Home Drives New Toyota Corolla Altis 2017, The Fragment of A Journey

New Toyota Corolla Altis 2017, The Fragment of A Journey

Toyota Corolla Altis memiliki sejarah panjang dalam industri otomotif. Di samping kemewahan yang ditawarkan, nilai fun to drive-nya pun masih terjaga hingga saat ini.

SHARE

TOYOTA COROLLA merupakan salah satu kendaraan yang punya sejarah panjang dan masih eksis dalam jagad otomotif dunia khususnya Indonesia. Toyota baru saja merayakan ulang tahun Corolla ke-50 di dunia dan ke-40 di Indonesia. Tentu saja ini pencapaian luar biasa. Hingga generasi ke-12, Toyota Corolla tetap mempertahankan segmen dan ciri khasnya sebagai kendaraan elegan dan juga fun to drive. Hampir setiap tahun Toyota Corolla Altis mendapatkan penyegaran mulai dari eksterior, interior hingga bagian fitur-fiturnya.

Kami mendapatkan kesempatan menjajal New Toyota Corolla Altis yang baru saja diluncurkan pada awal 2017. Penyempurnaan pada bagian eksteriornya pun tampak begitu jelas seperti desain terbaru dari grillenya dan dipadukan dengan headlamp – Beam Projector dan DRL LED. Velg-nya pun kini jauh lebih stylish dan berbalut ban berukuran 215/45 R17. Struktur yang disusun pada eksteriornya begitu apik, meneduhkan siapa saja yang melihatnya. Saya pun bergegas untuk menikmati New Toyota Corolla Altis lebih dalam lagi.

Seketika tombol start engine dinyalakan dan cluster meter mulai terlihat dalam posisi stand by. Saya mulai mengarahkan kendaraan ini melesat di ibukota. Jujur saja, mobil ini jauh lebih pas untuk para manager muda berjiwa mature dan membutuhkan kendaraan praktis yang berkelas. New Toyota Corolla Altis dibekali dengan mesin 4-silinder 1.8-liter Dual VVT-I dengan transmisi CVT 7-kecepatan. Tenaga 149 hp dan torsi 190 Nm pun terasa bergerak begitu santun dan mudah untuk dikendalikan khususnya di ibukota yang rentang akan kemacetan.

Baca Juga:  Toyota Bedah Teknologi Masa Depan Milik C-HR dan Prius Gen 4

Kami berorientasi pada ibukota karena sejatinya kendaraan sekelas ini lebih cocok menjadi mobilisasi para eksekutif. Sesaat memacunya pada kecepatan tinggi, perpindahan gigi pun terasa sangat halus berkat penggunaan CVT namun tetap tidak mengurangi unsur fun to drive. Saya juga sangat menyukai kerja kemudinya yang begitu komunikatif di berbagai kondisi jalan, terutama saat harus bermanuver zig-zag pada kondisi padat di jalan tol.

Saya merasa New Toyota Corolla Altis harus dikemudikan dengan manner yang tepat meskipun menyimpan torsi yang cukup besar. Meski berorientasi pada pengendara, tidak ada salahnya sang pemilik duduk manis di kursi belakang. Pasalnya suspensinya pun terasa begitu lembut meredam guncangan sehingga tetap nyaman di segala kondisi jalan.

Kendaraan ini cukup mengesankan berkat sejarah panjang hingga evolusi yang dilakukan sejak 50 tahun terakhir. Perpaduan yang sangat pas saat New Toyota Corolla Altis terparkir di cagar budaya Kunstkring Palais di bilangan Gondangdia, Jakarta. Bangunan bersejarah yang kini menjadi fancy restaurant dengan sajian sarat akan seni ini juga telah mengalami evolusi sejak pertama kali berdiri pada 1914.

Baca Juga:  Halal Bihalal TeRuCi 2017 Diisi Kegiatan Sosial

Ruang interior Kunstkring Palais didesain begitu nyaman di setiap sudut khas dengan perpaduan gaya Belanda, Cina dan Indonesia. Saya kagum melihat begitu berkelasnya tempat ini dengan tata ruang yang rapi di dalam bangunan antik. Tidak salah memboyong New Toyota Corolla Altis ke tempat ini.

O ya sedan ini tidak hanya terasa cocok berada di tempat-tempat elegan dan berkelas, tapi juga cukup kooperatif untuk menjadi tunggangan yang mengasyikan. Elemen fun to drive begitu terasa ketika memacunya sedikit “nakal”. Kami sempat membiarkan jarum rpm melesat hingga putaran tinggi dan merasakan hentakan torsi pada kondisi ini. Hasilnya kami pun sangat menikmati feedback yang diberikannya.

Berkat tambahan mode pengendaraan Sport Drive, saya dapat dengan mudah mengajaknya berakselerasi secara maksimal. Perpindahan transmisi pun dapat kami sesuaikan melalui paddle shift di balik kemudi. Semuanya terasa responsif dan komunikatif. Saat menikmati pengendaraannya, saya juga tetap mudah memainkan fitur-fitur hiburan melalui tombol di lingkar kemudinya. Setelah itu saya juga sempat membiarkan mobil ini melesat otonom dengan cruise control yang hanya bekerja pada kecepatan di atas 40 km/jam.

Baca Juga:  Toyota Tambah Varian Oli TMO untuk Mesin Diesel

Kami pun tetap merasakan kendaraan ini terasa stabil saat memasuki tikungan dengan kecepatan cukup tinggi. Hal tersebut berkat fitur Vehicle Stability Control yang ikut mereduksi gerakan berlebihan dari kendaraan. Meski demikian tetap saja gaya lateral tetap mendorong badan saya hingga keluar tikungan tapi kami menikmatinya.

Dengan harga Rp 426 juta Anda sudah dapat memboyong kendaraan ini ke garasi rumah. New Toyota Corolla Altis memiliki pilihan warna baru yaitu Phantom Brown. Sayangnya Corolla yang kami gunakan berkelir Silver Metallic yang merupakan warna lama.

Spesifikasi New Toyota Corolla Altis 2017:

Layout Kendaraan: Sedan, Mesin Depan, 4-pintu, 5-penumpang, FWD
Mesin: 4-silinder 1.8-liter Dual VVT-i / 149 hp / 190 Nm 4.000 rpm
Transmisi: CVT 7-kecepatan; M/T 6-kecepatan
Bobot Kosong: 1.270 Kg
Wheelbase: 2.700 mm
P x L x T: 4.620 x 1.776 x 1.460 mm
Kapasitas Tangki: 55 Liter
Rekomendasi BBM: RON92

ALVANDO NOYA

SHARE

Lebih Dekat Dengan Mobil Listrik Mungil BMW i3

BSD CITY, 19 Agustus 2017 -- BMW Group Indonesia menampilkan mobil listrik BMW i3 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show...

Honda Catat Peningkatan Penjualan 43%

JAKARTA, 18 Agustus 2017 – Penjualan otomotif nasional mulai menggeliat di bulan Juli. Penjualan Honda meningkat 43% dengan total 12.677...

Mitsubishi Xpander Catatkan Rekor, Bakal jadi Mobil Terlaris GIIAS 2017?

BSD CITY, 19 Agustus 2017 -- Mitsubishi Xpander sukses menjadi primadona di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIAS)...

Ini Persyaratan Untuk Menjadi Jaringan Bengkel Mitra Suzuki

BSD CITY, 19 Agustus 2017 – Tak mudah untuk menjadi anggota jaringan Bengkel Mitra Suzuki yang memberikan pelayanan servis purna jual kepada konsumen roda...

Tak Butuh Charging Station, Nissan Note Siap Hadir di Indonesia

BSD, 18 Agustus 2017 – Pada saat kita mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 mungkin ada satu hal...