Beranda Drives All-New Mazda CX-5, Broad Appeal

All-New Mazda CX-5, Broad Appeal

Penyempurnaan versi terbaru meliputi lebih dari 250 titik yang tersebar di ragam sektor.

BERBAGI

PT EUROKARS MOTOR INDONESIA (EMI) sebagai APM Mazda di Indonesia pada awal Juli sudah meluncurkan All-New Mazda CX-5 untuk menggantikan Mazda CX-5 sebelumnya. Peluncuran SUV/Crossover itu ditandai dengan perjalanan sejauh lebih dari 500 km dari kota Malang, Jawa Timur sampai Denpasar, Bali, dalam media drive yang diikuti oleh belasan media nasional.

Perjalanan dilakukan selama dua hari, di mana pada hari pertama Selasa (11/7) kami menempuh rute  dari Malang menuju Banyuwangi, Jawa Timur,  sejauh 300 km dan baru dilanjutkan keesokan harinya (12/7) dari Banyuwangi menuju Denpasar, Bali.

Terdapat dua tipe All-New Mazda CX-5 yang diluncurkan yakni Tipe Grand Touring (GT) dan Elite dengan bekal mesin yang sama bensin 4 silinder segrais naturally-aspirated DOHC 16 valve 2.5 liter. Mesin menghasilkan tenaga 187 hp dan torsi 251 Nm pada 3250 rpm. Untuk model terbaru, PT EMI tidak merilis versi mesin bensin 2.0 liter seperti versi terdahulu, hanya satu versi mesin saja.

Pada driving selama dua hari tersebut, Carvaganza umumnya mengemudikan tipe Elite yang merupakan tipe tertinggi yang pembedanya dengan tipe GT terletak pada aplikasi fitur. Tidak ada perbedaan eksterior yang bisa dilihat secara sepintas  antara GT dan Elite.

All-New Mazda CX-5 berteknologi Skyactiv ini sudah mendapat sejumlah penyempurnaan dibandingkan versi terdahulu. Pabrikan mengklaim penyempurnaan dilakukan di lebih dari 250 titik baik di eksterior, interior, maupun performa. Misalnya, nose mobil didesain lebih tajam mengerucut dan agresif seperti moncong ikan hiu dengan grille berbentuk sayap yang lebih lebar.  Posisi wiper dibuat lebih rendah dari kap mesin demi kepentingan aerodinamika,  penyempurnaan desain pada headlamp LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL) serta sudah memakai teknologi adaptive-front lighting.

Pada bagian dalam, penyempurnaan meliputi hampir semua aspek dari mulai layout dashboard yang lebih segar dan lebih tegas dengan aksen kayu, desain ulang pada lubang AC, peremajaan desain konsol tengah maupun cluster meter. Begitu juga dengan display layar sentuh yang berada di bagian tengah dashboard yang bentuknya berbeda dengan Mazda CX-5 terdahulu. Layar ini memuat ragam informasi tentang mobil, pengaturan sistem infotainment dan juga sebagai kamera belakang yang membantu pengemudi ketika memundurkan kendaraannya.

Baca Juga:  Menikmati Kemampuan Mitsubishi Xpander di Kaki Gunung Halimun - Salak

Kabin yang lapang dikombinasikan dengan jok berbalut kulit berkualitas dengan 8 cara pengaturan plus memori untuk pengemudi dan 6 cara pengaturan untuk penumpang depan. Sensasi mengemudi bertambah berkat sunroof sehingga bisa menikmati sinar matahari atau pun menghirup ‘udara mahal’ pegunungan di kawasan Gianyar.  Pabrikan juga mengklaim bahwa kabin SUV/Crossover ini dibuat lebih senyap 10 persen dibandingkan versi sebelumnya berkat penyempurnaan insulasi di sejumlah titik seperti pada bagian pintu, firewall dan bagian kolong.

Penyempurnaan pada setingan mesin, suspensi depan dan belakang, setingan chassis dan penyematan teknologi G-Vectoring Control (GVC) juga mobil menjadi lebih nyaman. Pengemudi dan penumpang tidak mengalami kelelahan yang berlebihan ketika menempuh perjalanan jauh. Pasalnya, mobil menjadi lebih stabil ketika dipacu di jalan lurus serta minim body-roll ketika menikung di jalanan twisty dan bumpy.  Padahal ground clearancenya cukup tinggi, meskipun jika dibandingkan versi terdahulu lebih rendah.

Baca Juga:  Aria FXE, Hypercar Hybrid Bertenaga 1.150 HP!

Tenaga 187 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimal 251 Nm pada 3250 rpm yang dihasilkan mesin 4 silinder segaris DOHC 16 valve 2500 CCC terasa berdaging di setiap putaran. Perpindahan transmisi otomatis 6-kecepatan yang menyalurkan tenaga ke roda depan terasa halus. Cukup posisikan saja transmisi di D dengan mode pengendaraan Sport, All-New Mazda CX-5 terasa santai meladeni input pedal gas dari pengemudi ketika mengarungi tanjakan berliku dari Malang menuju Probolinggo atau ketika melibas kawasan Kintamani, Danau Batur dan Gianyar yang terkenal dengan kelokan-kelokan tajamnya.

Handling mobil terasa obyektif dengan kerja setir yang presisi dalam membaca kondisi jalan dengan feedback-feedback yang positif. Putaran setir terasa padat sehingga membantu mempermudah pengemudi dalam menjelajah jalanan twisty. Bagi orang yang suka menyetir jauh sambil menikmati cara kerja kemudi dan suspensi secara bersamaan sambil menikmati rentang kecepatan yang disediakan, All-New Mazda CX-5 sangat menyenangkan.

Baca Juga:  New McLaren Senna, Mobil Jalanan Paling Ekstrem

Pengereman juga dapat memprediksi titik henti secara objektif sesuai input pedal rem yang diberikan oleh pengemudi baik pada saat melakukan pengereman medium atau pun ketika harus melakukan late and hard braking .

Pada tipe Elite, Carvaganza juga merasakan kerja sejumlah fitur canggih yang  terpasang seperti Blind Spot Monitoring System  yang memberikan peringatan bunyi jika ada pengendara di bagian kanan dan kiri yang terdeteksi oleh sistem tersebut atau pun Lane Departure Warning dan Lane-Keep Assist. Kedua fitur terakhir akan memberikan peringatan kepada pengemudi berupa grafis pada head-up display atau pun getaran pada setir dan berat tambahan jika kedua fitur itu aktif.  Begitu juga dengan fitur Smart Brake Support  yang akan memberikan peringatan bunyi dan gambar pada head-up display sehingga pengemudi akan tetap waspada. n

Spesifikasi All New Mazda CX-5

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 pintu, 5 penumpang, FWD
Mesin: SKYACTIV-G 2.5L In-line 4 cylinder DOHC 16 valve
Kapasitas: 2,488 cc
Tenaga: 190 hp @ 6,000 rpm
Torsi: 251 Nm @ 3,250 rpm
PxLxT: 4,550 x 1,840 x 1,710 mm
Wheelbase: 2,700
Berat: 1,548 kg
Kapasitas tangki: 56 liter
Rekomendasi BBM: RON 90

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...

Ganti Oli dan Servis Ringan Portable dari Pertamina Lubricants

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Dalam rangka ulang tahun PT Pertamina ke-60, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Pertamina Lubecare Mobile Service....

PLN Siap Dukung Kendaraan Listrik BMW

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- BMW Indonesia bekerjasama dengan PLN Disjaya dalam pengembangan kendaraan masa depan yang menggunakan teknologi listrik...