Beranda Drives Test Drive: Peugeot 3008 yang Rileks dan Menenangkan

Test Drive: Peugeot 3008 yang Rileks dan Menenangkan

Saking tenang, hening dan serba nyaman, Anda seperti tuan besar ketika berada di dalamnya.

BERBAGI

Peugeot memang sedikit terlambat masuk ke segmen MPV. Tapi pabrikan asal Prancis itu memberikan sesuatu yang berbeda yang tak dipunyai pabrikan lain asal Eropa. Peugeot mampu membangun mobil dari dua dunia; SUV dan MPV, lewat Peugeot 3008.

Subscribe Now!

Peugeot 3008 menyerupai MPV, dengan bagian pilar A melandai dan bentuk kap mesin yang lebih rendah kemudian dipadukan dengan grille yang membulat. Kesan SUV dapat ditangkap dari ground clearance yang tinggi (154 mm), tempat duduk yang commanding dan layout center stack yang memisahkan penumpang depan dengan pengemudi.

Mobil ini memiliki kesan lembut. Desainer Peugeot pintar memainkan tampilan eksteriornya. Bentuk bilah grille horizontal, lamu depan sipit, dengan foglamp di bagian fascia depan. Lampu depan dan belakang sudah dilengkapi LED Daytime Running Light. Penambahan velg Aregia Alloy 17 inci desain teranyar semakin memperkuat kesan menarik.

Baca Juga:  Peugeot 308 GTi 2018, The Sequel

Crossover berkapasitas 5 penumpang ini memiliki visibilitas ke depan yang luas ketika pengemudi merebahkan punggungnya di jok empuk dari fabric warna hitam. Layout windshield yang melandai membuat layout dashboard menjadi lebih lapang ke depan sehingga menjadi pemandangan sangat menarik ketika Anda duduk commanding di kemudi.

05062016-Car-Peugeot-3008_04

Legroom dan headroom bagian depan sangat akomodatif sehingga menenangkan ketika Anda membawa mobil pergi untuk perjalanan jauh. Begitu juga dengan kursi penumpang di belakang. Yang juga sangat menarik dari crossover ini adalah layout center stack yang mampu memperkuat kesan SUV. Di bagian ini terdapat tombol AC, sistem audio dan tongkat transmisi otomatis.

Di belakang tongkat transmisi otomatis 6-kecepatan dengan Tiptronic terdapat cup holder dan sebuah storage yang cukup besar. Kemudinya sudah dilapis kulit sehingga empuk digenggam. Crossover penggerak roda depan ini memiliki kapasitas angkut yang besar, terutama jika jok belakangnya dilipat sampai rata sama tinggi dengan bagasi belakang.

Baca Juga:  Range Rover Sport Facelift, Ada Versi Hybrid

05062016-Car-Peugeot-3008_03

Soal performa juga mengejutkan. Peugeot 3008 dipasangi mesin 4 silinder turbo 1.6 liter. Kecil? Wooo… mesin ini sangat responsif di setiap putaran, apalagi dorongan turbo mulai dapat dirasakan di 2000 rpm. Lumayan galak ketika kami mengemudikannya di jalanan twisty kawasan Puncak. Tak perlu effort mesin besar untuk menikmati tanjakan yang disertai tikungan-tikungan pelan.

Transmisi otomatis 6-kecepatan dengan Tiptronic meladeni kemampuan mesin ini sejak putaran bawah. Kemudian Anda akan merasakan tendangan keras ketika pedal gas diinjak lebih dalam lagi. Perpindahan transmisi sangat halus.

05062016-Car-Peugeot-3008_02

Jika ingin merasakan sensasi lebih menyenangkan lagi, posisikan transmisi pada manual mode. Ladeni tanjakan menuju Puncak Pass melewati tikungan-tikungan lamban dan medium. Tak perlu menginjak gas dalam-dalam ketika masih di bawah tanjakan, biarkan tenaga maksimal 163 hp pada 6000 rpm. Fitur Electronic Stability Programme (ESP) membantu memperkuat kestabilan mobil dengan mendeteksi dan mengurangi hilangnya traksi pada ban, padahal ground clearance cukup tinggi di kelasnya.

Baca Juga:  Honda New Accord, Temptation

Sebagai pengemudi, bagi saya Peugeot 3008 sangat memanjakan penggunanya. Memberikan total fleksibilitas dan menyatukan kenyamanan kelas atas dan teknologi. Sebuah crossover yang tenang dan seimbang dalam segala hal.

EKA ZULKARNAIN

BERBAGI



Airbag Berpotensi Masalah, Mercedes-Benz Recall 1 Juta Mobil

MUENCHEN, 18 Oktober 2017 – Kabar kurang mengenakkan melanda Mercedes-Benz. Pabrikan asal Jerman itu mengumumkan recall sekitar 1 juta unit...

Audi A7 Sportback 2018 Diperkenalkan Kamis Besok

MUENCHEN, 17 Oktober 2017 – Audi menggunakan akun Twitter resmi mereka untuk mempublikasikan teaser siluet generasi kedua A7 yang akan...

Mazda CX-5 Mulai Diproduksi di Hofu

TOKYO, 18 Oktober 2017 – Mazda akan segera melakukan produksi SUV Mazda CX-5 terbaru mereka. Rencananya generasi kedua Mazda CX-5...

Mitsubishi Electric Emirai 4 Hadir di TMS 2017

TOKYO, 17 Oktober 2017 – Listrik, fungsi otonom dan teknologi konektivitas adalah aspek yang terus berkembang. Semuanya akan menjadi tema...

Ferrari Siapkan FUV, Lawan Bentayga, Cayenne dan Urus

ROMA, 17 Oktober 2017 – Gonjang-ganjing kabar mengenai ikut sertanya Ferrari membangun sport utility vehicle (SUV) premium akhirnya terjawab sudah....