi Otomatis 8-Kecepatan

KIA Hadirkan Transmisi Otomatis 8-Kecepatan

BERBAGI

SEOUL, 8 September 2016KIA Motors hadirkan transmisi otomatis terbaru dengan gear yang berjumlah 8 buah. Unit yang diberi nama FWD 8AT ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah responsif, halus dalam perpindahan gear dan konsumsi BBM menjadi lebih efisien.

Subscribe Now!

Yang menariknya adalah transmisi ini memiliki bobot yang lebih ringan dari transmisi 6-kecepatan yaitu 3,5 kg. Dimensi yang dimiliki oleh transmisi 8-kecepatan ini cukup kompak, dibuktikan dengan dapat bertengger di posisi yang sama dengan transmisi 6-kecepatan.

Pabrikan Kia telah mengembangkan transmisi ini sejak tahun 2012 dengan mendaftarkan 143 paten atau hak cipta untuk transmisi baru tersebut. Transmisi otomatis 8-kecepatan untuk menggerakkan roda depan ini akan digunakan pertama kali pada KIA Cadenza di tahun 2017, yang mengusung mesin  V6 3.3 liter GDI dan Cadenza akan menjadi sedan andalan Kia di tahun depan.

Tantangan terbesar yang dialami saat mengembangkan transmisi  adalah bagaimana cara memperkecil ukuran oil pump.  Bagian tersebut disinyalir menjadi penyebab berkurangnya tenaga yang cukup banyak dan hal itu juga menjadi kendala besar pada saat Kia mengembangkan transmisi yang  sebelumnya.

Kedepannya, pabrikan mobil asal Korea Selatan ini akan memasang transmisi 8-kecepatan di model-model Kia yang terbaru, khususnya akan dipadukan dengan mesin berkapasitas besar berpenggerak roda depan.

Sebenarnya Kia sudah pernah menggunakan transmisi otomatis 8-kecepatan pada mobil flagshipnya yaitu K900. Hanya saja transmisi yang digunakan adalah produksi dari Hyundai dan untuk menggerakkan roda belakang.

TITO LISTYADI

BERBAGI



Edisi Terakhir Mercedes-AMG G 65, Hanya 65 Unit

MUENCHEN, 21 Oktober 2017 -- Mercedes-AMG G 65 dikenal tak hanya karena tampilannya, tapi juga karena apa yang ada di...

10 Unit Honda Civic Type R Sudah Diserahkan ke Konsumen

JAKARTA, 21 Oktober 2017 -- PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan hatchback terkencangnya yaitu Honda Civic Type R. Meski di banderol Rp 995.000.000...

Land Rover Sedan? Begini Kira-Kira Tampilannya

RIO DE JAINERO, 21 Oktober 2017 – Di segmen luxury sedan memang ada nama Mercedes S-Class, BMW 7-Series, Audi A8,...

Kia Stinger 2018, Different Animal

ALKISAH Kia Stinger, produk baru dari Kia Motors. Setelah berhasil mencuri perhatian saat versi konsep muncul pertama kali pada Frankfurt...

Ini Cara Menghilangkan Hewan Pengerat di Mobil Anda

JAKARTA, 21 Oktober 2017 - Banyak orang yang merasa heran dengan mobil yang tiba tiba rusak meski di parkir di dalam garasi yang tertutup...