Beranda Blogs Tips Ringan Merawat Turbocharger

Tips Ringan Merawat Turbocharger

BERBAGI

BSD CITY, 8 Februari 2017 – Pada saat ini banyak mesin kecil namun memiliki tenaga yang besar. Lonjakan tenaga dan torsi yang besar tersebut tidak luput dari bantuan turbocharger yang bertugas untuk menambah tenaga yang dihasilkan pada mesin. Teknologi Turbocharger tidak hanya tersemat di mesin bensin saja namun mesin diesel pun kini sudah dilengkapi dengan teknologi Turbocharge.

Mesin mobil yang  sudah dilengkapi dengan teknologi Turbocharge membutuhkan perlakuan khusus dari pemiliknya agar kondisi turbo tetap prima dan tidak cepat rusak. Banyak orang yang awalnya memiliki kendaraan namun tidak menggunakan turbo namun beralih ke mobil yang menggunakan turbo, kerap mematikan mesin usai menggeber mobil.

Baca Juga:  Tata Motors Gelar Global Service Campaign Ke-2

Hal yang dilakukan tersebut adalah salah besar. Perlakuan tersebut akan membuat turbo menjadi cepat rusak. Jika anda menggunakan mobil yang sudah dilengkapi dengan turbo, sebaiknya sebelum mematikan mesin langsamkan dulu mesin sekitar 1 – 2 menit. Setelah itu baru matikan.

“Kalau langsung dimatikan, oli yang mensuplai turbo akan berhenti ketika mesin dimatikan. Maka dari itu kita harus langsamkan mesin terlebih dahulu baru kita matikan mesin,” ujar Arif Budiman, Training Departemen Tata Motors dalam acara “Workshop Truk Tata Motors” di BSD, hari ini, Rabu (8/2).

Tujuan dari langsamkan mesin dulu adalah agar putaran turbin yang kencang tak langsung berhenti dan masih mendapatkan supplai oli. Namun jika untuk mobil yang sudah dipasangkan Turbo Timer, maka, anda tak perlu melakukan hal tersebut.

Baca Juga:  Tata Motors Gelar Global Service Campaign Ke-2

Karena fungsi dari turbo timer sendiri adalah men-delay matinya mesin sesuai dengan waktu yang di set. Saat ini penggunaan turbo timer sendiri sudah men-set agar mesin mati 1 menit setelah kontak dimatikan dan kunci dicabut.

Semoga bermanfaat….

TITO LISTYADI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Mitsubishi Resmikan Diler Kendaraan Penumpang Pertama di Karawang

KARAWANG, 22 November 2017 – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus memperluas jaringan penjualannya. Kali ini bekerja sama...

Toyota Pamer Teknologi Hybrid di GIIAS Medan 2017

MEDAN, 22 November 2017 -- PT Toyota Astra Motor (TAM) ikut memeriahkan ajang GIIAS Medan 2017 yang dibuka hari ini,...

9 Brand Ramaikan GIIAS Medan 2017 yang Dibuka Hari Ini

MEDAN, 22 November 2017 – Sebanyak 9 brand meramaikan gelaran pertama GIIAS Medan Auto Show 2017 yang resmi dibuka hari...

Aston Martin Vantage 2019, Mobil ala James Bond

LONDON, 22 November 2017 – Menyaksikan mobil-mobil yang dikendarai agen rahasia 007 James Bond dalam film-filmnya kadang bikin kita ngiler....

Toyota All New Rush Meluncur Besok, Harga Lebih Mahal?

JAKARTA, 22 November 2017 – Toyota dipastikan akan meluncurkan All New Rush besok, Kamis, 23 November 2017. Berbagai foto low...