Beranda EDITOR'S PICKS Bentley Mulsanne Speed 2017, More Ostentatious Than Ever

Bentley Mulsanne Speed 2017, More Ostentatious Than Ever

Bentley Mulsanne Speed membuat dagu Anda terangkat lebih tinggi.

BERBAGI

Nama Bentley besar berkat kemampuannya menghasilkan kendaraan yang tak cacat secara tampilan maupun performa. Tidak show off, tapi auranya bagaikan magnet yang mengalihkan pandangan Anda padanya ketika ia meluncur di jalan. Daya tariknya tidak hanya di jalan, hampir di setiap ajang motor show internasional brand yang didirikan oleh Walter Owen Bentley ini menarik untuk disimak. Sebelumnya ia berhasil menjadi buah bibir berkat world debut Bentayga – SUV pertamanya – di Frankfurt Motor Show 2015. Dan kini giliran Mulsanne Speed 2017.

Bentley memperkenalkan Mulsanne Speed di Geneva Motor Show 2016 dan menggadangnya sebagai bayang-bayang Rolls-Royce Phantom. Secara segementasi, kedua brand ini memang bermain di “kelas dewa”, bahkan pernah berada dalam satu payung perusahaan. Meski beberapa sumber mengatakan orientasi keduanya berbeda, namun memiliki kesamaan: kedua brand tersebut sangat memperhatikan kesempurnaan kualitas.

Bentley Mulsanne tersedia dalam tiga varian, mulai dari Mulsanne, Mulsanne Extended Wheelbase, dan Mulsanne Speed yang dikenal berorientasi pada kecepatan tinggi. Meski demikian, Bentley tidak meninggalkan kesan mewah dan craftsmanship yang detail. Sedangkan Mulsanne EWB beroerientasi pada kenikmatan berada di dalam ruang yang lebih luas.

Yap, nyatanya Bentley memang membuat Mulsanne ini jadi lebih melar. Versi standarnya hanya memiliki wheelbase 3.266 mm sedangkan versi EWB lebih dari 3,5 meter. Shaquille O’Neal yang tingginya lebih dari dua meter bisa duduk selonjor di dalamnya. Nah pada versi Mulsanne Speed, Bentley merancangnya hanya untuk orang-orang yang menikmati perjalanan dari balik kemudi dengan bekal mesin yang besar. Tampilannya memang menarik perhatian jika berada di jalan raya, namun mesin V8-nya berbicara lebih banyak ketimbang bentuk luarnya.

Baca Juga:  Subaru Impreza 2017, Impressive Impreza

Bentley Mulsanne Speed memiliki tampilan eksterior lebih seksi dibandingkan Mulsanne lainnya. Dilahirkan oleh para pengrajin dan seniman-seniman asal Crewe, Inggris, Bentley Mulsanne diteguhkan sebagai flagship yang dapat merepresentasikan kendaraan dengan performa tinggi dan paling mewah di dunia. Mulsanne Speed punya serangkaian styling eksterior yang unik dan menonjol. Perubahan tampilan depan mudah terlihat seperti pada grille khas art deco yang lebih lebar 80 mm dan headlight klasik dengan teknologi LED agar pencahayaannya lebih maksimal.

Bagian belakangnya juga mendapatkan sentuhan baru. Dengan dimensi lebih lebar 26 mm, lampu belakangnya berbentuk B-shape dan pencahayaannya juga maksimal. Secara keseluruhan, desain eksterior Mulsanne Speed tak hanya dibuat menarik secara estetika, tapi juga berfungsi untuk mendukung performa aerodinamika saat melesat di jalan.

Mulsanne Speed dibekali mesin V8 6 3/4 liter twin-turbo dan dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-kecepatan ZF. Mobil ini diciptakan dengan berorientasi pada kenikmatan berkendara dan akselerasi. Jadi meski berbadan bongsor, ia mampu mencapai 0-100 km/jam di bawah lima detik. Bahkan mesin tersebut mampu meletupkan torsi 1.100 Nm pada putaran-putaran bawah sehingga menjadikannya kendaraan dengan torsi terbesar di kelasnya. Semua varian Mulsanne menggunakan mesin dan transmisi sama.

Baca Juga:  Lexus LS 500h Melantai di Indonesia Awal 2018

Tapi khusus untuk varian Speed, Bentley mengklaim setingan transmission gear dan ECU-nya berbeda. Setingan transmisi dibuat lebih agresif meski pada mode pengendaraan normal. Sedangkan pada mode S, kendaraan dibuat lebih mudah dikendalikan meski putaran mesin bermain di atas 2.000 rpm.

Bentley Mulsanne Speed merupakan Yacht megah dengan tenaga besar. Itulah sebabnya para insinyur pabrikan asal Inggris tersebut meracik setingan suspensi stiff yang memberikan feedback dinamis ke pengemudi pada mode Sport. Sedangkan mode Comfort ditujukan untuk kenyamanan seluruh penghuni kabin.

Bentley mengklaim bahwa kendaraan ini memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik dari pendahulunya. Menurut perhitungan pabrikan, Bentley Mulsanne Speed mampu mencapai 7 km/liter pada kondisi kombinasi. Tapi siapa yang peduli? Pengguna Bentley tentunya lebih mementingkan performa ketimbang efisiensi bahan bakar.

Bentley tak main-main dalam usahanya untuk meraih kesempurnaan interior. Mereka membutuhkan 400 man hour untuk  menghasilkan interior dengan detail sempurna dan desain yang tak Anda temukan di kendaraan manapun. Kulit lembut membungkus hampir semua bagian interior mulai dari jok, armrest hingga door trim. Bentley mendedikasikan 150 pengrajin dan seniman-seniman Inggris demi menciptakan nuansa interior yang berkelas, mewah dan sarat akan nilai seni khas Inggris. Sedikit tambahan, mereka membutuhkan 37 jam hanya untuk menghasilkan jahitan-jahitan kontras di interior.

Baca Juga:  Perjalanan MINI Adventure 2017 Jakarta - Bandung

Penumpang belakang dapat menikmati layanan hiburan lewat Bentley Entertainment Tablet berukuran 10,2 inci. Dari sini, Anda bisa menikmati semua aplikasi berbasis Android mulai dari koneksi Skype hingga aplikasi navigasi. Sedangkan penumpang depan dapat menikmati layar hiburan berukuran 8 inci yang memiliki kapasitas memori hingga 60 GB.

Bentley Mulsanne memang kendaraan untuk orang tua Anda yang lebih suka menghabiskan waktu duduk manis di belakang supir. Tapi Mulsanne Speed berbeda dari saudaranya. Ia tercipta sebagai kendaraan yang mengutamakan speed tanpa mengabaikan fitur-fitur modern seperti tablet, navigasi hingga perangkat safety terkini. Dengan segala kelebihannya, apakah Mulsanne Speed layak menjadi kompetitor Rolls-Royce Phantom? Anda bisa menilainya sendiri.

Spesifikasi Bentley Mulsanne Speed 2017

Layout Kendaraan: Luxury Sedan, Mesin Depan, 4-pintu, 4-penumpang, AWD
Mesin: V8 6 3/4-litre twin-turbo / 530 hp / 1100 Nm
Transmisi: A/T 8-kecepatan ZF
Bobot Kosong: 3200 kg
P x L x T: 5575 x 2208 x 1521 mm
Wheelbase: 3266 mm
Kapasitas Tangki: 96 Liter
Rekomendasi BBM: RON 95

Penulis: Alvando Noya

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Bocor, Ini Tampilan Interior Mercedes-Benz G-Class 2019

MUENCHEN, 13 Desember 2017 – Meski masih lama diluncurkan, Mercedes-Benz merilis gambar interior resmi dari Mercedes-Benz G-Class 2019 yang baru....
video

VIDEO: Menikmati Kemampuan Mitsubishi Xpander di Kaki Gunung Halimun

JAKARTA, 14 Desember 2017 — Satu nama yang tengah naik daun di pasar otomotif nasional adalah Mitsubishi Xpander. Low MPV...

First Impression Range Rover Velar

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Ketika Range Rover Velar diboyong ke Indonesia oleh PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) pada pada Oktober...

Innova Community Kampanyekan “GATELL” 2017

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Innova Community (IC) terus mensosialisasikan SOP Konvoy ala Innova Community berupa safety driving, penggunaan Radio...

Honda HR-V dan BR-V Kuasai 58% Pasar LSUV Tahun Ini

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Honda terus mempertahankan dominasinya di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tanah air dengan menguasai...