Beranda Updates Ini Kata Pakar di Balik Rapinya Defender yang Digunakan Jokowi

Ini Kata Pakar di Balik Rapinya Defender yang Digunakan Jokowi

BERBAGI
Foto: Fotografer Istana Agus Suparto

JAKARTA, 3 November 2017 – Pecinta Land Rover, terutama Defender, girang ketika mobil tersebut digunakan Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Apalagi SUV tangguh berwarna Arles Blue tersebut masih terlihat begitu rapi padahal usianya sudah 28 tahun.

Ya, Land Rover 110 Petrol 2.5 liter yang digunakan Jokowi dilansir pada 1989. Tapi pemiliknya, Rusdi, membeli Defender County ini tidak dari baru. Lantas bagaimana mungkin kondisinya masih begitu mulus setelah sekian kali berpindah tangan? Kuncinya ada pada Casablanca Works Land Rover Workshop – bengkel khusus restorasi Land Rover tipe Series dan Defender – di kawasan Pondok Gede, Jakarta.

Bengkel itulah yang bertanggung jawab terhadap kerapian mobil tersebut.

Pemilik Casablanca Works sekaligus restorer Land Rover, Dwiko Rayanto, mengatakan, “Land Rover 110 Petrol 2.5 liter termasuk barang langka.  Saat datang ke bengkel kami pada awal 2016, mobil itu dalam kondisi standar dengan karat di mana-mana. Proses pengerjaannya memakan waktu empat bulan.”

Sumber: Iwan Strato

Sebagai purist, pria asal Bandung itu selalu keukeuh dengan pakem Land Rover dalam setiap mobil yang ia garap. Begitu juga dengan mobil ini. Untuk bagian eksterior, Dwiko mempertahankan gaya asli Defender County dan hanya menambahkan tiang terpal original.

Selain penggantian per keong dan shock breaker karena yang lama sudah rusak, semua kaki-kakinya masih standar. Interior asli juga dipertahankan. Tapi untuk kenyamanan, ia menambahkan peredam panas dari mesin di bagian dalam.

Dwiko menyatakan tak ada kendala berarti dalam pengerjaannya. Ia mengaku total biaya restorasi Land Rover 110 Petrol 2.5 liter sekitar Rp 250 juta.

MIRAH PERTIWI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

  • Widia Noeradi

    emang alumunium bisa karatan?

BERBAGI



Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...

BMW Siapkan 11 M Series dan 15 M Performance Hingga 2020

STUTTGART, 9 Desember 2017 -- BMW M memiliki empat angka penting dalam beberapa tahun ke depan: 11, 15, 2020 dan...

Honda Gelar Tantangan Hemat BBM Komunitas Mobilio

BOGOR, 10 Desember 2017 – PT Honda Prospect Motor kembali menggelar lomba hemat bahan bakar untuk pengguna Honda Mobilio melalui acara Honda Mobilio...

Aplikasi My Mitsubishi Motors ID Hadir untuk Memudahkan Konsumen

JAKARTA, 9 Desember 2017 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meraih peringkat utama atas survey Sales...
  • Widia Noeradi

    emang alumunium bisa karatan?