Beranda Drives Mini John Cooper Works Countryman 2017, British Super Saiyan

Mini John Cooper Works Countryman 2017, British Super Saiyan

Meski memiliki ground clearance yang lebih tinggi, karakter Mininya sangat kuat.

BERBAGI
Foto-foto: Valdo Prahara | Mulki Prihandoko

TOKOH GOKU pada serial kartun era 90’an yaitu Dragon Ball, mengalami transformasi yang membuatnya semakin kuat. Kala itu, transformasi Goku digunakan untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Saat berubah, selain menjadi lebih kuat, tampilannya pun sedikit berubah seperti rambut menjadi warna emas.

Mengingat cerita tersebut, saya langsung terpikir versi kencang dari Mini Cooper melalui sentuhan John Cooper Works. Pasar mobil kompak premium Indonesia baru saja kedatangan versi kencang dari Mini Cooper Countryman yang telah mendapatkan sentuhan dari John Cooper Works (JCW).

Perubahan yang terlihat oleh mata adalah pada bagian eksterior seperti warna khas yaitu hijau dengan strip merah. Tak hanya warna saja, beberapa parts yang dibuat oleh John Cooper Works pun tersemat sehingga membuatnya terlihat lebih sporty. Part tersebut dapat dilihat pada bagian velg yang menggunakan ukuran 19 inci dan terdapat logo JCW di tengahnya. Logo-logo JCW juga tersebar di seluruh eksterior mobil kompak yang kini dimensinya besar. Logo tersebut dapat dilihat pada grille dan juga fender.

Sekarang kita beralih ke bagian interiornya. Untuk versi JCW, ada sedikit perbedaan seperti penambahan logo JCW di beberapa bagian seperti stir dan kursi. Sekujur interiornya dibalut dengan material kulit dan suede berwarna hitam dan sedikit sentuhan warna merah. Oh ya, untuk menunjang kesan sporty, kedua kursi depan sudah menggunakan model semi bucket seat.

Namun sebenarnya yang menjadi senjata utama ubahannya terletak pada sisi mesinnya. Memang, mesin yang digunakan adalah mesin yang sama dengan Mini Cooper S Countryman yaitu 2000 cc empat silinder twin-power turbo. Tapi tenaga yang dihasilkan jauh berbeda. Untuk tenaganya berbeda 39 hp. Versi JCW memiliki tenaga puncak 231 hp sedangkan untuk Countryman S biasa memiliki tenaga 192 hp. Torsinya pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan yaitu sekitar 70 Nm. Torsi yang dimiliki oleh JCW mencapai 350 Nm, sedangkan versi non-JCW hanya memiliki torsi 280 Nm.

Beberapa part pendukung yang membuat mobil ini lebih kencang dibandingkan dengan versi standarnya adalah turbo boost yang mencapai 2,2 bar, piston khusus, charge-air cooler besar serta radiator tambahan.

Hal tersebutlah yang membuat saya sangat penasaran dengan mobil lima pintu ini. Dipilihlah jalan dengan kontur lurus dan beberapa tanjakan tinggi hingga jalur berliku. Oh ya, untuk mendukung sensasi berkendara yang lebih maksimal, Mini membekali mobil ini dengan tiga mode pengendara yaitu Comfort, Mid dan Sport. Ketiga mode tersebut memiliki sensasi berkendara yang sangat berbeda-beda.

Menjajal mode Comfort di kontur jalan datar, bisa dibilang cukup. Pasalnya, kita bisa menikmati aliran tenaga yang smooth, namun ketika butuh lebih kencang tinggal meng-kick down pedal gas saja. Memang kita akan sedikit kewalahan ketika melibas jalan tanjakan dan berliku dengan mode ini, jadi sebaiknya bergeser ke Mid. Jika Anda memilih mode Comfort, saya sarankan untuk menginjak gas secara linear dan menikmati setiap aliran tenaga yang dikeluarkan oleh mesinnya.

Bergeser sedikit ke mode Mid, ketika dipindahkan pada saat kondisi mobil berjalan, lonjakan tenaganya akan lebih terasa. Begitu berpindah dari Comfort akan terasa tendangannya. Memang ketika menggunakan mode tersebut suara knalpot yang dihasilkan masih sama dengan Comfort.

Saya pun menginjak pedal gas secara linear, tenaganya begitu terasa mengalir menggerakkan keempat rodanya. Mode ini begitu pas untuk digunakan berkendara santai atau sedikit terburu-buru.

Semakin penasaran, saya pun memindahkan ke mode Sport. Sontak suara mobil berubah menjadi parau dan tendangan tenaganya begitu terasa. Injakan pedal gas dengan tenaga yang dialirkan begitu responsif. Menurut saya, pembawaan kalem pada dua mode sebelumnya langsung hilang. Aura nakal dan liar begitu terasa. Rasanya ketika menggunakan mode tersebut saya ingin menginjak pedal gas terus-menerus untuk membuat adrenalin saya naik.

Satu hal yang paling saya suka ketika menggunakan mode tersebut adalah suara letupan knalpot ketika melepas pedal gas usai meng-kick down. Suaranya seakan memecah hening dan tentramnya jalan dan seolah memprovokasi pengguna jalan lain.

Disamping limpahan tenaga dan beragam aksesori mobil ini dibekali dengan beragam fitur hiburan kelas atas. Layar sentuh yang tersemat di bagian tengah dashboard dapat menampilkan navigasi hingga terhubung dengan iPhone dan Apple Watch anda.

Mini John Cooper Works Countryman 2017

Layout : Crossover, 5-pintu, 5-penumpang, mesin depan, AWD
Mesin : I-4 twin-power turbo 2.0L/ 231 hp @ 6000 rpm/ 350 Nm @ 1450-4500 rpm
Transmisi : A/T 8-kecepatan Steptronic Sport
P x L x T : 4299 x 1822 x 1557 mm
Wheelbase : 2670 mm
Bobot kosong : 1340 kg
Kapasitas tangki BBM : 60 liter
Rekomendasi BBM : RON 98

TITO LISTYADI

BERBAGI

Last Update

Kenapa Warna Ikon Model Yaris Terbaru Kuning?

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Pada peluncuran Toyota New Yaris hari Selasa kemarin (20/2) ada dua warna mobil Yaris teranyar...

Cuma Kosmetik Doang? Begini Penyempurnaan di Toyota New Yaris

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Persaingan segmen hatchback memang tidak sepanas multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV)....

Honda Civic Nouva Community Selenggarakan Gathnas ke-5 di Semarang

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Honda Nouva Community Indonesia (HNCI), salah satu komunitas mobil senior dengan member yang cukup banyak,...

Mazda CX-5 TOURING Harganya Tak Sampai Rp 500 Juta

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Mazda CX-5 menjadi satu dari tiga andalan utama penjualan Mazda di Indonesia. Dua lainnya adalah...

TAC Jakarta dan TAC Tangerang Raya Gelar Kopdargab Perkuat Silaturrahmi

TANGERANG, 18 Februari 2018 – Setelah sekian lama tidak menggelar kopi darat (kopdar) gabungan, Toyota Agya Club (TAC) Jakarta dan...