Beranda EDITOR'S PICKS Peugeot 308 GTi 2018, The Sequel

Peugeot 308 GTi 2018, The Sequel

Kesinambungan dari model laris Peugeot yang mendapat ragam penyempurnaan.

BERBAGI
Foto-foto: Peugeot PSA

PADA edisi 2016, kami pernah menulis tentang hot gossip tentang mobil ini. Pada waktu itu baru meraba-raba saja. Tetapi kini, sudah dalam bentuk mobil produksi secara utuh lengkap dengan foto, meskipun sifatnya baru bocor saja ke media. Spesifikasinya pun kurang lengkap.

Peugeot 308 menjadi perhatian industri otomotif karena menjadi salah satu model pabrikan Prancis yang laris di pasaran. Saking larisnya, model ini dibuat sekuel dan sekarang jumlah total produksinya mencapai 760 ribu unit sejak diluncurkan 2007 lalu. New Peugeot 308 ini dianggap sebagai babak terbaru dalam hikayat pabrikan yang tak pernah mengenal kata lelah dalam mencari kesempurnaan.

Model yang paling anyar diciptakan untuk naik kelas dari sebelumnya dengan mengaplikasi sejumlah teknologi baru dipadukan dengan style mobil yang lebih menarik dan futuristik dengan segala konektivitasnya. Teknologi konektivitas tersebut dilengkapi dengan fitur Mirror Screen dan on-board telematic termasuk layar sentuh 3D yang terkoneksi dengan sistem navigasi.

Baca Juga:  Mercedes-Benz CLS 2019 Alami Perubahan Radikal

Pabrikan menyuguhkan tiga tipe yakni New Peugeot 308, Peugeot 308 SW dan 308 GTi sebagai tipe tertinggi. Fitur-fitur alat bantu mengemudi menjadi peranti standar di semua tipe dan juga menjadi peranti standar di model Peugeot 3008 dan 5008.

New Peugeot 308 memiliki desain apik, ramping dan berkelas. Bahasa desain tersebut untuk seluruh line-up 308 terbaru sama, baik untuk yang standar, versi SW, GT Line, GT dan GTi sebagai tipe tertinggi. Bentuknya proporsional, baik yang versi hatchback maupun estate.

Grille radiator mengaplikasi desain yang lebar dengan logo Singa di tengah. Bentuk headlamp LED membuat Peugeot 308 GTi ini terlihat tajam. Dua bumper baru dengan desain dinamis membuat karakter Peugeot 308 semakin kuat. Ditambah dengan grille bagian bawah plus desain foglamp yang ciamik.

Bagian interior lapang dengan layout yang elegan. Pabrikan yang berbasis di Paris ini mengembangkan kokpit mobil Peugeot i-Cockpit (PiC) yang menyuguhkan setir yang kompak dan head-up display yang menambah sensasi mengemudi. Hatchback ini juga dilengkapi dengan layar sentuh generasi teranyar dengan tingkat kepekaan yang tinggi, responsif serta mudah dioperasikan. Terkoneksi dengan smartphone dan juga TomTom Traffic yaitu sistem navigasi 3D yang dapat dikendalikan lewat perintah suara.

Baca Juga:  Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

Kendaraan ini juga sarat dengan fitur keamanan di antaranya Active Safety Brake and Distance Alert yang berfungsi memperingatkan pengemudi jika terjadi resiko mobil bakal bertabrakan dengan mobil di depannya atau ada pejalan kaki dalam zona deteksi sistem.

Fitur lainnya adalah Active Lane Departure Warning System dan Driver Attention Warning System yang berfungsi mengingatkan pengemudi agar berhenti jika sudah mengemudi lebih dari dua jam di atas kecepatan 65 km/jam. Peringatan muncul dalam bentuk visual dan suara. Alat bantu pengemudi lainnya adalah Automatic Headlamp Control, Active Blind Spot Monitoring system, Speed Sign Recognition and Speed Suggestion dan Park Assist.

Dalam hal mesin penggerak, Peugeot 308 GTi memberikan sensasi mengemudi yang sangat menyenangkan tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar atau pun kenyamanan penumpang. Mengadopsi mesin 1.6 liter turbo, mampu melontarkan tenaga 270 hp yang mampu membuat mobil sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 6 detik. Tenaga tersebut disalurkan ke penggerak roda depan oleh transmisi otomatis 8-kecepatan.

Baca Juga:  BMW M4 Coupe 2018, Roller Coaster on the Road

Peugeot 308 GTi dilengkapi dengan limited-slip Torsen Differential dan velg Carbone 19 berdimensi 19 inci dan ban Michelin Pilot Super Sport. Bagian depan menyandang rem Peugeot Sport berkelir merah dengan cakram depan 380 mm dan cakram rem belakang 268 mm.

Spesifikasi Peugeot 308 GTi 2018

Layout kendaraan: Hatchback, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, FWD
Mesin: Bensin turbocharge 1.6L; 270 hp, 330 Nm
Transmisi: A/T 8-kecepatan
0 – 100 km/jam: 6 detik
PxLxT: 4253 x 1804 x 1457 mm
Wheelbase: 2620

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Honda HR-V dan BR-V Kuasai 58% Pasar LSUV Tahun Ini

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Honda terus mempertahankan dominasinya di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tanah air dengan menguasai...

11 Bulan 2017, Daihatsu Sigra Produk Paling Laris

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Selama periode 11 bulan (Januari – November) 2017, Daihatsu Sigra menjadi model paling populer dari...

Makin Luas, Mitsubishi Resmikan Diler Kendaraan Penumpang ke-3 di Makassar

MAKASSAR, 14 Desember 2017 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus memperluas jaringan penjualan kendaraan khusus penumpang....

Hyundai Motor Gandeng Artha Mobil Indonesia Bangun Pabrik di Indonesia

SEOUL, 13 Desember 2017 -- Hyundai Motor Company (HMC) punya rencana besar di Indonesia. Pabrikan Korea Selatan itu menggandeng PT...

Las-Lasan Salah, Bugatti Recall 47 Unit Chiron

PARIS, 13 Desember 2017 – Menyebut nama Bugatti kita tentu membayangkan mobil yang dibuat dengan ketelitian tinggi dan kemampuan mesin...