Home Blogs Rawat Mobil Anda Sebelum Kembali Beraktivitas Rutin

Rawat Mobil Anda Sebelum Kembali Beraktivitas Rutin

JAKARTA, 2 Januari 2016 – Libur panjang natal dan tahun baru sudah selesai. Besok kita akan kembali melakukan aktivitas rutin seperti biasa.

Nah, sebelum larut ke dalam rutinitas, ada baiknya terlebih dulu untuk mengecek kondisi mobil yang digunakan saat liburan yang lalu. Jangan sampai kerusakan mobil baru diketahui sesaat sebelum mobil akan digunakan untuk pergi kerja.

Seperti dilansir otomotif.liputan6.com, lakukan pengecekan di eksterior dan interior. Cuci mobil untuk bersihkan eksterior, dan bersihkanlah sisa kotoran di interior hingga tidak bersisa. Adanya kotoran bisa menyebabkan timbulnya bau tidak sedap di kemudian hari.

Komponen penting yang perlu diperisa adalah ban. Pada bagian ini, normalkan kembali tekanan angin. Sebab biasanya, pengendara akan menambahkan tekanan angin.

Selanjutnya, periksa air pada aki, radiator, dan wiper. Ada kemungkinan air akan berkurang setelah perjalanan panjang. Periksa juga oli pada mesin dan tempat lainnya. Ada baiknya untuk langsung mengganti oli.

Kemudian, coba cek, apakah timbul suara bising di bagian mesin? Jika ya, sebaiknya segera serahkan perbaikannya pada bengkel langganan atau bengkel resmi.

Periksa juga penggerak seperti kopling, persneling, as, dan bearing roda. Dengarkan apakah muncul suara tidak normal saat mobil digerakkan. Sebab, ada potensi bagian ini juga mengalami kerusakan pasca digunakan setelah perjalanan panjang.

Terakhir, jika memang tidak memiliki waktu dan ingin praktis, Anda dapat memeriksakan kondisi mobil pasca liburan ke bengkel langganan.

RAJU FEBRIAN

Toyota New Venturer Tawarkan Pilihan Baru

JAKARTA, 16 Januari 2017 - PT Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota New  Venturer dengan harga mulai Rp. 386,3 Juta. Tipe...

Isuzu Perkenalkan Global Isuzu Diagnostic Service System ke Komunitas

JAKARTA, 16 Januari 2017 - Isuzu memperkenalkan teknologi diagnosis tools yang dimiliki Isuzu kepada komunitas. Teknologi tersebut berupa Global Isuzu...

Setelah hujan, Jangan Hanya Dilap Tapi Cuci Mobil Anda

JAKARTA, 16 Januari 2017 -- Sering kali pemilik mobil malas mencuci usai terkena air hujan. Kebanyakan,mereka hanya mengelap pada bagian...

Toyota Innova Venturer Tembus Setengah Miliar, Termasuk MPV Mewah?

JAKARTA, 16 Januari 2017 – PT Toyota Astra Motor (TAM), siang ini, Senin (16/1) akan memperkenalkan model terbarunya Toyota Innova...

Loeb Kembali Tercepat di Etape 11, Peterhansel Masih Melenggang di Puncak Klasemen

RIO CUARTO, 16 Januari 2017 - Ajang Rally Dakar 2017 sudah memasuki 2 etape terakhir. Pada etape ke-11 yang digelar...