BERBAGI
(Foto: Mercedes-Benz)

MUENCHEN, 5 Oktober 2015 – Perkembangan teknologi tak hanya dilakukan pada kendaraan penumpang tapi juga komersial. Mercedes-Benz mengembangkan truk Actros yang bisa berkendara sendiri secara otomatis di jalan raya.

Uji coba dilakukan 2 Oktober lalu di jalan raya A8 di Jerman antara Denkendorf dan di Stuttgart. Truk membawa Perdana Menteri Baden-Württemberg, Winfried Kretschmann, dan Dr Wolfgang Bernhard, Anggota Dewan dari Daimler AG yang bertanggung jawab untuk Truk dan Bus.

“Ini merupakan langkah pentunng terhadap truk yang bisa mengemudi otonom, menuju transportasi aman, berkelanjutan di mas depan,” kata Dr Bernhard.

Sistem seperti pilot otomatis yang digunakan di pesawat ini dinamakan Highway Pilot. Meski demikian sistem ini tidak akan menggantikan manusia sepenuhnya.

Baca Juga:  Jeep Wrangler 2018, Baru di Semua Bagian

Sistem hanya bekerja di jalan raya, terhubung dengan sensor yang dipasang sepanjang jalan raya. Sensor truk memindai dan menganalisa kondisi jalan. Begitu keluar dari jalan raya, pengendalian truk kembali dilakukan manusia dalam hal ini sopir.

Pada dasarnya, ini hanyalah sebuah sistem cruise control adaptif yang mampu mengarahkan truk. Karena truk jarang menyalip, sistem ini menjaga jarak truk dengan kendaraan lain dan menjaga kendaraan di jalurnya.

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI