Home EDITOR'S PICKS Aston Martin DB11, The Killer

Aston Martin DB11, The Killer

It’s the fastest DB ever built!

Aston Martin DB11

Seperti kata pepatah, buah tak jatuh jauh dari pohonnya. Begitu pula dengan Aston Martin DB11. Terlahir dari keluarga DB, mobil yang baru saja diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show ini mewarisi kesan sport seperti para pendahulunya. Aston Martin mengklaimnya sebagai DB series tercepat yang pernah dibuat.

Yap, lebih kencang dari DB9. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana dengan DB10? Aston Martin membuat DB10 khusus untuk film James Bond 2015, Spectre, dan tidak dipasarkan untuk umum. Dari 10 unit yang ada, 8 di antaranya untuk kebutuhan pembuatan film. Satu unit dibeli oleh kolektor dengan harga khusus dan sisanya dimiliki Aston Martin sebagai mobil display.

Kembali ke DB11, sportscar ini hanya membutuhkan waktu 3,9 detik untuk berakselerasi hingga mencapai 100 km/jam dari posisi berhenti. Waktu tersebut lebih cepat 0,7 detik dari yang pernah dicatatkan oleh DB9. Sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 321 km/jam. Lagi-lagi lebih kencang 27 km/jam dari DB9.

Data performa yang mengagumkan tersebut berkat mesin terbaru dari Aston Martin yang memiliki kapasitas 5,2 liter V12 Twin Turbocharged. Terbuat dari aluminium, mesin ini memiliki tenaga 600 hp yang tercipta pada 6500 rpm dengan torsi 699 Nm pata putaran mesin antara 1500-5000 rpm. Aston Martin DB11 dilengkapi transmisi otomatis 8-kecepatan buatan ZF untuk menyalurkan tenaganya ke penggerak roda belakang.

Aston Martin DB11 Penuh Aura Sporty

Sebenarnya Aston Martin tidak hanya meningkatkan performa mesin saja. Pabrikan mobil asal Inggris ini juga memberikan sasis generasi terbaru, suspensi dan electric power steering baru untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan kelincahan mobil.

Tampilannya pun tak kalah buas dengan performanya. Eksterior pada DB11 mengawinkan apa yang dimiliki oleh pendahulunya yaitu DB9 dan DB10 Concept. Grille depan mengusung desain tebal yang melebar dari sisi kanan ke kiri khas Aston Martin. Namun pada bagian headlamp menggambarkan masa depan dengan teknologi LED.

Interior Mewah

Di buritan terdapat lampu belakang dengan desain seperti pahatan yang duduk manis mengikuti lekuk body DB11 yang mengalir. Kemudian, terdapat knalpot ganda terpasang dengan apik di sisi kanan dan kiri yang dipisahkan dengan diffuser pada bagian tengahnya.

Melongok ke bagian interior, mobil yang menggunakan singkatan nama dari David Brown ini menyajikan layar berukuran 12 inci di balik kemudi. Layar tersebut berfungi untuk menyuguhkan cluster meter dan berbagai informasi kendaraan.

Di bagian tengah dashboard terdapat tombol perseneling dan layar 8 inci yang menampilkan infotainment dan navigasi. Tak berhenti sampai di situ, Aston Martin DB11 sudah menggunakan ISOFIX pada kursi belakang yang memberikan keamanan lebih ketika Anda menaruh baby car seat.

Spesifikasi Aston Martin DB11

Layout : Sportscar, 2-pintu, 4-penumpang, RWD
Mesin: V12 5.2 liter 48 valveTwin Turbocharge/ 600 [email protected] rpm/ 699 Nm @1500-5000 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan dengan electronic shift-by-wire control system
Wheelbase: N/A
PxLxT: N/A
Bobot Kosong: 1770 kg
Kapasitas Tangki: 78 liter (estimasi)
Rekomendasi BBM: RON 95

TITO LISTYADI

Toyota New Venturer Tawarkan Pilihan Baru

JAKARTA, 16 Januari 2017 - PT Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota New  Venturer dengan harga mulai Rp. 386,3 Juta. Tipe...

Isuzu Perkenalkan Global Isuzu Diagnostic Service System ke Komunitas

JAKARTA, 16 Januari 2017 - Isuzu memperkenalkan teknologi diagnosis tools yang dimiliki Isuzu kepada komunitas. Teknologi tersebut berupa Global Isuzu...

Setelah hujan, Jangan Hanya Dilap Tapi Cuci Mobil Anda

JAKARTA, 16 Januari 2017 -- Sering kali pemilik mobil malas mencuci usai terkena air hujan. Kebanyakan,mereka hanya mengelap pada bagian...

Toyota Innova Venturer Tembus Setengah Miliar, Termasuk MPV Mewah?

JAKARTA, 16 Januari 2017 – PT Toyota Astra Motor (TAM), siang ini, Senin (16/1) akan memperkenalkan model terbarunya Toyota Innova...

Loeb Kembali Tercepat di Etape 11, Peterhansel Masih Melenggang di Puncak Klasemen

RIO CUARTO, 16 Januari 2017 - Ajang Rally Dakar 2017 sudah memasuki 2 etape terakhir. Pada etape ke-11 yang digelar...