BERBAGI

Awal tahun 2016 bisa dikatakan sebagai perang Sport Utility Vehicle (SUV). Beberapa pabrikan berlomba meluncurkan SUV andalan terbaru mereka. Salah satunya adalah Mitsubishi All New Pajero Sport dengan varian DAKAR sebagai flagship nya. Dibandingkan SUV lainnya, Mitsubishi All New Pajero Sport menawarkan beragam keunggulan, baik dari penampilan baru, interior yang nyaman, dan performa mesin baru yang luar biasa.

Subscribe Now!

Secara umum tampilan Mitsubishi All New Pajero Sport memiliki aura agresif yang dilabur dengan nuansa sporti dan juga mewah. Mitsubishi menyebut desain ini Dynamic Shield Front Face Design. Kental terlihat dari desain grille dan LED headlamp dengan tarikan garis meruncing. Headlamp sudah dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL).

06042016-Car-Pajero-Sport_02

Laburan krom bak menyempurnakan tampilan, meski terbilang berada di banyak tempat namun memiliki penempatan yang pas sehingga mampu memberikan tampilan SUV yang tangguh, modern, dan mewah.

Beralih ke buritan, kita akan disuguhi aura yang berbeda dan seakan-akan meng-counter atau bertolak belakang dengan bagian bonnet. Nuansa membulat dengan kesan gambot mendominasi dimulai dari bagian rear wheel fender hingga pintu bagian belakang. Rear Combination Lamp tampil unik. Jujur butuh beberapa saat untuk memahami desain tersebut

Baca Juga:  Kia Stinger 2018, Different Animal

06042016-Car-Pajero-Sport_04

Mitsubishi All New Pajero Sport memiliki ground clearence yang mencapai 218 mm dan kemungkinan untuk melewati genangan air hingga 700 mm. Ini juga ditopang dengan penggunaan lingkar roda ukuran 18 inci yang ditawarkan sebagai fitur standar pada varian DAKAR.

Ruang interior baru memiliki nuansa dengan sentuhan penyempurnaan dan aura premium. Fokusnya pada peningkatan sisi ergonomika dan kesan elegan. Kabin cukup lapang dengan pengaturan yang tergolong mudah sehingga bukan masalah besar untuk menampung 7 penumpang dewasa.

06042016-Car-Pajero-Sport_05

Beragam fitur disematkan untuk kenyamanan penumpang, seperti Ergonomic Leather Seat Premium Entertainment Systems with Navigation, Sunroof, Dual-Zone Automatic Air Conditioning, dan Passenger Row Headlining Air Outlet. Tak ketinggalan New Steering Wheel Design with Tilt Telescopic serta Audio Steering Switch dan Paddle Shift demi kenyamanan pengendara.

Bagian yang tak kalah menarik untuk disimak adalah sumber tenaga Mitsubishi All New Pajero Sport. Mesin diesel baru 4N15 berkapasitas 2.442 cc MIVEC Turbocharged & Intercooled dengan Variable Geometric Turbocharger (VGT) ini memiliki keluaran tenaga sebesar 181 PS dengan torsi 430 Nm.

Baca Juga:  Rolls-Royce Sweptail, World Record

06042016-Car-Pajero-Sport_08

Inovasi lain dari Mitsubishi All New Pajero Sport adalah transmisi otomatis 8-percepatan, yang membuat kendaraan ini sebagai yang pertama di kelasnya menggunakan sistem transimisi tersebut. Sistem transmisi ini dipercaya untuk mentransfer tenaga mesin ke roda dengan maksimal. Sensasi mengemudi dimaksimalkan dengan hadirnya Paddle Shift di balik kemudi yang sangat berguna saat ingin berpindah gigi di mode Tiptronic.

06042016-Car-Pajero-Sport_07

First impression saat bermanuver bersama Mitsubishi All New Pajero Sport didapat saat berkesempatan berkendara bersama pembalap Dakar asal Jepang Hiroshi Matsuoka. Dengan kondisi medan berat berlumpur tebal dapat disimpulkan bahwa SUV ini tangguh di segala medan.

Dengan mode penguncian differential 4LLc pembagian distribusi torsi ke roda depan dan belakang hampir berimbang, sistem ECU memberikan proporsi tenaga terbaik tergantung kondisi jalan. Hal ini juga ditunjang oleh fitur Active Stability & Traction Control (ASTC). Yang perlu juga disimak adalah ground clearence dari kendaraan ini membuat Masuoka kadang seperti tidak mengidahkan tanggul pembatas pada track. Dengan penuh percaya diri ia memotong tikungan melewati tanggul setinggi lebih kurang 30 cm.

Baca Juga:  Lamborghini Huracan Performante, Nurburgring Killer

Mengomentari kondisi dalam kabin, Mitsubishi All New Pajero Sport memiliki sistem insulasi atau peredaman yang baik. Dan yang menarik, meski menggunakan mesin diesel, vibrasinya nyaris tak terasa. Itu sepertinya berkat penyempurnaan dari engine mounting dibuat lebih besar berikut dengan sound proofing yang disebar pada 13 titik.

Tak terasa track berliku dan berlumpur serta penuh genangan sepanjang 1,2 km terlalui. Kesimpulan kami adalah pada point ini, Mitsubishi All New Pajero Sport layak disebut memiliki DNA dari saudara tuanya Mitsubishi Pajero yang sudah banyak asam garam rally Dakar. Karena selain nyaman digunakan pada jalan-jalan raya, bersama Masuoka, bukan masalah serius bagi varian DAKAR 4×4 ini untuk diajak bermain lumpur.

Dengan berbagai modal ini Mitsubishi All New Pajero Sport dipercaya akan meneruskan suksesnya di segmen SUV.

[table id=51 /]

BERBAGI