Beranda Drives Test Drive: Sensasi Audi A4 2.0T TFSI Quattro

Test Drive: Sensasi Audi A4 2.0T TFSI Quattro

Tampan dan pintar, New Audi A4 juga memiliki kelebihan dari sisi akselerasi dan manuver.

BERBAGI

Audi mempersembahkan generasi kelima Audi A4 TFSI 2.0T Quattro dengan melakukan overhaul besar-besaran pada hampir seluruh sektor. Mulai dari platform hingga mesin hingga instrumen lainnya, Audi A4 diklaim mengalami perubahan secara radikal di 90% bagian.

Subscribe Now!

Mobil ini menggunakan material yang lebih ringan, berbagai detail yang pintar, puluhan perangkat dengan teknologi terbaru dan fitur keamanan, plus ruang kabin yang lapang dari generasi sebelumnya. Banyak hal yang bisa dibicarakan soal Audi A4 baru ini. Carvaganza mendapat kesempatan mencoba New Audi A4 2.0T TFSI Quattro.

Bagi Anda yang bukan maniak Audi, tampilan luar A4 baru ini mungkin tidak eye catching. Padahal banyak penyegaran yang dilakukan. New Audi A4 bak seorang gentleman yang memperhatikan betul aspek penampilannya. Ini dicerminkan melalui nuansa lebih tajam dengan diwakili garis-garis bodi bak ruas otot-otot yang membuatnya lebih mascular. Desainer Audi menemukan formulasi terbaik menerjemahkan bahasa desain dari depan hingga belakang.

Selanjutnya saya tidak pernah sedikit pun meragukan reputasi finishing interior Audi baik dari sisi detail, ergonomika dan kelengkapan fitur-fiturnya. Terbukti itu semua terimplementasi dengan sangat baik pada New Audi A4. Karena tak hanya indah, semua instrumennya nyaman dan mudah untuk dioperasikan.

Baca Juga:  Rolls-Royce Dawn, From dusk ‘til Dawn

01092016-Car-Audi-A4_02

Virtual cockpit menjadi pusat daya tarik yang dapat memanjakan pengemudi untuk mencari setingan terbaik sesuai keinginannya selama perjalanan. Display dengan ukuran 12,3 inci menjadi pusat command, hanya memiliki beberapa tombol namun dengan beragam fungsi. Apa yang didapat oleh pengemudi dan penumpang depan juga bisa dinikmati oleh penumpang belakang, saya nyaris tidak menemukan komplain saat berada di posisi tersebut.

Lalu bagaimana dengan performanya ? Saya segera memposisikan setingan mesin pada mode dynamic saat mulai berkendara, pertimbangannya tentu karena ini adalah mode paling tinggi dan di sini kita akan merasakan NewAudi A4 2.0T TFSI Quattro yang sesungguhnya.

01092016-Car-Audi-A4_03

Keyakinan langsung tumbuh ketika baru beberapa saat saja melangkah bersama New Audi A4. Helaan nafas dari mesin terbarunya benar-benar menjanjikan, panjang namun dengan dengus yang halus. Sensasinya menyenangkan. Padahal ini masih pada mode transmisi D atau normal. Asal tahu saja, meski menggunakan blok silinder versi terdahulu namun para teknisi Audi menyematkan kepala silinder beserta turbocharger keluaran terbaru untuk mesin I-4 turbocharge 2.0L. Hasilnya adalah tenaga 252 hp @ 5.000-6.000 rpm dan torsi 370 Nm @ 1.600-4.500 rpm.

Baca Juga:  Volkswagen T-Roc, Newest T-Clan Member

Memasuki jalan bebas hambatan mode transmisi saya alihkan menjadi S dengan cara menggeser lembut tuas transmisi. Responnya seketika berubah, pedal gas New Audi A4 2.0 TFSI Quattro menjadi lebih sensitif. Acungan jempol rasanya wajib diberikan transmisi 7 kecepatan terbaru yang berhasil dikembangkan menggantikan versi terdahulu yang konvensional dengan 8 kecepatan.

01092016-Car-Audi-A4_05

Ini bukan pekerjaan mudah, karena cukup sulit untuk mendapatkan setingan terbaik sistem dual-clutch dengan torque converter pada transmisi otomatis terlebih ketika melakukan akselerasi dari kondisi berhenti.

Terbukti saat jalan relatif lenggang, sangat menyenangkan untuk membangun kecepatan bersama New Audi A4. Dalam hitungan beberapa saat saja jarum speedo meter telah menyentuh angka 200 km/jam. Dan yang juga menarik perhatian saya, ia sangat sopan saat jarum rpm menyentuh angka-angka tinggi, nyaris tanpa suara berarti.

Baca Juga:  Kia Stinger 2018, Different Animal

01092016-Car-Audi-A4_04

Saya juga sempat merasakan sensansi launch control-nya. Dalam waktu diam dan saat yang bersamaan menekan pedal rem dan pedal gas dalam-dalam. Pada rpm menyentuh angka 3.000, pedal rem saya angkat tiba-tiba. Hasilnya mobil meluncur dengan baik, sistem empat roda memastikan untuk mereduksi spin pada ban.

Audi A4 ini pantas diperhitungkan oleh rivalnya seperti Mercedes-Benz C-Class, BMW 3-Series, Jaguar XE, Lexus IS, atau bahkan Ford Mondeo. Pengalaman bersama New Audi A4 2.0 TFSI Quattro saya dapat menarik kesimpulan kecil bahwa mobil ini sejatinya layak disebut sebagai sedan sport, namun dalam kemasan berbeda.

01092016-Car-Audi-A4_06

Spesifikasi Audi A4 2.0T TFSI Quattro:

Layout kendaraan: Premium sedan, 4 pintu AWD (Quattro)
Mesin: I-4 turbocharge 2.0L/ 252 hp @ 5.000-6.000 rpm/ 370 Nm @ 1.600-4.500 rpm
Transmisi: A/T 7 kecepatan S Tronic
P x L x T: 4726 x 1842 x 1472 mm
Wheelbase: 2820 mm
Bobot kosong: 1585 kg
Top Speed: 250 km/jam
0 – 100 km/jam: 5.8 detik
Kapasitas tangki BBM: 58 liter

ARIE PRASETYA

BERBAGI



Trio Honda Pemenang Autovision AutoLight Up Contest di Manado

MANADO, 23 Oktober 2017 - Ajang kontes lampu Autovision AutoLight Up sudah memasuki seri ke-17. Untuk seri kali ini, ajang...

Scuto Pluit Siap Manjakan Mobil Kesayangan Anda

JAKARTA, 23 Oktober 2017 - Perawatan pada sebuah mobil memang mutlak untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan selain untuk menjaga kualitas...

Volkswagen T-Roc, Newest T-Clan Member

PERTAMA kali diperkenalkan di Geneva Auto Show 2014, ‘The Rock’ ini akan melengkapi keluarga SUV VW yang semuanya punya nama...

Spyshot Jeep Cherokee 2019, Kembali Bergaya Konvensional?

MUENCHEN, 23 Oktober 2017 – Jeep tengah melakukan pengembangan Jeep Cherokee edisi 2019. Baru-baru ini sebuah foto spyshot yang beredar...

Lamborghini Huracan Performante, Nurburgring Killer

SEBELUM saya menjajal Lamborghini Huracan Performante di Sirkuit Imola, Italia, saya sempat menonton video Huracan Performante yang tak hanya mengalahkan...