Beranda EDITOR'S PICKS The Edge of Paradise

The Edge of Paradise

Destinasi untuk para car enthusiast, mulai dari ujung bumi hingga ke gerbang neraka.

BERBAGI

JAKARTA, 6 April 2016 – Bagi car enthusiast, tak ada yang menandingi nikmatnya berada di belakang kemudi dan mencoba setiap tetes performa yang ditawarkan mobilnya. Tapi kenikmatan ini tak selalu mudah didapatkan bagi Anda, pecinta sportscar, supercar, hypercar, SUV dan kendaraan pelibas medan-medan berat lainnya. Terutama jika Anda tinggal di kota yang sudah sesak dengan manusia dan kendaraan lain sehingga tak tersedianya jalanan yang mumpuni untuk menggeber mobil. Padahal hidup ini singkat. Mengutip kata Mark Twain, “Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn’t do than by the ones you did do”.

Subscribe Now!

Mungkin inilah saatnya untuk mengunjungi lokasi-lokasi yang menjadi tempat tujuan impian Anda, para car enthusiast. Tempat-tempat di berbagai belahan dunia ini tak hanya menyajikan pemandangan yang memanjakan mata bagi para pengunjungnya, tapi juga kepuasan dalam membuktikan kendaraan Anda.

MOAB, UTAH, AMERIKA SERIKAT

DSC_0161

Berada di bagian barat Amerika, tempat ini menyimpan segudang sejarah dengan barisan gunung-gunung batu. Wilayah ini merupakan daerah tandus dengan luas area 9.400 km2 dan masih menjadi tempat favorit bagi para off-roader. Trek alam yang tersedia begitu menantang bagi para off-roader sejati, mulai dari jalanan yang bergravel sampai tempat pengujian crawling ratio kendaraan. Bahkan tempat ini adalah laboratorium bagi pabrikan Jeep sebelum mengeluarkan batch Trailrated untuk beberapa modelnya, salah satunya Jeep Wrangler Rubicon.

Tempat yang paling ‘mematikan’ bagi para off-roader adalah Hell’s Revenge. Di area tersebut terdapat titik bernama Hell’s Gate yang menyajikan tanjakan dengan sudut kemiringan 65 derajat. Hell’s Revenge juga menawarkan berbagai tantangan dengan ragam kontur seperti Tip-over, the Escalator, Rubble Trouble, dan the Hot Tubs.

STELVIO PASS, ITALIA

stelvio 1

Jalan pegunungan yang menyambungkan antara Italia dengan Swiss ini juga dikenal sebagai puncak tertinggi kedua di pegunungan Alpen setelah Mount Blanc. Trek dengan ketinggian 2.757 meter di atas permukaan laut tersebut merupakan peninggalan kerajaan Austria sebagai jalur untuk pengiriman kayu. Di sinilah Anda dapat melatih ketangkasan mengemudi sambil menikmati alam pegunungan Alpen. Untuk mencapai ke puncak, Anda harus melewati 48 tikungan dengan sudut hampir 180 derajat.

Jalur paling menantang adalah Alto Adige, jalan sepanjang 26 km yang berbatasan dengan lereng dan jurang. Tentu saja Anda harus menjaga kecepatan dan handling agar tidak mengalami kecelakaan fatal. Tak jarang beberapa supercar dan sportscar sering dibawa ke sini demi menguji gaya lateral, handling dan performa di medan yang memiliki tikungan berlimpah. Tidak hanya itu, beberapa titik jalanan masih berupa pavingblock peninggalan kerajaan sehingga menghadirkan tantangan tersendiri bagi para pengendara di sini.

ARJEPLOG, SWEDIA

Arjeplog 2

Wilayah Arjeplog berada ujung utara Swedia dengan luas wilayah 14.494 km2. Di kota tersebut terdapat 8.000 lebih danau dan berubah menjadi danau es pada setiap musim dingin yang temperaturnya bisa mencapai -20 derajat celcius. Dan setiap musim dingin pula terdapat ribuan orang dari berbagai pabrikan di penjuru dunia bermukim di sini. Tujuannya untuk menguji kendaraannya di atas permukaan danau yang membeku.

Kontur jalan yang unik dan cukup berbahaya ini seringkali menjadi tolak ukur bagi kendaraan sedan dengan penggerak AWD/4WD. Di sinilah beberapa pabrikan menguji kerja drivetrain dan kontrol traksi sehingga kendaraan tidak mengalami spin. Di sini pula kemampuan berkendara seseorang duji dalam menyeimbangkan kerja mesin, kemudi, transmisi hingga ke traksi roda. Pabrikan besar seperti VW, Audi, Porsche dan BMW pun tak jarang membuka pelatihan mengemudi di Arjeplog untuk para konsumennya. Arjeplog pertama kali dipakai sebagai tempat pengujian kendaraan pada 1973. Adalah Robert Bosch yang datang ke sini, tepatnya Danau Hornavan, untuk menguji kerja antilock brake system (ABS). Sejak saat itu, pabrikan besar seperti Mercedes-Benz, VW, Porsche dan Opel melakukan kerja sama dengan Bosch untuk menguji ABS di area ini.

NURBURGRING, JERMAN

luftaufnahme-nuerburgring-eifel-mitte-90iger-18751

Wilayah yang merupakan surga sekaligus neraka bagi para car enthusiast ini bukanlah tempat yang asing. Terletak di kota Nurburg bagian barat Jerman, Nurburging merupakan sirkuit terpanjangan di dunia yang mencapai 28.265 km dan terdiri dari beberapa trek. Salah satu trek paling mematikan adalah Nordschleife (Northern Loop). Jalur dengan beragam medan ini menyajikan “menu mematikan” seperti jalanan berliku dan naik-turun.

Maka tak heran jika tempat ini juga disebut sebagai Green Hell. Karena treknya yang begitu menantang, raksasa-raksasa otomotif dunia beradu gengsi dan menguji kendaraannya di sini. Hingga saat ini, belum ada yang bisa menggantikan keunikan Nurbugring yang dibangun sejak 1925 oleh Gustav Eichler.

ALVANDO NOYA

BERBAGI



Trio Honda Pemenang Autovision AutoLight Up Contest di Manado

MANADO, 23 Oktober 2017 - Ajang kontes lampu Autovision AutoLight Up sudah memasuki seri ke-17. Untuk seri kali ini, ajang...

Scuto Pluit Siap Manjakan Mobil Kesayangan Anda

JAKARTA, 23 Oktober 2017 - Perawatan pada sebuah mobil memang mutlak untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan selain untuk menjaga kualitas...

Volkswagen T-Roc, Newest T-Clan Member

PERTAMA kali diperkenalkan di Geneva Auto Show 2014, ‘The Rock’ ini akan melengkapi keluarga SUV VW yang semuanya punya nama...

Spyshot Jeep Cherokee 2019, Kembali Bergaya Konvensional?

MUENCHEN, 23 Oktober 2017 – Jeep tengah melakukan pengembangan Jeep Cherokee edisi 2019. Baru-baru ini sebuah foto spyshot yang beredar...

Lamborghini Huracan Performante, Nurburgring Killer

SEBELUM saya menjajal Lamborghini Huracan Performante di Sirkuit Imola, Italia, saya sempat menonton video Huracan Performante yang tak hanya mengalahkan...