Beranda New Cars Mercedes-Benz X-Class, The 1st D-Cab

Mercedes-Benz X-Class, The 1st D-Cab

Berbasis Nissan Navara, Mercedes-Benz mencoba untuk menjadi yang termewah di kelas pickup kabin ganda

BERBAGI
Mercedes-Benz X-Class

DUNIA tak hanya mengenal Mercedes-Benz sebagai produsen saloon mewah seperti S-Class, E-Class, C-Class bahkan Mercedes-Maybach, tapi juga mengenal Sprinter, Actros, Atego hingga Unimog yang membawa merek asal Stuttgart ini sebagai salah satu pabrikan kendaraa niaga terkemuka di dunia. Dan kini, untuk mendekatkan jarak antara kedua lini produk mereka, Mercedes-Benz memperkenalkan X-Class, model pickup double cabin pertama mereka.

X-Class menggunakan basis pickup double cabin Nissan NP300 Navara, jadi tak heran jika sosoknya sekilas memiliki kesamaan dengan Navara yang merupakan salah satu D-cab terpanjang dikelasnya. Meski begitu, X-Class ternyata 40 mm lebih panjang lagi (5.340 mm), 70 mm lebih lebar (1.920 mm) dan 21mm lebih rendah (1.819 mm) sehingga lebih stabil dibandingkan saudara Jepangnya.

Dari sisi desain, X-Class justru tampak “polos” dengan minimnya lekukan yang tegas. Overhang depan sangat pendek, sementara bagian belakang lebih panjang sehingga X-Class tampak lebih dinamis. Di bagian depan, wajahnya berbalut tampilan khas layaknya jajaran SUV Mercedes-Benz dengan grille besar yang memadukan dua batang horisontal dan bulatan logo bintang di tengah-tengahnya. Di bagian belakang, tampilannya lebih sederhana lagi, tanpa aksen apapun hanya lampu vertikal di kedua sudut baknya dan bumper berlapis chrome yang terlihat kokoh.

Baca Juga:  Ini Foto Resmi Pertama Mercedes-Benz G-Class 2019

Di balik kap mesinnya, Mercedes menjanjikan beberapa pilihan mesin, bergantung pada pasar yang akan dimasuki. Mesin standarnya adalah diesel 4-slinder berkapasitas 2,3 liter common-rail dengan pilihan dua output tenaga. Varian X 220 d akan mendapatkan mesin turbocharger tunggal yang menawarkan 163 hp. Sementara untuk X 250 d akan mendapatkan mesin turbocharger ganda yang mampu menghasilkan tenaga hingga 190 hp. Untuk beberapa negara, akan tersedia varian bermesin bensin X 200 bertenaga 165 hp yang hanya tersedia dalam RWD.

Untuk X 220 d dan X 250 d, keduanya akan mendapatkan pilihan transmisi manual 6- kecepatan atau otomatis 7- kecepatan dengan sistem penggerak empat roda 4MATIC khas Mercedes-Benz. Selain itu, di pertengahan tahun 2018 mendatang, Mercedes-Benz juga menjanjikan kehadiran varian X-Class bermesin diesel V6 yaitu X 350 d. Varian terkuat ini akan mendapatkan limpahan tenaga hingga 258 hp dan torsi 550 Nm! Output tenaga ini akan disalurkan ke keempat rodanya secara permanen melalui transmisi otomatis 7- kecepatan 7G-TRONIC PLUS lengkap dengan paddle shift dan fungsi ECO Start/Stop.

Baca Juga:  Mercedes Recall Lebih Dari 16.000 Mobil di AS

Sebagai sebuah Mercedes-Benz, X-Class tetap mengedepankan kenyamanan. Suspensi depan double wishbone dan multi-link di belakang, plus seting suspensi khas Mercedes, penguatan di chassis serta rasio kemudi yang lebih cepat, memastikan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Di kabinnya, balutan material  berkualitas dapat dipilih oleh konsumen, dengan tata letak dashboard yang mirip milik MPV mewah V-Class. Panel instrumen yang digunakan juga serupa dengan yang digunakan pada saloon C-Class termasuk layar informasi kendaraan sebesar 5,4 inci di tengah-tengahnya. Tak hanya itu, sebagai pusat pengendali multimedia, di dashboard tersedia layar 8,4 inci yang tak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya.

Mercedes-Benz akan menawarkan X-Class dalam tiga varian model yaitu X-Class PURE, X-Class PROGRESSIVE dan X-Class POWER. Produksi X-Class untuk pasar Eropa, Australia dan Afrika Selatan akan dilakukan di pabrik Nissan di Barcelona, Spanyol. Sementara untuk pasar Amerika Latin, akan diproduksi di pabrik milik Renault di Cordoba, Argentina mulai 2019. Di Inggris, harga X-Class diprediksi akan dimulai dari £28.000 dan akan mulai diterima konsumen pada Oktober 2017.

Baca Juga:  Mercedes-Benz Siapkan 15 Model untuk Dicoba di Weekend Test Drive 2018

Spesifikasi Mercedes-Benz X-Class

Layout Kendaraan: Double Cabin, 4 pintu, 4-5 penumpang, mesin-depan, RWD/AWD
Mesin: 4-silinder 2.3 liter turbocharger / 163 – 190 hp
Transmisi: Manual 6-speed/Otomatis 7-speed
P x L x T: 5340 x 1920 x 1819 mm
Wheelbase: 3150 mm
Bobot kosong: –
Kapasitas Tangki: –
Rekomendasi BBM: –

BUDITYAS BANGUN BASUKI

BERBAGI



Mana Lebih Baik Suzuki Ignis SE atau Datsun Cross?

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Suzuki siap meluncurkan Suzuki Ignis Sport Edition (SE) pada Jumat 26 Januari 2018 mendatang. Urban...

Sasis dan Mesin Bermasalah, Prassetyo Hardja Hanya Finish Kelima

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Beberapa masalah menghantam pegokart muda Indonesia, Prassetyo Hardja, saat tampil di invitational race Rotax Max Asia...

Banyak yang Tidak Tahu, NGK Busi Edukasi Cara Pasang Busi yang Benar

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Meski kecil namun busi memiliki peranan penting. Hanya dengan melihat busi, kita mampu memprediksi kerusakan-kerusakan...

Mitsubishi Xpander Tak Gentar Menghadapi Serbuan Rush dan Terios

JAKARTA, 22 Januari 2017 – Kehadiran Mitsubishi Xpander di GIIAS 2017 lalu seperti menghentak pasar Indonesia. Penjualannya bahkan membukukan rekor penjualan tertinggi Mitsubishi di...

Mercedes-Benz Siapkan 15 Model untuk Dicoba di Weekend Test Drive 2018

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Anda ingin merasakan performa dan kenyamanan mobil-mobil Mercedes-Benz? Jangan khawatir, PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia menyelenggarakan...