Beranda Community Rawat Mobil Anda Sebelum Kembali Beraktivitas Rutin

Rawat Mobil Anda Sebelum Kembali Beraktivitas Rutin

BERBAGI

JAKARTA, 2 Januari 2016 – Libur panjang natal dan tahun baru sudah selesai. Besok kita akan kembali melakukan aktivitas rutin seperti biasa.

Nah, sebelum larut ke dalam rutinitas, ada baiknya terlebih dulu untuk mengecek kondisi mobil yang digunakan saat liburan yang lalu. Jangan sampai kerusakan mobil baru diketahui sesaat sebelum mobil akan digunakan untuk pergi kerja.

Seperti dilansir otomotif.liputan6.com, lakukan pengecekan di eksterior dan interior. Cuci mobil untuk bersihkan eksterior, dan bersihkanlah sisa kotoran di interior hingga tidak bersisa. Adanya kotoran bisa menyebabkan timbulnya bau tidak sedap di kemudian hari.

Komponen penting yang perlu diperisa adalah ban. Pada bagian ini, normalkan kembali tekanan angin. Sebab biasanya, pengendara akan menambahkan tekanan angin.

Selanjutnya, periksa air pada aki, radiator, dan wiper. Ada kemungkinan air akan berkurang setelah perjalanan panjang. Periksa juga oli pada mesin dan tempat lainnya. Ada baiknya untuk langsung mengganti oli.

Kemudian, coba cek, apakah timbul suara bising di bagian mesin? Jika ya, sebaiknya segera serahkan perbaikannya pada bengkel langganan atau bengkel resmi.

Periksa juga penggerak seperti kopling, persneling, as, dan bearing roda. Dengarkan apakah muncul suara tidak normal saat mobil digerakkan. Sebab, ada potensi bagian ini juga mengalami kerusakan pasca digunakan setelah perjalanan panjang.

Terakhir, jika memang tidak memiliki waktu dan ingin praktis, Anda dapat memeriksakan kondisi mobil pasca liburan ke bengkel langganan.

RAJU FEBRIAN

BERBAGI

Last Update

video

VIDEO: Ini Kata Senna Saat Geber McLaren Senna

WOKING, 21 Mei 2018 – McLaren Senna telah menarik perhatian sejak kehadirannya, sebagai hypercar yang tampil dengan desain radikal terfokus...

Mercedes-Benz Tetap Jual Heavy-Duty G-Class

MUENCHEN, 22 Mei 2018 -- Bersamaan dengan Mercedes-Benz G-Class baru, yang diluncurkan pada di North American International Auto Show (NAIAS)...

AIA Financial Beri Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 100.000 Pemudik

JAKARTA, 22 Mei 2018 – Menyambut Hari Raya Idul Fitri, PT AIA Financial (AIA), salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di...

Menjelajahi Dunia McLaren Automotive Lewat Aplikasi Mobile

LONDON, 21 Mei 2018 – McLaren Automotive melakukan terobosan untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Pabrikan asal Inggris itu meluncurkan aplikasi...

Formula E: Audi Rebut Kemenangan 1-2 di Balap Kandang Berlin ePrix

BERLIN, 21 Mei 2018 – Tidak ada cara lebih baik untuk memenangkan balapan selain yang berhasil ditunjukkan oleh tim Audi...