Home New Cars MINI Countryman, Mini yang Tak Lagi Mini

MINI Countryman, Mini yang Tak Lagi Mini

Memiliki tubuh melar dibandingkan generasi sebelumnya. Dilengkapi berbagai fitur terbaru.

SHARE

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata MINI? Yap, sebagian besar akan membayangkan sebuah mobil tertubuh kecil, desain sederhana, dan fitur simpel. Buang pikiran itu jauh-jauh karena semua itu tak akan Anda temukan pada MINI Countryman generasi terbaru. The New MINI Countryman merupakan kendaraan MINI terbesar dengan fitur paling lengkap dalam 57 tahun sejarah brand asal Inggris tersebut. MINI Countryman baru hadir dengan beragam inovasi di bidang tata ruang, fungsi, desain, dan karakteristik premium.

MINI Countryman hadir di tanah air lewat MINI Indonesia dan PT Maxindo International Nusantara Indah. Peter Medalla, Head of MINI Asia mengatakan generasi kedua MINI Countryman bentuk standar baru dalam hal fungsionalitas di segmen kendaraan kompak premium. “MINI Countryman terbaru merupakan kendaraan serba bisa dan sesuai untuk menemani keseharian pengguna di jalan raya dan medan off-road,” katanya.

Satu hal yang pasti, tubuh MINI Countryman baru ini tumbuh besar. New MINI Countryman kini 20 cm lebih panjang dan 3 cm lebih lebar dibanding model pendahulunya. Penambahan panjang wheelbase juga sebanyak 7.5 cm hasilkan penambahan ruang kabin yang cukup signifikan untuk 5 penumpang di dalamnya. Selain itu ruang bagasi juga bertambah besar. MINI Countryman memiliki kargo 450 liter yang bisa diperluas hingga 1390 liter. Ini merupakan penambahan sebanyak 220 liter jika dibandingkan dengan model pendahulunya.

Ada beberapa fitur baru lainnya yang dipasang MINI. Salah satunya adalah pintu bagasi belakang elektrik yang kini menjadi fitur standar pada new MINI Cooper S Countryman. Opsi ini memungkinkan pintu bagasi dapat dibuka dan ditutup tanpa disentuh sehingga menunjang kemudahan akses (Comfort Access).

Fitur unik lainnya adalah Picnic Bench – permukaan fleksibel yang dapat dilipat dan ditarik keluar dari kompartemen bagasi bagian bawah yang menyediakan tempat duduk bagi dua orang.

Baca Juga:  New Toyota Corolla Altis 2017, The Fragment of A Journey

Eksterior Makin Matang

New MINI Countryman tampilkan elemen-elemen desain yang menjadi ciri khas brand MINI, termasuk struktur tiga-bagian yang khas – atap, bidang kaca dan main corpus – selain overhangs pendek, lengkung roda yang besar, dan bagian bawah melebar. Sejumlah elemen desain yang khas dari model ini seperti helmet roof yang khas, lampu belakang dengan orientasi vertikal, serta bilah radiator heksagonal dan lampu depan besar yang telah mengalami perkembangan revolusioner.

Lampu indikator samping yang dikenal sebagai side scuttles diperbarui dengan bentuk menyerupai panah. Roof rail dengan sentuhan akhir aluminium satin dikombinasikan dengan penutup samping berwarna silver di bagian atas, memberi penekanan visual yang lebih besar terhadap tinggi kendaraan. Garis-garis horizontal mendominasi di bagian belakang, dengan unit-unit lampu yang ditata vertikal berikan efek kontras yang menarik.

Lampu depan MINI Countryman terbaru adalah bentuknya yang berbeda dari lingkaran bundar yang menjadi ciri khas MINI. Dengan cincin lampu berkontur bundar dan asimetris tampak serasi dengan grill depan hasilkan tampilan yang istimewa. Fog lamp terintegrasi dalam air inlet berikan tampilan khas. Dengan lampu LED yang menjadi standar di seluruh bagian, cincin lampu ini untuk pertama kalinya dapat menyala sepenuhnya di sekeliling masing-masing lampu depan.

Kabin Istimewa

Seperti sudah disinggung di atas, penambahan panjang dan lebar tubuh MINI Countryman membuat ruang kabin menjadi lebih lapang. Selain itu suasana premium kian disempurnakan, dan display modern serta konsep pengoperasian mutakhir. Penyesuaian kursi pengemudi dan kursi penumpang depan dilakukan secara elektrik (standar pada new MINI Cooper S Countryman), termasuk fungsi memori pada sisi pengemudi.

Bukaan pintu belakang lebih besar dibandingkan dengan model pendahulunya, memungkinkan akses untuk keluar masuk kendaraan menjadi lebih nyaman. Selain kabin lebih luas, sekarang ruang kaki juga secara signifikan lebih lapang.

Baca Juga:  Mercedes-Benz Luncurkan Tiga Buah AMG di GIIAS 2017

MINI Connected Controller yang dioptimalkan dengan ergonomis dan modern menambah suasana eksklusif kendaraan. Instrumen sentral yang khas diintegrasikan ke panel instrumen dan dikelilingi oleh cincin LED yang memberikan display pencahayaan dalam merespons situasi berkendara. Ini merupakan bagian dari MINI Excitement Package, yang juga terdiri dari ambient lighting LED dan proyeksi logo MINI dari cermin eksterior pada sisi pengemudi saat membuka dan menutup kendaraan.

Baca juga: FIRST DRIVE: Merasakan Performa MINI Countryman Terbaru
Baca juga: MINI Countryman Terbaru Hadir di Indonesia, Harga Mulai Rp 660 Juta

Konektivitas

Kenyamanan penumpang menjadi salah satu fokus utama MINI. Instrumen sentral dengan fungsi layar sentuh hadir perdana di new MINI Cooper S Countryman. MINI Country Timer mengukur keseruan berkendara di medan yang menantang dengan new MINI Cooper S Countryman. Sedangkan Untuk konektivitas, MINI Countryman dilengkapi dengan MINI Connected App sebagai personal assistant untuk aktivitas sehari-hari dan ketika bepergian.

Fitur baru lainnya di bidang konektivitas adalah MINI Find Mate (standar pada new MINI Cooper S Countryman) Ini merupakan bagian dari paket Wired dan terdiri dari apa yang disebut “tag” dengan fungsi pelacakan nirkabel yang dapat disematkan pada benda-benda dan barang-barang perjalanan yang sering digunakan seperti tas, koper, gantungan kunci, dan ransel.

Pengendalian Dinamis

Velg ringan 17 inci tersedia sebagai fitur standar new MINI Cooper Countryman, sedangkan varian new MINI Cooper S Countryman dilengkapi dengan velg ringan 18 inci. Terdapat pilihan opsional termasuk beberapa model velg ringan lainnya dalam ukuran hingga 19 inci.

Suspensi berkualitas tinggi dari MINI Countryman terbaru adalah single-joint spring strut axle di depan dan multilink rear axle di belakang. Sitem kemudia sudah menggunakan electromechanical steering dengan Servotronic, rem yang presisi, dan Dynamic Stability Control (DSC). Ada juga Dynamic Damper Control, dan MINI Driving Modes yang siatur lewat tombol bundar pada bagian bawah tuas transmisi. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk memilih salah satu pengaturan berdasarkan tiga moda MID, SPORT, dan GREEN.

Baca Juga:  Mitsubishi Xpander Siap untuk Expand

Sedangkan fitur keamanan MINI Countryman dilengkapi peringatan tabrakan standar dengan fungsi pengereman kota dapat diperluas untuk mencakup sistem Driving Assistant dengan kamera berbasis cruise control aktif, peringatan pejalan kaki dengan fungsi rem awal, bantuan high beam dan deteksi marka jalan. Selain ini, Park Distance Control, kamera belakang, Parking Assistant dan Head-Up Display juga tersedia sebagai pilihan.

Nah, untuk harga New MINI Cooper Countryman dijual Rp 660,000,000 dan New MINI Cooper S Countryman Rp 865,000,000. Kedua harga ini masih dalam status off-the road.

Spesifikasi New MINI Cooper Countryman.

Mesin tiga-silinder MINI Twin Power Turbo Technology (turbocharging, Direct injection, VALVETRONIC).
Kapasitas: 1,499 cc.
Output maksimum: 136 hp pada 4,400-6,000 rpm.
Torsi maksimum: 220 Nm dari 4,300 rpm.
Transmisi 6-percepatan otomatis.
Akselerasi: 0-100 km/h dalam 9.6 detik
Kecepatan puncak: 200 km/j.
Konsumsi bahan bakar sesuai standar EU: 5.7 l/100 km.
Emisi CO2 gabungan sesuai standar EU: 128 g/km.

Spesifikasi The new MINI Cooper S Countryman.

Mesin: empat-silinder MINI Twin Power Turbo Technology (turbocharging, Direct injection, VALVETRONIC).
Kapasitas: 1,998 cc.
Output maksimum: 192 hp pada 5,000-6,000 rpm.
Torsi maksimum: 280 Nm dari 4,600 rpm.
Transmisi: 8-percepatan sport otomatis.
Akselerasi: 0-100 km/h dalam 7.4 detik.
Kecepatan puncak: 225 km/j.
Konsumsi bahan bakar sesuai standar EU: 6.2 l/141 km.
Emisi CO2 gabungan sesuai standar EU: 141 g/km.

RAJU FEBRIAN

SHARE

Dukung Pendidikan, Fuso Donasikan Colt Diesel ke 8 SMK

JAKARTA, 18 Agustus 2017 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus...

Ini 8 Keistimewaan New Hyundai H-1

BSD CITY, 18 Agustus 2017 – Hyundai H-1 sudah hadir di pasar Indonesia sejak 2008. Full-size MPV ini telah memenangkan...

TOSCA Gelar Touring Perdana ke Lembang

LEMBANG, 18 Agustus 2017 - Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) baru saja menggelar touring perdana mereka ke Lembang, Bandung. Tak...

Hyundai All New Tucson CDRi, Elegan di Tangan Desainer Dunia

BSD CITY, 18 Agustus 2017 -- PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memboyong semua line-up terbaiknya di ajang Gaikindo Indonesia International...

Venom Luncurkan 4 Produk Termahal di GIIAS 2017

BSD CITY, 18 Agustus 2017 -- Venom Audio rutin mengikuti perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung...