Beranda EDITOR'S PICKS BMW M240i, The Sportiest in Two

BMW M240i, The Sportiest in Two

Bukan M murni, namun tak berarti sebatas gincu.

BERBAGI
BMW M240i (Foto-foto: BMW)

MASIH ingat dengan M235i? Seharusnya masih. Lantaran mobil ini dianggap sebagai BMW paling menyenangkan dan paling seimbang dari seluruh jajaran bimmer. Sebagai “mainan”, pantas jika kemudian mobil keluaran pabrikan Bavarian tersebut selalu dibandingkan denganM2. Atau setidaknya dari sisi karakter pengendaraannya yang menyenangkan. Namun, sejak 2016 BMW mengubah komposisi angka sertahuruf 35i menjadi 40i, dan waktu itu hadir dengan pilihan mesin lebih powerful ketimbang model bernomen klatur sebelumnya.

Untuk model tahun 2018, BMW hanya melakukan perubahan minor pada BMW M240i. Perubahan lebih banyak di bagian eksterior dan interior.Tidak ada sentuhan baru pada body panel. Yang paling mencolok terlihat pada headlight yang didesain ulang dan kesana gak berbeda pada fascia depan, yang lebih besar plus segar. Penyebab utama dari kesan ini yakni pembesaran pada intake samping dan penambahan dua bar di tengah serta pinggir atas.

Baca Juga:  BMW X3 Dapat Tampilan Baru

Di buritan satu-satunya yang baru adalah taillamp yang didesain ulang dan LED sebagai standar. Mediterranean Blue, Seaside Blue, dan Sunset Orange melaburi M240i sebagai kelir anyar.Di tiap pojo kkokoh terpasang velg 18-inci M double-spoke.Tersedia opsi berupa ban Michelin Pilot Super Sport sebagai bagian dari paket Track Handling dan M Sport.

Melongok ke kabin, sekilas interior M240i tidak mengalami perubahan.Perlu pengamatan yang detil untuk menemukan perbedaan dengan model tahun sebelumnya. Dashboardnya mendapat sentuhan baru. BMW melepaskan sisipan yang membagi dashboard beberapa lapis dan menggantinya dengan potongan memanjang yang mengelilingi ventilasi HVAC tengah dan meluas di atas glovebox. Sport Line yang menambah kontras jahitan kini menjadi standar. Center stack dan konsol tengah juga mengalami revisi dengan hadirnya gloss black trim dan tutup cup holder yang baru.

Baca Juga:  Lexus Indonesia Genap 10 Tahun, Ini Rahasianya

Perubahan atmosfir interior pun terjadi dengan tawaran warna baru seperti Black with jahitan warna merah terang, Black and Oyster SensaTec, dan Dakota Leather seats in Cognac. Untuk interior Luxury Line, sekarang tersedia paket dengan tambahan trim Fineline Stream Wood atau Fineline Pure Wood yang menonjolkan Pearl Chrome.

Sistem infotainment juga di-upgrade dengan penggunaan iDrive 6,0 terbaru dan berlayar sentuh ukuran 6,6-inci. Tersedia layar 8,8-inci sebagai opsional. Fungsi Voice Control-nya diklaim BMW telah dikembangkan.

Jantung M240i menggunakan mesin enam-silinder segaris 3,0-liter yang dilengkapi direct injection, teknologi M Performance TwinPower Turbo dengan twin-scroll turbocharging, fully variable valve lift (VALVETRONIC) dan Double-VANOS variable camshaft timing. Bongkahan ini menghasilkan tenaga maksimal 335 horsepower hp dan torsi puncak 500Nm.

BMW mengklaim, tenaga dan torsi puncak ini sudah bisa dirasakan pada 1.520 rpm dan tetap menyalak hingga 4.500 rpm. Agar tenaga bisa mengalir secara akurat dan mengikuti kehendak pengemudi, BMW membekali M240i dengan transmisi 8-speed Steptronic Sport sebagai standar.

Baca Juga:  10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

Transmisi ini juga memungkinkan driver memindahkan ke pengendaraan yang lebih sporty dengan menggunakan paddles-shift. Manual girboks 6-kecepatan masih diandalkan BMW untuk membuat M240i tetap menarik bagi para maniak three pedals.Anda bisa merasakan sistem xDrive, teknologi suspensi yang sophisticated, center of gravity yang rendah, dan distribusi bobot 50:50 yang sempurna mulai Juli nanti.

Spesifikasi BMW M240i

Layout kendaraan: Coupe & Convertible, RWD, 4WD
Mesin: 6-silinder segaris 3,0L/335hp @5500 rpm /500 Nm @ 1520 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan; M/T 6-kecepatan
PxLxT: 4468 x 1773 x 1407 mm
Wheelbase: 2690 mm
Bobot kosong: 1587 kg
Kapasitas tangki BBM: 52 liter

DIDIN SUTANDI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Bocor, Ini Tampilan Interior Mercedes-Benz G-Class 2019

MUENCHEN, 13 Desember 2017 – Meski masih lama diluncurkan, Mercedes-Benz merilis gambar interior resmi dari Mercedes-Benz G-Class 2019 yang baru....
video

VIDEO: Menikmati Kemampuan Mitsubishi Xpander di Kaki Gunung Halimun

JAKARTA, 14 Desember 2017 — Satu nama yang tengah naik daun di pasar otomotif nasional adalah Mitsubishi Xpander. Low MPV...

First Impression Range Rover Velar

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Ketika Range Rover Velar diboyong ke Indonesia oleh PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) pada pada Oktober...

Innova Community Kampanyekan “GATELL” 2017

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Innova Community (IC) terus mensosialisasikan SOP Konvoy ala Innova Community berupa safety driving, penggunaan Radio...

Honda HR-V dan BR-V Kuasai 58% Pasar LSUV Tahun Ini

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Honda terus mempertahankan dominasinya di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tanah air dengan menguasai...