Beranda EDITOR'S PICKS Maserati Levante S, Distinctively Breathtaking

Maserati Levante S, Distinctively Breathtaking

Begini wajah premium SUV/Crossover Maserati

BERBAGI

Ketika Porsche melansir Cayenne pada 2002, banyak yang mencibir. Pasalnya di era itu, manufaktur sportscar dan/atau supercar seperti turun derajat jika memproduksi SUV. Tapi pasar berkata lain. Seiring dengan waktu, peminat SUV meningkat drastis.

Subscribe Now!

Jenis mobil itu semakin menjanjikan keuntungan besar sekaligus berpotensi meningkatkan angka penjualan. Hasilnya bisa ditebak. Luxury brands lain mengikuti jejak Porsche seperti Lamborghini Urus dan Bentley Bentayga. Dan kini Maserati dengan Maserati Levante.

Maserati Levante menggunakan platform Ghibli, lengkap dengan lekukan-lekukan bodinya. Dengan kata lain, Levante merupakan versi SUV dari Ghibli sehingga membuatnya terlihat sophisticated tapi tetap garang. Apalagi dengan grille berbilah tebal yang dilengkapi Air Shutter – pertama bagi Maserati. Grille ini terinspirasi dari mobil konsep Maserati Alfieri. Meski berpenampilan bold, Levante tidak intimidatif berkat atapnya yang melandai di bagian belakang sehingga memberikan kesan bagaikan coupe.

Baca Juga:  Range Rover Sport Facelift, Ada Versi Hybrid

Bagian interiornya pun tak kalah sophisticated. Maserati meniru model-model sedan mereka saat mendesain kabin Levante. Keduanya terlihat identik, hanya beda ukuran. Interiornya menggunakan material kelas atas seperti kayu, serat karbon dan aluminium. Jok, dashboard, atap dan trim dilapisi kulit dengan jahitan berwarna kontras.

Pada konsol tengah terdapat beberapa tombol untuk mengatur mode pengemudian dan air suspension. Sistem infotainment dilengkapi auxiliary, USB dan SD card, serta memiliki berbagai aplikasi seperti HomeLink yang menggunakan radio transmitter untuk mengaktifkan perangkat lain seperti pintu garasi Anda.

Interface yang berbasiskan human-machine yang dipakai Levante merupakan pengembangan dari Maserati Touch Control System. Dilengkapi dengan layar monitor sentuh 8,4 inci dan dioerasikan dengan rotary control yang baru yang terletak di bagian tengah. Kendaraan juga diperkuat dengan alat bantu mengemudi canggih di antaranya adaptive cruise control dengan Start & Stop otomatis, forward collision warning, automatic brake assist system, lane departure warning, blind sport alert, surround view camera dan powerlift tailgate.

Selain eksterior dan interior, Maserati Levante juga menggunakan mesin milik Ghibli. Ketiga modelnya – Levante, Levante S (keduanya berbahan bakar bensin) dan Levante diesel – dipersenjatai mesin V6 3.0 liter twin-turbo. Untuk varian tertinggi, Levante S, mampu menyemburkan tenaga 430 hp pada 5.750 rpm, 20 hp lebih besar dari Ghibli S berkat penyempurnaan sistem intake dan exhaust serta  program di ECU. Torsinya pun tak kalah mengagumkan, 580 Nm pada 4.500-5.000 rpm. Dipadukan dengan transmisi otomatis 8-kecepatan, Levante S melesat 0-100 km/j dalam 5,2 detik saja.

Baca Juga:  BMW M240i, The Sportiest in Two

Dengan kemampuan all-wheel-drive (AWD), teknologi yang diaplikasikan pada Levante didesain agar performanya di medan on-road dan off-road mumpuni. Suspensi canggih –double-wishbone di depan dan multi-link di belakang, dipadukan dengan damper elektronik dan empat per udara yang memberikan 5 level pengendaraan dinamis- memainkan peranan penting dalam handling mobil.

Ketinggian bodi mobil yang bisa diatur, khususnya dalam pemakaian di medan off-road menjamin kenyamanan berkendara. Jika diseting dengan ground clearance minimum, pengemudi bisa merasakan performa sporty. Nah, kehadiran Levante ini tak hanya memberikan perlawanan bagi kompetitornya seperti Mercedes-Benz GLE Coupe dan Porsche Cayenne,  Maserati juga mengharapkan Levante mampu mendongkrak penjualan global Maserati menjadi 50.000 unit per tahun.

Baca Juga:  Mercedes-Benz SLC 200, Goin’ Wild

Spesifikasi Maserati Levante S

Layout kendaraan: SUV,4 pintu, 4 penumpang, AWD
Mesin: V6 60 Twin Turbo 3.0L/430 hp @ 5750 rpm/580 Nm @ 4500-5000 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan
Dimensi (PxLxT): 5003 x 1968 x 1679 mm
Wheelbase: 3004 mm
Bobot kosong: 2109 kg
0-100 km/j: 5,2 detik
Kapasitas tangki BBM: 80 L
Rekomendasi BBM: RON 95

ALVANDO NOYA

BERBAGI



Land Rover Pusing dengan Mobil Tiruan Asal Cina

BEIJING, 20 Oktober 2017 – Ada yang mengatakan imitasi adalah bentuk sanjungan yang paling tulus. Tentunya tidak semua setuju dengan...

Tiga Unit Toyota Concept-i Series untuk TMS 2017

TOKYO, 20 Oktober 2017 – Bagi Toyota, masa depan sangat penting bagi manusia dan perkembangan industri otomotif. Pada setiap pameran,...

Ini Langkah-Langkah Verifikasi Memastikan Keaslian Oli Anda

JAKARTA, 20 Oktober 2017 - Shell Indonesia baru saja meluncurkan sebuah teknologi terbaru yaitu Jam Jar untuk menjamin keaslian dari pelumas Shell. Ada 2...

Daihatsu Gelar Pelatihan Otomotif untuk Guru SMK

BANTEN, 20 Oktober 2017 -- Daihatsu menyelenggarakan Program Technical Training for SMK Teacher. Program pendidikan yang berada dalam payung Program...

Perkuat Jaringan, Mitsubishi Motors Resmikan BOM di Semarang

SEMARANG, 19 Oktober 2017 -- Meningkatnya permintaan kendaraan penumpang Mitsubishi membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus...